Indonetwork, Konsultan dan Layanan – Mungkin beberapa dari Anda belum familiar dengan istilah sondir. Istilah ini biasa digunakan dalam pengujian tingkat kekuatan tanah.

Uji sondir sendiri adalah suatu tindakan pengujian penetrasi yang mempunyai tujuan untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan dan mengetahui kedalaman lapisan pendukung (lapisan tanah keras). Maka dari itu, jasa sondir tanah dibutuhkan untuk mendapatkan hasil pengujian yang akurat.

Alat Uji Sondir

jasa sondir tanah

Sondir merupakan alat berbentuk silindris dengan ujungnya berupa konus. Salah satu yang biasa dipakai adalah bi-conus tipe Begemann yang dilengkapi dengan selimut atau jaket untuk mengukur hambatan pelekat lokal (side friction) dengan dimensi sudut kerucut conus 60’. Luas penampang conus  sebesar 10.00cm2 dan luas selimut atau jaket sebesar 150cm2.

Dalam uji sondir, stang alat ini ditekan ke dalam tanah dan kemudian perlawanan tanah terhadap ujung sondir (tahanan ujung) dan gesekan pada silimur silinder diukur. Alat ini digunakan pada hampir setiap pengujian tanah pekerjaan teknik sipil karena relatif mudah pemakaiannya, cepat, dan amat ekonomis.

Uji sondir saat ini merupakan salah satu uji lapangan yang telah diterima oleh para praktisi dan pakar geoteknik. Uji sondir ini telah menunjukkan manfaat untuk memperkirakan profil atau pelapisan (stratifikasi) tanah terhadap kedalaman karena jenis perilaku tanah telah dapat diidentifikasi dari kombinasi hasil pembacaan tahanan ujung dan gesekan selimutnya.

Berikut ini adalah beberapa peralatan yang diperlukan untuk melakukan uji sondir.

  1. Mesin sondir berkapasitas 2 ton.
  2. Pipa sondir lengkap beserta batang sesuai kebutuhan, dengan panjang masing-masing 1m
  3. Alat ukur tekanan (manometer) 2 buah dengan ukuran masing-masing 0-60 kg/cm2 dan 0-250 kg/cm2
  4. Bikonis (beugemen priction jacket gone )
  5. 4 buah jangkar berbentuk spiral dan alat pemutar
  6. Kunci-kunci pipa, alat pembersih, dan minyak hidrolik

Tujuan Uji Sondir Tanah

jasa sondir tanah

Tujuan dari penyelidikan dari sondir tanah yaitu untuk membaca dan mengetahui perlawanan dari penetrasi konus dan rintangan yang lekat dengan tanah. Hal ini merupakan indikasi yang berasal dari kekuatan daya pendukung pada lapisan tanah. Perlu adanya rumus empiris untuk mengetahuinya.

Grafik pada CPT dapat menentukan lapisan tanah yang paling sesuai sebagai lapisan tanah pendukung. Pada umumnya, pengetesan sondir tanah digunakan untuk mengetahui tingkat kedalaman keadaan muka tanah keras di lokasi tertentu.

Baca juga: PERHATIKAN HAL INI SAAT INGIN PINDAH RUMAH

Metode Sondir Tanah

Jasa Sondir Tanah Terpercaya
Sumber: Pixabay.com

Metode yang digunakan pada sounding atau sondir terdiri atas penekanan pondasi pancang untuk meneliti penetrasi maupun penahanan geser. Alat pancang dapat berbentuk tiang bulat maupun pipa bulat dan tertutup dengan ujungnya membentuk kerucut. Selain itu, dapat berupa tabung pengambil sampel tanah.

Metode ini dapat memperkirakan sifat fisis pada strata maupun lokasi dengan ragam tahanan di saat pemancangan alat tersebut. Metode ini memiliki kegunaan dalam pengujian dan pencarian atau eksplorasi di lokasi. Pengujian dilakukan untuk mengetahui ketinggian lapisan tanah keras serta tingkat keasaman tanah arah lateral.

Hasil CPT disajikan dalam bentuk diagram sondir berisi nilai tahanan konus dan friksi selubung atau penampang. Selain itu, penggunaannya dapat digunakan untuk penghitungan daya dukung tiang yang terletak pada tanah. 

Manfaat Uji Sondir Tanah

uji tanah sondir

Dampak dari tidak dilakukannya sondir tentu saja dapat membahayakan untuk bangunan dan manusia. Cara untuk mengantisipasi risiko tersebut adalah dengan melakukan sondir pada tanah sebelum mendirikan bangunan.

Beberapa manfaat dari pengujian sondir adalah:

1. Syarat untuk mendapatkan IMB

Sondir tanah telah menjadi syarat untuk  mendapatkan IMB (Izin Mendirikan Bangunan), hasil yang akan dihasilkan oleh sondir akan digunakan untuk dokumen mendapatkan kelayakan bangunan.

2. Membantu dalam pemilihan pondasi yang sesuai

Sondir juga adalah metode yang digunakan yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah terhadap bangunan. Dengan mengetahui jenis tanah dan karakteristik tanah yang sesuai, pemilihan pondasi bangunan akan dicocokan dengan karakter tanah tersebut. Hal ini bertujuan agar bangunan aman dan tidak membahayakan.

Mengurangi resiko adanya kesalahan pada konstruksi pembangunan ataupun pemasangan pondasi tanpa dilakukannya sondir terhadap tanah dapat mengakibatkan kerusakan bangunan ataupun bangunan roboh. Keadaan tersebut bisa saja terjadi karena tanah yang berada di bawah berkarakteristik khusus yang memerlukan pondasi yang tidak sesuai.

Baca juga: CARA MUDAH MERAWAT PINTU BAJA MOTIF KAYU

Keuntungan Uji Sondir Tanah

jasa sondir tanah

Menggunakan jasa sondir tanah sangatlah penting demi mengetahui kedalaman lapisan tanah perkerasan. Terdapat beberapa keuntungan yang diperoleh, salah satunya adalah ekonomis. Sampel tanah pada saat pengeboran tidak dapat diambil karena tanah bersifat lunak maupun berpasir.

Sondir dapat dimanfaatkan untuk penentuan nilai daya dukung tanah dengan bagus. Penggunaan alat dapat membantu dalam penentuan letak maupun kedalam pada pengeboran.

Hasil pengujian menggunakan sondir dapat dilakukan verifikasi maupun perbandingan antara uji laboratorium dengan uji lapangan. Penentuan lapisan tanah keras dapat dilakukan sangat cepat. Kemampuan sondir dalam perkiraan perbedaan lapisan tanah. Selain itu, penggunaannya dapat diaplikasikan pada lapisan berpasir halus.

Tidak hanya itu, sondir sangat baik dipakai dalam penentuan letak permukaan air tanah. Namun, sondir juga memiliki kerugian. Beberapa diantaranya yaitu, apabila ada batuan lepas biasa dapat memberikan informasi lapisan keras yang tidak tepat. Di satu sisi, apabila penggunaan alat tidak tegak lurus dan tidak dapat bekerja secara baik maka hasil yang didapat dapat merugikan pekerjaan.

Rekomendasi Jasa Sondir Tanah

Bagi Anda yang membutuhkan jasa sondir tanah tidak perlu khawatir karena PT. Bahana Tehnik Raya siap sedia untuk pekerjaan ini. Perusahaan ini merupakan perusahan konsultan geoteknik tanah yang bergerak pada bidang uji laboratorium, penyelidikan tanah untuk perencanaan bangunan, jembatan, pondasi, hingga bor laut.

PT. Bahana Tehnik Raya memiliki sumber daya yang sudah ahli di bidangnya. Perusahaan ini telah memiliki reputasi baik dalam melayani pelanggan sehingga Anda tidak perlu ragu perihal profesionalitasnya.

PERCAYAKAN BISNIS ANDA PADA JASA KONSULTASI DAN LAYANAN  TERPERCAYA DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks