ID card dapat memberikan kesan tersendiri dalam mendukung formalitas serta profesionalisme suatu perusahaan. Melalui kartu tanda pengenal, menunjukkan bahwa orang tersebut benar-benar bekerja pada perusahaan yang bersangkutan.

Selain itu, ID card juga memberikan kesan yang rapi, formal, dan mempermudah karyawan dalam mengenal karyawan lainnya sesuai dengan divisi dan nama yang tercantum. Kartu tanda pengenal juga bisa menjaga keamanan pada lingkungan perusahaan, dengan tanda pengenal maka orang-orang pada perusahaan tersebut bisa membedakan antara karyawan dan non karyawan.

Jenis-Jenis Bahan ID Card

Ada beberapa jenis material yang digunakan oleh produsen-produsen pencetak kartu tanda pengenal. Paling umum diantaranya yakni plastik.

Plastik

Kartu tanda pengenal berbahan plastik adalah material yang paling umum digunakan, mengingat plastik merupakan salah satu bahan yang paling terjangkau. Selain itu, hasil kartu tanda pengenal menggunakan plastik juga lebih kaku dari bahan lainnya.

Polikarbonat

Bahan ini populer karena kekokohannya. Selain itu, permukaannya memberikan efek glossy dan ketajaman serta presisi yang baik jika disertai dengan foto, gambar, maupun logo.

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan, kekurangan dari kartu ini yaitu ketebalannya yang lebih tipis dari bahan plastik. Selain itu, mudah tergores dan aus dibandingkan dengan bahan lainnya.

Kertas

Material kertas dapat Anda gunakan apabila Anda membutuhkan kartu tanda pengenal dalam jumlah kecil dan penggunaan jangka pendek. Bahan ini adalah bahan yang murah dan mudah disesuaikan dengan ukuran yang Anda inginkan. Anda bahkan bisa mencetak sendiri dengan logo atau nama perusahaan Anda.

PVC

Bahan PVC adalah bahan yang ringan dan fleksibel. Material ini memiliki keunggulan pada harganya yang tidak mahal dan tidak mudah rusak atau aus. ID card dengan material PVC, memiliki permukaan yang mengkilap.

Baca juga: Cetak ID Card PVC: Solusi Kartu Nama Awet dan Berkualitas

Kualitas yang Perlu Anda Pertimbangkan untuk Membuat ID Card

ID Card
Sumber: Pexels

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk membuat kartu tanda pengenal. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai terhadap kartu tersebut. Apakah kartu tersebut dibutuhkan untuk jangka waktu yang lama? Apakah kartu tersebut dibutuhkan dengan kemampuan tahan air atau tahan terhadap suhu panas?

Ketebalan id card

Ukuran ketebalan yang paling umum adalah 30 mm. Akan tetapi, ketebalan tersebut dapat disesuaikan dengan kisaran antara 10 mm hingga 80 mm. Ukuran ketebalan ini biasanya dapat disesuaikan dengan printer pencetak kartu, apabila Anda berencana mencetaknya sendiri.

Ukuran id card

Selain ketebalan, dalam membuat ID card juga perlu disesuaikan antara ukuran dan kebutuhan. Ukuran yang paling umum digunakan adalah CR80 yakni 3,375-inch x 2,125 inch. CR80 adalah ukuran yang biasa digunakan dengan kartu atm atau kartu kredit.

Selain itu, juga terdapat ukuran CR79 yang lebih kecil dari CR80. CR79 memiliki ukuran 3,303-inch x 2,051 inch. Adapun ukuran yang lebih besar dari CR80 adalah CR100 dengan panjang 3,88-inch dan lebar 2,63 inch.

Baca juga: Peluang Bisnis Cetak ID Card PVC

Tips Membuat Sustainable ID Card

ID Card
Sumber: Pexels

Sebagian besar kartu tanda pengenal diproduksi dengan menggunakan bahan yang awet dan tidak mudah rusak. Akan tetapi, masih banyak pihak-pihak yang kurang mengedepankan faktor ramah lingkungan dalam pembuatan kartu tanda pengenal.

Di tengah krisis lingkungan saat ini, ada baiknya jika produsen-produsen pembuat ID card juga mengedepankan faktor ramah lingkungan. Berikut beberapa tips untuk membuat kartu tanda pengenal perusahaan ramah lingkungan.

Kurangi memakai Plastik sekali pakai

Kandungan plastik dalam setiap benda di sekitar kita, tentunya memiliki dampak negatif bagi lingkungan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keberlanjutan kartu, Anda Perlu menggunakan bahan yang dapat di daur ulang.
Saat ini, ada berbagai macam kartu tanda pengenal yang terbuat dari bahan PVC daur ulang, hasil dari reklamasi plastik bekas sisa dari produksi. Setiap kartu memiliki persentase bahan daur ulang yang berbeda-beda. Bahan PVC, cenderung dapat didaur ulang berkali-kali tanpa kehilangan kualitasnya.

Gunakan Bahan yang Dapat didaur Ulang

Selain menggunakan plastik daur ulang, Anda juga bisa menggunakan bahan yang terbuat dari bioplastik. Bahan-bahan yang terbuat dari bioplastik seperti PVC yang dapat terdegradasi berbahan jagung, kapur, kayu, dan serat kayu.

Berikan Fungsi Ganda Pada Kartu

Untuk mengurangi bahan-bahan yang tidak dapat di daur ulang, Anda bisa menambahkan fungsi pada tiap kartu tanda pengenal untuk karyawan Anda. Fungsi ganda tersebut seperti ID card yang digunakan untuk tap kehadiran, untuk tap pada lift atau untuk mengakses ruangan-ruangan tertentu. Semakin banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh ID card perusahaan Anda, maka akan semakin baik.

Gunakan Aksesoris Ramah Lingkungan

Selain kartu tanda pengenal berbahan ramah lingkungan, Anda juga dapat menggunakan aksesoris yang ramah lingkungan. Hal ini dapat mendukung sistem keberlanjutan dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Baca juga: Jenis Kartu PVC yang Biasa digunakan

Cetak ID Card PVC

Apabila perusahaan atau instansi Anda berencana untuk mencetak ID card, Anda dapat menghubungi Armada Digicard.

Armada Digicard menyediakan jasa cetak ID card PVC Jakarta berkualitas, berpengalaman, dan profesional. Armada Digicard menggunakan mesin cetak PVC press, sehingga kartu lebih kuat dan tidak mudah mengelupas atau patah. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi Armada Digicard dan dapatkan penawaran menariknya hari ini!


Author

%d bloggers like this: