Indonetwork, Peluang Usaha – Saat ini sektor pangan menjadi penopang perekonomian khususnya di Indonesia, tingginya minat konsumsi terhadap industri kuliner memicu distributor sektor pangan semakin gencar menekan angka produksi dari pihak produsen. Untuk membantu penyimpanan hasil produksi lebih awet khususnya makanan, tentu dibutuhkan bahan pendukung seperti es flake. 

Nah, sebelum Anda membeli jenis mesin ini untuk membantu pengawetan makanan baik dari hasil bumi maupun hasil laut, apa saja yang perlu di ketahui mengenai penggunaan mesin es flake? Yuk scroll kebawah untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya!

Mesin Giling Daging | Harga Meat Grinder & Gilingan Daging

Baca juga: MENGEMBANGKAN BISNIS KULINER DENGAN MESIN PENGGILING DAGING

Apa itu Mesin Es Flake

JUAL MESIN ES FLAKE, HARGA MESIN ES FLAKE INDUSTRI

Mesin es flake adalah alat pembuat bongkahan es batu berukuran kecil hingga serpihan kaca halus yang tidak beraturan dengan diameter 12 sampai 45 mm berbentuk lempengan pipih dengan tekstur tidak menempel dan mudah disimpan. 

Mesin ini berbahan dasar stainless steel dengan proses pendinginan es yang cepat, efektif dan tanpa jeda dengan penyimpanan di bawah suhu berkisar -6° hingga -12° Celcius. Mesin ini memiliki tiga tipe kapasitas pembuatan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu  tipe GMH – 035K, tipe GMH – 15K dan tipe GMH – 20K. Selain itu mesin, dapat membantu proses pembuatan es batu kering dengan skala besar mencapai 1,5 sampai 2 ton selama 24 jam.

"Fungsi
Sumber: Istockphoto

Fungsi Mesin Es Flake

Selain berfungsi dalam sektor kesehatan, es batu khususnya jenis flake juga memiliki peran dalam sektor perdagangan. Mungkin Anda belum familiar dengan jenis es flake karena penggunaan es batu jenis ini tidak diperuntukkan pada campuran bahan minuman, melainkan membantu para penjual makanan untuk menjaga daya tahan produk yang akan didistribusikannya.

Biasanya mesin es flake ini digunakan untuk industri menengah hingga atas dan biasanya ditemukan pada supermarket, swalayan, pebisnis restoran makanan laut, hotel ataupun nelayan yang bekerja dalam durasi waktu panjang di atas kapal.

Para distributor sektor pangan dapat menggunakan mesin ini sebagai:

  • Sebagai pengawet alami bahan makanan di supermarket seperti frozen food, sayuran, ikan maupun daging
  • Bagi nelayan yang mencari penghasilan hingga ke tengah laut menggunakan kapal besar, mesin es ini dapat menjaga kualitas hasil laut tetap segar hingga sampai di daratan dan dijual pada konsumen
  • Bagi pemilih restoran khususnya makan laut, alat ini sangat berfungsi untuk menjaga ketahanan produknya agar tetap segar saat dimasak, karena penjual tidak mungkin membeli bahan baku kepada nelayan setiap hari.
  • Bagi pemasok ikan dari pihak nelayan, jika produk tidak terjual habis di hari yang sama maka peran es flake dapat menjaga kestabilan produk agar kesegarannya tetap terjaga
  • Membantu mendinginkan minuman kemasan yang biasa dijual oleh swalayan atau warung sekitar
Cara Kerja Mesin Es Flake
Sumber: Istockphoto

Keunggulan Mesin Es Flake

Zaman dulu mungkin pembuatan es batu cenderung memakan waktu yang lama dan harus dilakukan pada tempat khusus, selain itu untuk memperolehnya juga Anda harus melibatkan pihak tertentu. Setelah Anda mengetahui berbagai fungsinya, berikut beberapa keunggulan yang membuat mesin ini menjadi dibutuhkan di pasaran:

1. Proses Lebih Cepat

Pembuatan es dengan mesin ini lebih cepat sehingga tidak perlu memecah bagian es besar menjadi lebih kecil sehingga dapat menghemat waktu. Selain itu Anda juga dapat dengan mudah menakar ketebalan es batu sesuai kebutuhan.

2. Ukuran Standart

Bongkahan es yang dibuat dengan mesin ini berukuran sama rata sehingga terlihat rapi, cantik dan proporsional saat diletakkan sebagai wadah bahan pangan

3. Hemat Biaya

Memiliki mesin es flake tentu akan memangkas biaya pembelian es pada produsen lain sehingga di tahap selanjutnya Anda hanya memerlukan air bersih, garam dan kebutuhan lain sebagai komponen pembuatan es batu.

4. Perawatan Mudah 

Cara merawat mesin ini juga cukup mudah apalagi jika digunakan dengan aturan standar pabrik, selain itu suku cadangnya juga mudah ditemukan di pasaran. Tidak perlu khawatir karena biasanya distributor mesin es flake juga akan memberikan jaminan garansi  

Cara Kerja Mesin Es Flake

Jika ditinjau dari cara kerja mesin es flake tidak jauh dengan pembuatan mesin es lainnya. Proses dari bahan baku air sampai menjadi es yang siap dipanen hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat yakni hanya 15-20 menit. Berikut proses kerja mesin es flake:

  • Disaat yang sama bahan baku air dipompa sehingga mengaliri seluruh tabung drum es pada sisi permukaannya 
  • Air yang mengalir pada permukaan tabung dengan cepat akan berubah menjadi es yang mengitari seluruh permukaan tabung 
  • Setelah es flake terbentuk, tahap selanjutnya pisau dalam mesin akan memotong dan menghancurkan es flake yang menempel pada permukaan
  • Es flake yang sudah terpotong akan langsung jatuh ke dalam penampung es yang diletakkan pada bawah tabung drum es. 

Daftar Harga Mesin Kopi Terbaru di Indonesia Februari 2023

Baca juga: JENIS MESIN KOPI UNTUK KEPERLUAN BISNIS COFFEESHOP

Bagi Anda yang memiliki usaha atau pemasok produk sektor pangan, tentunya peran es flake sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas produk. Mungkin jika Anda termasuk distributor sektor kecil Anda dapat membeli produk es pada pemasok, akan tetapi jika bisnis Anda sudah lebih besar maka akan lebih baik jika Anda memiliki mesin es flake sendiri untuk meminimalisir budget. 

Snowman sebagai perusahaan yang dapat membantu menyediakan mesin es flake berkualitas dengan spesifikasi mesin yang bervariasi, jangan khawatir mengenai biaya karena Snowman dapat memberikan penawaran harga yang cukup bersaing. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Enable Notifications OK No thanks