Indonetwork , Peralatan Rumah Tangga – Sebagian besar orang tentunya sudah sangat familiar dengan terpal yang memiliki banyak fungsi. Barang ini memiliki banyak kegunaan untuk membantu kehidupan manusia.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang cenderung menyepelekan penggunaan material terpal untuk menunjang usahanya. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli terpal serta rekomendasi tempat jual terpal berkualitas.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli terpal

Terpal merupakan lembaran material besar yang kuat, fleksibel, dan tahan air. Terpal dibuat dari bahan berupa tekstil seperti kanvas atau polyester yang dilapisi dengan poliuretana, atau terbuat dari plastik seperti polietilena.

Pada bagian ujung dan pinggiran terpal sering terdapat mata ikan atau ring yang berfungsi untuk membentuk titik-titik ikatan untuk tali. Hal ini memungkinkan terpal untuk mudah diikat atau digantung. Terpal modern dibuat dari anyaman polietilena yang sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuat terpal.

Distributor Jual Terpal Murah
Sumber: Jualterpal.co.id

1. Kualitas Terpal

Kualitas terpal sangat penting Anda perhatikan karena akan menjadi tolak ukur terpal tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal atau tidak. Untuk menilai kualitas dari terpal, Anda dapat melihat ketebalan terpal yang diukur menggunakan satuan mili.

Secara umum, terpal yang baik memiliki ketebalan 5 mili. Akan tetapi jika terpal akan digunakan untuk penggunaan yang berat sebaiknya Anda memilih ketebalan terpal minimal 23 mili.

2. Jenis bahan yang digunakan

Agar Anda dapat memaksimalkan fungsi dari terpal, sebaiknya memilih jenis terpal yang disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini terdapat beberapa jenis terpal yang dijual di pasaran. Jenis-jenis tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Terpal berbahan poli (polyethylene), dibuat dari bahan plastic heavy duty yang cocok digunakan untuk berkemah atau sebagai atap sementara saat renovasi rumah. Ringan dan kedap air sehingga cocok digunakan untuk di luar ruangan.
  2. Terpal berbahan kanvas, dibuat dari bahan kain tenun polos yang tahan lama dan lebih kebal terkena lecet, serta tahan terhadap api. Kekurangan dari bahan ini adalah harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan poli.
  3. Terpal berbahan vinyl, dibuat dari bahan molekul etilen yang lebih kuat dan lebih mahal dari terpal poli. Terpal jenis ini biasanya digunakan sebagai penutup truk furnitur.
  4. Terpal berbahan PVC, dibuat dari bahan polimer termoplastik yang sangat fleksibel dan tahan lama. Terpal jenis ini banyak digunakan untuk kebutuhan industri Lifting Bag, Tenda Sarnafil dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Jenis Terpal dan Fungsinya

3. Warna terpal

Warna pada terpal tidak hanya berfungsi untuk mempercantik tampilannya saja, tetapi warna-warna tersebut memiliki fungsi tertentu.

Misalnya, produsen jual terpal yang berwarna hijau, biru, dan coklat untuk digunakan dalam pekerjaan konstruksi umum. Sedangkan pada terpal yang berwarna kuning, merah dan orange digunakan untuk kebutuhan visibilitas yang tinggi. Untuk tugas berat, terpal yang digunakan berwarna perak. Hal ini difungsikan untuk memblokir matahari. Untuk terpal yang memberikan keteduhan biasanya menggunakan warna putih.

4. Ukuran terpal

Sebelum memilih toko atau distributor jual terpal, Anda harus mengetahui beberapa ukuran terpal yang tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran terpal akan sangat berpengaruh terhadap harga terpal tersebut sehingga perhatian Anda terhadap ukuran terpal juga akan mempengaruhi alokasi budget yang Anda miliki.

Terpal yang dijual di pasaran saat ini biasanya sudah tersedia dalam beberapa ukuran sehingga akan memudahkan untuk Anda bisa memilihnya.

5. Kepraktisan terpal

Anda perlu memilih terpal yang praktis saat digunakan seperti memiliki mata ikan atau ring. Keberadaan mata ikan atau ring ini akan memudahkan Anda saat harus memasangnya pada tempat-tempat tertentu. Dengan adanya mata ikan atau ring akan memastikan terpal yang sudah terpasang tidak mudah roboh atau terjatuh karena memiliki ikatan yang kuat.

Baca juga: Terpal: Jenis dan Fungsi Dalam Kehidupan

Manfaat terpal dalam kehidupan sehari-hari

budidaya ikan dengan terpal
Sumber: Pertanianku

1. Sebagai sarana pembudidayaan ikan

Kegunaan lain dari terpal adalah dapat digunakan sebagai sarana pembudidayaan ikan. Jika Anda masih menganggap menggunakan kolam terpal sebagai sarana pembudidayaan ikan masih dianggap kurang bonafit, maka Anda salah besar. Dengan modal di bawah satu juta saja, Anda bisa membeli kolam terpal bundar siap pakai dengan diameter yang cukup besar.

2. Sebagai atap tenda

Terpal juga dapat difungsikan sebagai atap tenda bagi Anda yang menyimpan bahan-bahan tertentu tetapi tidak memiliki atap. Misalnya saja untuk memberikan keteduhan atau perlindungan hasil panen yang belum sempat dipindahkan.

Terpal juga dapat digunakan ketika terjadi bencana yang mengharuskan Anda mencari perlindungan di bawah atap yang tidak berbahaya jika roboh, misalnya saat terjadi gempa bumi. 

3. Sebagai tutup mobil pick up

Terpal dapat digunakan sebagai tutup mobil pick up. Terpal didesain sedemikian rupa untuk memberikan perlindungan benda-benda apapun dari pengaruh akibat cuaca dan lain sebagainya.

Ketika hujan, terpal yang digunakan sebagai penutup moil pick up akan berfungsi untuk melindungi barang angkutan dari air hujan. Ketika panas, terpal juga mampu melindungi benda yang diangkut dari terik sinar matahari yang dapat merusak barang tersebut.

Selain melindungi barang dari pengaruh cuaca, penggunaan terpal pada mobil pick up juga dapat melindungi barang yang diangkut dari pencurian, penumpang gelap, dan meminimalisir kejadian akibat ulah tangan jahil lainnya.

Baca juga: KELEBIHAN & KEKURANGAN TERPAL DALAM BUDIDAYA IKAN

Rekomendasi jual terpal berkualitas

Bagi Anda yang sedang mencari terpal dapat menghubungi CV. Cahaya Abadi. Perusahaan ini merupakan produsen terpal terlengkap yang berdomisili di Surabaya Barat. Berdiri sejak tahun 2001, CV. Cahaya Abadi menerima pesanan terpal dengan berbagai ukuran. Perusahaan ini menjamin kualitas terpal yang dijual karena proses produksi yang ditangani oleh para profesional di bidangnya.

DAPATKAN BERBAGAI PERALATAN RUMAH TANGGA LAINNYA DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks