Indonetwork, Peralatan Industri - Kegiatan berniaga maupun non niaga terkadang membutuhkan alat industri yang satu ini. Alat ini berfungsi memudahkan Anda mengetahui jumlah massa dengan tingkat ketelitian yang baik pada suatu barang ataupun benda yang dapat digunakan atau diperjual belikan calon pembeli atau pelanggan. Alat tersebut bernama timbangan atau neraca.

Timbangan dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis dan kategori sesuai dengan penggunaannya. Dan berdasarkan dengan jenisnya dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Timbangan manual, yang biasa kita jumpai menggunakan jarum sebagai petunjuk ukuran massa.
  2. Timbangan digital, yang bekerja dengan otomatis serta menggunakan listrik atau elektrikal
  3. Timbangan hybrid, yaitu timbangan yang memiliki komponen perpaduan antara manual dan digitalisasi yang biasanya dipergunakan di tempat yang tidak memiliki aliran listrik serta mengandalkan display digital sebagai sumber informasi perhitungan massanya.

Sedangkan berdasarkan kategori penggunaannya, timbangan dapat dikelompokkan kedalam 10 penggunaan, di antaranya, timbangan badan, timbangan lantai, timbangan meja, timbangan duduk, timbangan gantung, timbangan counting, platform, timbangan hewan, timbangan emas, bahkan menurut kategori penggunaan juga tersedia timbangan digital gram.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas penjelasan mengenai timbangan gantung digital dan rekomendasi timbangan gantung yang dapat Anda jadikan referensi saat memilihnya.

PENGERTIAN TIMBANGAN GANTUNG

Timbangan gantung atau yang biasa disebut dengan crane scale merupakan timbangan dengan komponen pengait kelas F1 yang telah berstandard heavy equipment atau alat hitung berat yang dapat membantu dan mendukung kegiatan berniaga dalam menghitung massa pada kapasitas 100 ton dengan bahan baku pembuatan timbangan gantung berupa bahan logam stainless steel serta berbahan besi. Timbangan gantung juga telah mengikuti perkembangan alat modern industri karena telah dilengkapi dengan sistem charging dan dapat bertahan hingga 50 jam.

Prinsip Kerja Timbangan Gantung

Timbangan gantung memiliki cara kerja menggunakan loadcell model S atau hook yang dapat menghitung data atau beratnya massa dan ditampilkan pada layar display atau indikator yang berada pada timbangan gantung tersebut. Anda dapat menggantungan beban, benda, atau material yang hendak dihitung nilai massanya dan menaruhnya pada gantungan loadcell karena timbangan gantung tidak memiliki wadah penampung berat massa.

Baca Juga: 4 Kegunaan Timbangan Lantai untuk Keperluan Usaha

Rekomendasi Timbangan Gantung

Hanging Scale Function 30 Kg W/ Tera (Krisbow)

rekomendasi timbangan gantung
Sumber: tokopedia.com/tera-krisbow

Timbangan gantung satu ini memiliki mangkuk sebagai wadah sehingga memudahkan Anda meletakkan barang yang ingin dihitung massa beratnya. Dengan material stainless steel yang lebih higinies dan tahan karat. Timbangan ini juga memiliki tampilan ganda LCD dan dapat mengatur harga barang per kg dan mampu menjumlahkan secara otomatis dengan harga pasaran mulai dari Rp1.620.000.

Timbangan Gantung 300 Kg (3A- Scale DLE)

timbangan dle 200
Sumber: Google

Produk ini dapat membantu Anda dalam menghemat daya tahan baterai serta sudah dilengkapi dengan lampu backlight yang dapat hidup atau menyala dan padam secara otomatis. Timbangan ini memiliki kapasitas mencapai 75 kg dan juga dilengkapi dengan pengunci pengait timbangan sehingga dapat meminimalisir risiko barang atau benda massa yang hendak dihitung terjatuh. Dengan harga pasaran mulai dari Rp615.000.

Timbangan Gantung 110 kg (Dacin)

rekomendasi timbangan gantung
Sumber: Informasi Seputar Gizi

Dengan model classic, jenis ini memiliki pipa yang terbuat dari bahan kuningan yang membuat timbangan ini lebih awet dan bertahan lama. Disertai juga, timbangan jenis ini dengan tampilan hitungan angka untuk massa benda terlihat lebih jelas dan tidak mudah pudar dengan harga pasaran mulai dari Rp390.000. 

Timbangan Koper Digital – Silver (Ace – Passport)

rekomendasi timbangan gantung
Sumber: ruparupa.com

Dengan ukuran minimalis, timbangan jenis ini dapat mudah disimpan dan dibawa kemanapun. Anda juga dapat menggunakan timbangan ini untuk menghitung massa pada koper atau tas yang Anda miliki ketika traveling, sehingga dapat mengurangi kelebihan beban bagasi. Meskipun minimalis, kapasitas hitungan massa timbangan dapat mencapai 50 kg dengan harga pasaran mulai dari Rp150.000.

Baca Juga: Jenis-Jenis Load Cell Timbangan dan Fungsinya

Timbangan Gantung Jarum (panda scale)

rekomendasi timbangan gantung panda scale
Sumber: Google

Dengan tampilan jarum dan manual, namun kapasitas yang terjamin pada timbangan kali ini dapat mencapai 150 kg dengan harga jual pasaran mulai dari Rp80.000.

Timbangan Gantung Mini Portable Digi Scale (WH-A08)

rekomendasi timbangan gantung
Sumber: IndiaMART

Timbangan gantung mini ini begitu praktis serta sangat kuat digunakan sebagai alat menghitung massa benda hingga mencapai berat 50 kg. Timbangan ini juga begitu digemari dan laris dipasaran dengan harga mulai Rp25.000 dan memiliki empat mode hitung satuan berat yaitu, Lb, Kg, Di, dan Oz.

Timbangan Gantung Mini 50 Kg Ekonomis (Nankai – 177 – 04E)

rekomendasi timbangan gantung
Sumber: CekList.ID

Memiliki warna dan design timbangan gantung yang menarik dan trendy. Dengan kisaran harga pasaran Rp. 27.000 sudah dilengkapi dengan layar LCD dengan design tombol seperti senyum dan cocok untuk kalangan millenial.

Timbangan Gantung Veer 50 kg

rekomendasi timbangan gantung
Sumber: Google

Apabila Anda membutuhkan timbangan gantung yang awet, mudah digunakan serta bertahan lama Anda dapat memilih jenis yang satu ini. Design yang dimiliki juga sederhana dan menggunakan bahan material logam yang kuat serta sangat cocok untuk menghitung berat massa barang pada kegiatan keseharian Anda dengan harga pasaran mulai dari Rp. 20.000.

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan Timbangan Lantai Dengan Mudah

Demikianlah informasi mengenai rekomendasi timbangan gantung digital. Jika Anda mencari supplier yang jual timbangan gantung digital dengan harga ramah kantong, Anda bisa mendapatkannya di Indonetwork. Sebagai pioner marketplace B2B, Indonetwork menyediakan beragam jenis timbangan gantung digital berkualitas dengan harga terjangkau. Jadi, yuk, belanja sekarang dan buat penawaran best deal dengan seller untuk dapatkan harga terbaiknya.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks