Pintu baja banyak menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai pintu utama dalam rumah hunian. Untuk menambah keamanan serta ketahanan pintu, banyak perusahaan yang menyediakan berbagai varian pintu baja. Secara desain, banyak perusahaan yang juga memproduksi pintu baja dengan desain yang lebih modern dan kekinian, sehingga tidak kalah dengan desain pintu-pintu rumah lain yang berbahan selain baja.

Pintu Baja Modern Tahan Api

Pintu baja tahan api terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar dan berat. Biasanya, pintu baja dilengkapi dengan pelapisan logam untuk mempertahankan kualitas pintu apabila berada di bawah suhu ekstrem dalam jangka waktu tertentu. Pintu ini diciptakan untuk mencegah penyebaran api dan menyediakan rute yang aman menuju pintu darurat untuk keluar dari gedung. Oleh karena itu, pintu ini banyak dipasang di gedung-gedung seperti perusahaan, rumah sakit, sekolah, restoran, hotel, apartemen, dan lain sebagainya.

Pintu baja tahan api dilengkapi dengan beberapa fitur untuk memastikan bahwa pintu baja yang Anda beli benar-benar pintu baja yang tahan terhadap api. Salah satu fitur dari pintu baja tahan api adalah adanya peringkat api yang tertempel pada salah satu sisi pintu.

Peringkat api adalah label yang memberitahukan seberapa lama pintu dapat menahan api berdasar hasil tes yang sudah dilakukan. Selain itu, penilaian ini dilakukan juga untuk membuktikan apakah satu set pintu telah berfungsi dengan baik atau tidak, karena jika satu komponen tidak berfungsi, maka seluruh pintu tahan api akan terganggu.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Pintu Tahan Api Pada Bangunan

Prosedur Uji Ketahanan Api Terhadap Pintu Baja Modern Tahan Api

Pintu Baja Tahan Api
Sumber: Pexels

Setiap pintu baja yang tahan terhadap api, harus melakukan sejumlah tahap untuk menguji ketahanan pintu terhadap api. Uji ketahanan ini tidak hanya terdiri dari komponen pintu baja saja, namun juga terdiri dari bingkai, kaca, segel api, dan semua barang besi yang digunakan di pintu. Prosedur pengujian pintu baja tahan api adalah sebagai berikut.

Rakitan pintu

Pintu baja harus dirakit secara utuh Bersama dengan beberapa komponen lainnya untuk diuji bersama-sama. Perlu diketahui juga bahwa komponen yang terpasang pada pintu baja tahan api juga harus melalui persetujuan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Lokasi pintu

Pintu baja beserta komponennya yang akan diuji, dipasang pada dinding uji dan ditempatkan pada tungku yang digunakan untuk menghasilkan api.

Simulasi api

Pada tahap uji ketahanan ini, api hanya diterapkan pada satu sisi pintu. Skenario ini digunakan untuk meniru skenario kebakaran yang terjadi secara tidak sengaja.

Rentang waktu

Uji ketahanan pintu terhadap api, dilakukan dengan rentang waktu tertentu. Biasanya waktu yang diperlukan untuk menguji pintu terhadap api adalah selama 30 menit sampai 3 jam. Melalui rentang waktu ini, dapat diketahui seberapa besar tingkat ketahanan pintu terhadap api.

Hasil

Apabila pintu lulus telah uji setelah pengujian terhadap api selama rentang waktu yang diinginkan, maka pintu tersebut memenuhi semua peraturan sesuai dengan kode dan standar bangunan. Sehingga, pintu tahan api layak untuk disertifikasi. Namun apabila pintu tersebut gagal dalam uji ketahanan api, maka perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Standar Pintu Tahan Api sebagai Pintu Emergency Exit

Cara Memeriksa Keamanan Pintu Anda dari Kebakaran

Pintu Baja Tahan APi
Sumber: Pexels

Apabila Anda telah memasang pintu baja tahan api pada rumah atau sebuah gedung, Anda dapat melakukan pemeriksaan apakah pintu baja yang telah terpasang sudah dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Pemeriksaan tersebut dapat Anda lakukan pada lima arena pintu ini.

Pertama, sertifikasi. Sertifikasi merupakan bukti bahwa pintu tersebut telah diuji sesuai prosedur yang telah ditentukan. Label sertifikasi ini dapat Anda temukan pada bagian atas atau samping pintu. Label tersebut akan menunjukkan apakah pintu baja tersebut tahan terhadap api atau tidak. Selain itu, label tersebut juga mencantumkan peringkat api dan spesifikasi pintu lainnya.

Kedua, celah pintu. Pemeriksaan celah ini juga diperlukan untuk meminimalkan jumlah asap dan api yang melewati celah. Celah pada bagian atas dan samping pintu harus memiliki jarang kurang dari 4 milimeter ketika pintu tertutup. Sementara bagian bawah perlu diberi celah sedikit lebih besar, ukurannya adalah jangan sampai Anda melihat cahaya dari bawah pintu.

Ketiga, segel. Periksa segel intumescent di sekitar pintu dan pastikan segel mengembang saat terkena panas. Segel ini membuat api dan asap tertentu tidak bisa melewati pintu.

Keempat, engsel. Pastikan semua engsel tersambung dengan kuat dan tidak ada sekrup yang hilang. Adanya rangka yang lengkap, membantu untuk memastikan bahwa struktur pintu kokoh dan tidak mudah roboh.

Kelima, fungsi. Pastikan pintu bisa berfungsi dengan baik, terutama menutup dan mengunci. Pintu kebakaran hanya efektif jika benar-benar tertutup.

Baca juga: Mengapa Harus Menggunakan Pintu Baja Murah?

Rekomendasi Perusahaan Pintu Baja modern TAHAN API

Dalam artikel ini, kami juga memberikan rekomendasi perusahaan pintu baja yang dapat menjadi opsi ketika Anda memerlukan beberapa pilihan. Jika Anda menginginkan pintu baja untuk dipasangkan pada rumah hunian atau gedung yang akan Anda bangun, Elpisdoor Indonesia dapat menjadi salah satu pilihannya. Elpisdoor Indonesia adalah perusahaan pintu baja yang berkualitas tinggi dan mengedepankan teknologi. Elpisdoor Indonesia juga sudah bersertifikasi sesuai standarisasi internasional, lho! Sehingga mampu memberikan produk pintu baja terbaik dengan berbagai keunggulannya.

Author

Enable Notifications OK No thanks