Indonetwork, WahanaUsaha playground indoor termasuk salah satu usaha yang tiada matinya. Akan tetapi, untuk membuka bisnis ini, diperlukan perencanaan yang matang.

Salah satu perencanaan yang diperlukan yakni analisa usaha sesuai dengan masing-masing bisnis yang akan dijalani. Jika Anda akan membuka bisnis playground indoor, berarti perencanaannya terkait analisis usaha playground indoor.

Melalui analisis usaha ini dapat membantu Anda mengetahui kelayakan usaha, memahami kompetitor, mengetahui risiko yang akan dihadapi, mengenal calon konsumen, mempersiapkan persaingan, memproyeksikan keuntungan bisnis, dan mengetahui potensi pertumbuhan usaha.

Berikut contoh analisa usaha playground indoor untuk Anda yang akan berbisnis.

Analisa Usaha Playground Indoor

Analisa Usaha Playground Indoor
Sumber: Pinterest

Analisa usaha adalah sebuah kegiatan perencanaan, meriset, memprediksi, dan mengevaluasi kegiatan usaha atau bisnis. Kegiatan ini biasanya dilakukan seorang pelaku bisnis sebelum menjalankan bisnisnya.

Perencanaan tersebut bertujuan untuk mengetahui segala kemungkinan buruk dan menghindarkan segala hal yang tidak diinginkan ketika proses bisnis dijalankan. Berikut beberapa komponen yang biasa direncanakan sebelum menjalankan bisnis.

Beberapa analisa usaha yang bisa Anda lakukan pada bisnis playground indoor, yaitu:

1. Pemilihan Lokasi

Memilih sebuah lokasi bisnis playground indoor dapat disesuaikan dengan target market atau daerah dimana lokasi bisnis Anda didirikan.

Jika Anda mendirikan bisnis playground indoor di daerah pedesaan, Anda bisa membuka lokasi wahana playground yang tidak terlalu besar. Besar kecilnya ukuran wahana ini pun bisa disesuaikan juga dengan lokasi yang lebih spesifik, apakah itu di pasar malam, di lapangan, di pinggir jalan, dan lain sebagainya.

Tidak menutup kemungkinan, Anda pun bisa membukanya di daerah perkotaan. Jika Anda membuka lokasi wahana playground indoor di daerah perkotaan, Anda bisa membuka wahana yang cukup besar dengan dilengkapi bermacam-macam fasilitas.

Segala fasilitas yang akan Anda sertakan dalam bisnis pun tergantung di mana Anda akan membuka wahana playground indoor. Apakah di mall, di sebuah toko, di restoran, di kafe, dan lain sebagainya.

Baca juga: Macam-Macam Permainan Playground Terseru

2. Konsep Bisnis Playground Indoor

Konsep untuk sebuah bisnis playground indoor dibuat untuk menarik pengunjung dan penting untuk menunjang kesuksesan bisnis wahana playground. Anda bisa mewujudkan beberapa konsep dan tema yang bisa Anda sesuaikan dengan pemilihan lokasi wahana.

Beberapa konsep playground indoor yang bisa Anda terapkan dan menarik perhatian anak-anak adalah seperti tema karakter, profesi, alam, hutan, laut, binatang, dan lain sebagainya.

3. Modal Pembuatan Playground Indoor

Modal untuk membuat sebuah playground indoor cukup bervariasi, hal ini tergantung konsep, permainan, serta berbagai fasilitas pendukung yang ingin Anda sertakan di dalamnya.

Untuk membuat referensi modal dalam membuat playground indoor, Anda bisa menghubungi beberapa produsen untuk berkonsultasi dan menanyakan beberapa hal terkait bisnis Anda. Selain itu, Anda pun bisa membuat daftar, kemudian memperbandingkan dan mengambil keputusan untuk memilih produsen playground.

Modal pembuatan playground tidak hanya meliputi biaya pembuatan playground serta unit permainannya saja. Anda juga perlu membangun fasilitas-fasilitas pendukung seperti kamar mandi, kafetaria, dan tempat penitipan barang.

Baca juga: 5 Ide Desain taman Bermain Anak Terbaik

4. Strategi Marketing

Agar bisnis bisa tetap berkembang dengan baik, pelaku usaha harus memiliki beberapa strategi bisnis untuk bisa menarik konsumen.

Untuk memasarkan bisnis, Anda perlu mengenalkan produk Anda kepada konsumen dengan berbagai cara. Salah satunya yakni “jemput bola” melalui pembagian brosur di sekitar lokasi playground. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan beberapa event organizer untuk memperluas konsumen.

Ketika zaman digital sudah berkembang pesat saat ini, Anda juga bisa mempromosikan bisnis Anda melalui beberapa sosial media seperti Instagram dan WhatsApp business. Untuk tetap meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang Anda tawarkan, Anda pun bisa melakukan riset kecil melalui media sosial tersebut.

5. Harga Tiket

Harga tiket untuk masuk ke wahana playground indoor bisa Anda sesuaikan dengan lokasi, dan perkiraan kemampuan masyarakat yang menjadi target market bisnis. Selain itu, Anda juga bisa memberikan variasi harga ketika weekdays dan weekend.

Untuk menarik perhatian dan meningkatkan kunjungan konsumen, Anda bisa membuat paket tiket atau diskon untuk bisnis playground Anda. Kartu member juga bisa menjadi salah satu daya tarik untuk pelanggan setia Anda.

Baca juga: Modal Usaha Playground Indoor

Beli Permainan Playground di Sini

Analisa Usaha Playground Indoor
Sumber: Pinterest

Selain meluangkan waktu di taman atau halaman sekolah untuk anak-anak bermain, Anda juga bisa membuat playground sendiri di halaman rumah ataupun di dalam rumah. Salah satu pabrik playground yang aman dan menarik adalah PT. Wahana Tirta Estetika.

PT. Wahana Tirta Estetika mampu membantu Anda dalam membangun playground outdoor maupun playground indoor dengan pilihan yang variatif dan menggunakan kualitas terbaik. Dengan kerja tim professional, berpengalaman, serta didukung dengan ide kreatif dan inovatif, banyak proyek besar telah mereka tangani seperti apartemen, sekolah, hotel, hingga rumah hunian.

PT. Wahana Tirta Estetika juga menyediakan beberapa konsep menarik untuk desain playground Anda seperti klasik, kayu, tali, petualangan, ayunan, pengendara, dan lain sebagainya. Untuk melakukan pemesanan atau bertanya lebih detail, Anda bisa langsung menghubungi nomor yang tertera pada WhatsApp mereka.

Untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: