Indonetwork, Peluang UsahaKini usaha franchise atau disebut juga waralaba di Indonesia sudah banyak sekali dan bahkan mudah ditemui di kota kecil pun. Bisnis waralaba franchise sangat menjanjikan karena modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha waralaba tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya dan jika ditekuni, usaha tersebut akan balik modal dalam waktu yang terbilang cepat.

Sedikit penjelasan tentang apa itu franchise. Franchise merupakan sebuah hubungan bisnis dimana salah satu pihaknya akan diberikan sebuah hak untuk memanfaatkan dan juga menggunakan hak tersebut dari kekayaan intelektual (HKI). 

Franchise juga bisa dipahami sebagai usaha yang dimiliki oleh pihak lain dengan adanya imbalan yang didasarkan dengan persyaratan yang ditetapkan pada pihak lain dalam rangga penyediaan atau juga penjualan barang dan jasa.

Jika Anda sedang mencari informasi seputar franchise yang menjanjikan serta waralaba makanan modal kecil, simak artikel berikut ini!

Tips Memulai Bisnis Franchise

usaha franchise
Sumber: Unsplash

Berikut beberapa tips dalam memulai bisnis usaha franchise.

1. Pilih Sesuai dengan Passion

Bisnis franchise ini terdiri dari berbagai macam bidang, mulai dari kuliner hingga tempat cuci mobil ataupun motor. Untuk memastikan bisnis tersebut berjalan dengan lancar, sebelum itu pilihlah bisnis yang sesuai dengan Anda dan sesuai dengan minat yang dimiliki.

Dengan itu semua, Anda akan menjalankan bisnis Anda dengan sepenuh hati dan akan menjadi lebih bersemangat untuk memajukan usaha.

2. Cari Lokasi Strategis

Mencari lokasi yang begitu strategis merupakan salah satu faktor penting dalam maju atau tidaknya bisnis yang sedang dijalani. Karena dari itu, sesuaikanlah lokasi bisnis Anda dengan target pasar yang begitu sesuai.

Sebagai contoh, Jika saja target pasarnya yaitu mahasiswa, maka pilihlah lokasi yang berada di sekitar area kampus ataupun kos-kosan.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan E-Commerce Dengan Marketplace?

3. Siapkan Modal

Modal yang harus Anda siapkan untuk bisnis franchise cukup bervariasi, karena tergantung dengan bisnis yang Anda pilih. Nah, maka dari itu persiapkan saja modal sesuai dengan jenis bisnis yang sesuai juga dengan kekuatan finansial Anda.

4. Cari Tahu dan Pelajari Dahulu Bisnis yang Dipilih

Sebelum Anda menjalankan bisnis tersebut, sangat penting sekali untuk Anda pelajari bagaimana dengan ketentuan pembayaran dan juga bagaimana sistem bisnis dari brand yang dipilih. Semakin baik dan ketat dari brand maka semakin layak juga untuk dipilih.

Selain itu juga Anda harus memperhatikan bagaimana sistem dari pembayarannya karena jika sampai Anda tidak pelajari terlebih dahulu, sangat kemungkinan besar Anda akan mengalami kerugian.

Berbagai Rekomendasi Bisnis Franchise Menjanjikan

rekomendasi usaha franchise
Sumber: Unsplash

Jika sudah membahas tips bagaimana cara memulai bisnis franchise. Selanjutnya mari simak berbagai rekomendasi bisnis waralaba atau juga franchise yang siap untuk melipatgandakan uangmu!

1. Kkuldak 

Daftar bisnis franchise pertama yang bisa menguntungkan yaitu Kkuldak yang merupakan makanan asal korea atau honey chicken dan tteokbokki. Untuk Anda yang tertarik dengan membuka bisnis franchise, Kkuldak akan menawarkan paket usaha sebesar Rp8000 juta yang sudah pasti termasuk seluruh peralatan dan perlengkapan yang Anda butuhkan.

2. Indomaret

Daftar rekomendasi bisnis franchise yang kedua ini adalah Indomaret. Toko retail yang satu ini banyak sekali ditemukan di pinggir jalan atau juga di sekitar daerah tempat tinggal Anda.

Untuk Anda yang menginginkan franchise Indomaret, Anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu sebesar Rp394 juta. Selain dari modal, tentu saja Anda juga harus memenuhi beberapa syarat dan juga ketentuan yang sudah diberikan dari pihak Indomaret.

3. Ayam Sabana

Jika ingin membuka bisnis franchise KFC, tetapi kehalang dengan modal yang begitu besar. Tidak usah khawatir karena Anda dapat membuka franchise Sabana yang tak akan kalah menguntungkannya!

Untuk membuka bisnis franchise yang satu ini, Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp23,5 juta saja. Dari biaya ini juga sudah termasuk dengan seluruh peralatan hingga gerobak yang dibutuhkan untuk memulai usaha pun juga.

Tidak hanya itu saja, masih terdapat banyak sekali untuk rekomendasi bisnis franchise yang menjanjikan lainnya.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Online Tanpa Modal? Simak Panduan Ini!


Demikian beberapa tips mengenai usaha bisnis franchise, Semoga dapat membantu! Jika Anda sedang mencari tempat untuk memasarkan produk Anda, Anda dapat menggunakan platform B2B marketplace seperti Indonetwork.

Sebagai pelopor B2B marketplace yang sudah terkenal di Indonesia, Indonetwork akan membuat produk dan perusahaan Anda lebih dikenal lebih luas karena setiap bulannya, ada ratusan ribu orang yang mengunjungi website Indonetwork. Segera daftarkan diri Anda menjadi member Indonetwork dan rasakan keuntungannya!

Penulis: Najmia Chaerunnisa

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks