Besi beton merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam konstruksi rumah. Material ini dapat mendukung bangunan rumah agar dapat berdiri kokoh. Tentunya dengan pemilihan bahan yang berkualitas dan sesuai standar nasional.

Apabila bangunan Anda menggunakan material bangunan yang tidak sesuai dengan standar nasional, hal ini bisa berdampak pada ketahanan bangunan hingga bisa menyebabkan bangunan runtuh. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri material bangunan yang sudah berstandar nasional, agar Anda bisa memilih bahan yang berkualitas.

Apa itu Besi Beton

Dilansir dari dataarsitek.com, di Indonesia terdapat 2 jenis besi beton SNI yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Kedua jenis tersebut adalah polos dan ulir.

Polos

Material jenis ini, memiliki berbentuk bulat dengan permukaannya yang mulus dan memiliki kekuatan tekanan minimal 240 Mpa. Jenis ini biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada besi beton ulir.

Ulir

Sementara material jenis ini memiliki berbagai varian bentuk serta kekuatan yang berbeda-beda. Material jenis ini diproduksi dengan tambahan sirip berukuran sama dengan sudut 45 derajat dari sumbu batang, dengan bentuk rapih, teratur, dan bulat. Jenis ini memiliki ketahanan tekanan minimal 400 Mpa dengan kisaran harga lebih tinggi daripada besi beton polos.

Baca juga: Manakah Bahan Tangga yang Paling Bagus?

Cara Mengenali Besi Beton SNI

Besi Beton
Sumber: Pinterest

Di Indonesia, setiap pabrik yang memproduksi besi beton harus mencantumkan label dengan tulisan timbul yang berisi identitas pabrik pembuat beserta ukurannya.

Bahan bangunan yang sesuai dengan standar nasional, memiliki tambahan istilah SNI di belakangnya, namun juga tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat sejumlah produsen yang menjual bahan bangunan tidak sesuai standar. Maka hal ini perlu menjadi perhatian utama bagi para pembeli agar jeli dalam memilih bahan bangunan untuk konstruksi .

Berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan sebagai panduan dalam memilih besi beton  sesuai dengan standar nasional.

  1. Pastikan material yang Anda beli, mencantumkan nama atau singkatan dari pabrik pembuat. Bahan bangunan yang sudah berstandar nasional akan mencantumkan nama atau identitas dari pembuat material tersebut.
  2. Pastikan terdapat ukuran yang tertulis pada material. Biasanya, ukuran tersebut termasuk diameter beserta panjang. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memilih ukuran material sesuai dengan kebutuhan.
  3. Kelas baja. Terdapat berbagai varian yang biasanya diproduksi oleh sebuah pabrik. Oleh karena itu, penting untuk menanyakan hal ini kepada penjual apabila Anda kurang memahami tentang kelas baja.
  4. Pastikan material berisi tulisan mengenai nomor lembaran.
  5. Pastikan material memiliki nomor seri produksi dan tanggal produksi.
  6. Nomor SNI. Bagian ini merupakan bagian paling penting, dengan mengetahui nomor SNInya maka Anda dapat memastikan bahwa material tersebut benar-benar sudah sesuai dengan standar nasional.

Baca juga: 10 Inspirasi Model Tiang untuk Rumah Hunian Anda

Fungsi Besi Beton

Besi beton (termasuk jenis polos dan ulir) merupakan salah satu material yang banyak digunakan dalam konstruksi pembangunan. Meskipun memiliki kemiripan bentuk, masing-masing jenis material tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Dilansir dari smsperkasa.com, berikut beberapa konstruksi yang biasannya menggunakan material ini sebagai bahan bangunan.

Pembangunan Infrastruktur

Besi beton ulir, banyak digunakan dalam pembangunan infrastruktur seperti jembatan dan terowongan. Pemakaian material ini, dikarenakan jenis ulir memiliki nilai yang lebih baik dibanding dengan jenis yang polos. Mengingat fungsi jembatan sebagai penghubung antara dua area, maka dari itu jembatan harus memiliki kekuatan dan kekokohan yang besar ketika dilewati oleh sesuatu yang berat. Material jenis ini dapat memberikan ikatan yang lebih kuat. Corak dari jenis ulir inilah yang dapat meningkatkan daya ikat rangka jembatan untuk menahan gerakan dari batang terhadap beton.

Konstruksi Gedung

Kemampuan besi beton yang mampu menarik dan menahan tekanan bangunan, membuat material ini juga banyak digunakan dalam bangunan bertingkat. Material ini cukup ekonomis dan mudah ditemukan dalam toko-toko bangunan. Oleh karena itu, material ini banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. Material ini biasanya diaplikasikan untuk membuat tulang-tulang (tiang-tiang) dalam pembangunan gedung. Besi ini digunakan dengan besi begel dan kawat bendrat sebagai pengikat untuk membentuk tulang-tulang bangunan.

Harga Besi Beton Terbaru 2022

Besi Beton
Sumber: Pinterest

Dilansir dari dataarsitek.com, berikut harga besi beton polos dan ulir 2022.

Harga Besi Beton

Baca juga: 7 Jenis Besi yang Sering dicari oleh Kontraktor

Distributor Besi Beton Surabaya

Bagi Anda yang berada di area Surabaya dan saat ini sedang mencari bahan bangunan dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, Anda dapat langsung menghubungi Baja Mas Abadi. Mereka menyediakan berbagai jenis besi beton dengan harga murah. Selain itu, untuk Anda yang berada di luar area Surabaya, Baja Mas Abadi juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Mereka akan memberikan harga terbaik untuk ongkos pengiriman. Jadi, jangan takut kemahalan. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website Baja Mas Abadi dan buat penawarannya hari ini!


Author

%d bloggers like this: