Indonetwork, Bahan BangunanTerdapat berbagai ukuran besi WF yang bisa digunakan sebagai penopang struktur bangunan. Dalam hal ini, tentunya Anda perlu mengetahui tujuan dari penggunaan material tersebut dalam bangunan yang akan dibuat, sehingga memudahkan Anda dalam pemilihan ukuran.

Besi WF atau Wide Flange adalah salah satu baja struktural yang paling populer digunakan dalam pembangunan. Material bangunan ini memiliki bentuk yang serupa dengan besi H-Beam dan biasa digunakan sebagai material konstruksi besi baja dalam infrastruktur.

Perbedaan besi WF dan H-Beam terletak pada kekuatannya, di mana besi WF memiliki kekuatan yang lebih tinggi pada gaya tekanan maupun gaya tariknya. Dalam struktur bangunan, besi WF dapat digunakan untuk balok, kolom, tiang penyangga atas dan bawah pada balok atau komposit, kanopi kantilever, jembatan, dan berbagai struktur lainnya.

Berikut sekilas penjelas mengenai besi WF dengan berbagai jenis dan varian harga.

Ukuran Besi WF 100

Besi WF 100 memiliki ukuran tinggi 100 mm, lebar 50 mm, tebal badan 5 mm, dan tebal sayap sekitar 7 mm. Wide Flange jenis ini, memiliki berat sekitar 112 kg. Varian ukuran ini biasanya dijual dengan harga Rp 891.000.

Ukuran Besi WF 150

Besi WF 150 memiliki ukuran tinggi 150 mm, lebar 75 mm, tebal badan 5 mm, dan tebal sayap sekitar 7 mm. Wide Flange jenis ini, memiliki berat sekitar 168 kg. Harga besi Wide Flange varian ini, dijual dengan kisaran harga Rp1.343.000.

BACA JUGA: Mengenal Perbedaan dan Keunggulan Besi WF H-Beam

Ukuran Besi WF 200

Ukuran Besi WF
Sumber: Pinterest

Besi WF 200, memiliki dua variasi ukuran yang berbeda. Ukuran yang pertama, yakni dengan tinggi 200 mm, lebar 100 mm, tebal badan 3,2 mm, dan tebal sayap sekitar 4,5 mm. Wide Flange jenis ini memiliki berat sekitar 143 kg.

Sementara ukuran yang kedua, yakni dengan tinggi 200mm, lebar 100 mm, tebal badan 5,5 mm, dan tebal sayap sekitar 8 mm. Wide Flange jenis ini, memiliki berat sekitar 256 kg. Varian Wide Flange 200, dijual dengan kisaran harga Rp2.041.000.

Ukuran Besi WF 250

Adapun besi WF 250 memiliki ukuran dengan tinggi sekitar 250 mm, lebar 125 mm, tebal badan 6 mm, dan tebal sayap 9 mm. Wide Flange jenis ini, memiliki berat sekitar 355 kg. Varian besi WF 250, dijual dengan kisaran harga sekitar Rp2.843.600.

BACA JUGA: 6 Manfaat Baja I WF dalam Kehidupan

Ukuran Besi WF 300

Material bangunan besi WF 300 memiliki ukuran tinggi sekitar 300 mm, lebar 150 mm, tebal badan 6,5 mm, dan tebal sayap 9 mm. Wide Flange jenis ini, memiliki berat sekitar 440 kg. Varian besi WF 300 dijual dengan harga Rp3.521.200.

Ukuran Besi WF 400

Ukuran Besi WF
Sumber: Pinterest

Besi Wide Flange 400 memiliki ukuran tinggi 400 mm, lebar 200 mm, tebal badan 8 mm, dan tebal sayap 13 mm. Wide Flange jenis ini, memiliki berat sekitar 792 kg. Varian ukuran ini, dijual dengan harga Rp6.331.000.

BACA JUGA: 7 Jenis Besi yang Sering dicari Oleh Kontraktor

Perlu diketahui juga, bahwa setiap toko bangunan menyediakan varian jenis besi WF yang berbeda-beda dan dengan harga yang bermacam-macam. Hasil produksi besi WF antara satu pabrik dengan pabrik yang lain pun berbeda-beda. Seperti produk WF Gunung Garuda yang mempunyai warna hitam kemerah-merahan atau produk Krakatau Steel yang mempunyai warna hitam kebiru-biruan. Oleh karena itu, pengeluaran biaya pada material ini dapat Anda sesuaikan dengan budget yang telah direncanakan.

Besi WF untuk Rumah 2 Lantai

trees beside white house

Untuk menentukan ukuran besi WF yang digunakan pada rumah dua lantai, ada berbagai aspek yang harus diperhatikan. Aspek-aspek yang harus diperhatikan yakni seperti ketinggian lantai, pembagian fungsi ruang pada bangunan, pondasi rumah, hingga ukuran kolom.

Semua perhitungan yang digunakan untuk menentukan material maupun pembuatan struktur bangunan harus berdasarkan Peraturan Pembebanan Indonesia. Peraturan Pembebanan Indonesia adalah peraturan yang menetapkan beban minimum untuk perancangan bangunan gedung dan struktur lain.

Apabila Anda sedang membangun sebuah rumah hunian atau gedung untuk kantor dengan desain minimalis yang berlantai ganda pada tanah seluas 17 x 11 m2 dan lantai 2 yang berukuran 18 m persegi, Anda bisa menggunakan ukuran 350 mm x 175mm x 7 mm dan tebal sayap 11 mm.

Rekomendasi Toko Besi Wiremesh SNI Terbaik

Apabila Anda sedang mencari material bangunan seperti besi dengan kualitas terbaik, Anda bisa mendapatkannya di PT. Wira Baja Makmur Mandiri.

PT. Wira Baja Makmur Mandiri menjual besi WF H Beam yang berkualitas dan dalam kondisi baru. Tidak hanya besi WF, mereka juga menyediakan material bangunan mulai dari besi beton, plat stainless, pipa besi, besi Hollow, hingga besi Wiremesh.

Untuk melakukan pemesanan, Anda bisa mengunjungi website PT. Wira Baja Makmur Mandiri atau langsung menghubungi kontak yang tersedia pada website. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja melalui B2B Marketplace Indonetwork.

Melalui Marketplace Indonetwork, Anda juga dapat memilih berbagai barang mulai dari peralatan konstruksi, peralatan rumah tangga, peralatan dapur, peralatan kantor, layanan, dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Indonetwork sekarang juga!

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: