Indonetwork, Wahana – Timor Leste termasuk salah satu Negara yang letaknya tidak jauh dari Indonesia dan berbatasan dengan Nusa Tenggara Timur. Timor Leste layak untuk dikunjungi karena memiliki berbagai tempat wisata yang sangat menarik.

Ada beragam jenis destinasi, mulai dari wisata alam seperti gunung, pantai, wisata budaya dan sejarah yang sangat sayang sekali jika dilewatkan. Negara ini juga terkenal hal-hal religi, sehingga ada pula wisata religius yang bisa Anda kunjungi.

Pemandangan objek wisatanya bisa membuat para pengunjungnya terasa nyaman dan tidak ingin pulang. Tidak lupa juga, banyak penyelam yang datang dan berlama-lama di tempat ini karena pemandangan dunia bawah lautnya yang sangat indah.

Waktu yang sangat baik untuk mengunjungi Timor Leste yaitu pada musim kemarau, yang dimulai pada bulan April hingga Oktober. Iklim yang berada di Timor Leste hampir sama pada wilayah Indonesia Timur lainnya.

Bagaimana, tertarik kan? Berikut destinasi wisata Timor Leste yang bisa Anda kunjungi.

1. Christo Rei

Christo Rei Dili Timor Leste

Cristo Rei merupakan tempat situs religi yang mudah ditemukan Timor Leste. Hal ini dikarenakan 97% penduduk negara ini menganut agama Katolik Roma. Jadi, tidak heran jika tempat religi ini sangat mudah untuk ditemukan.

Terdapat sebuah patung Yesus setinggi 27 meter yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia sebagai hadiah yang diberikan untuk Penduduk Timor Leste. Hadiah ini diberikan pada tahun 1996 saat masih menjadi bagian Tanah Air. Selain itu, Anda bisa melihat pemandangan dari sekitar tempat ini seperti Pantai Lepas dari Semenanjung Fatucama.

Lokasi: Fatucama, Timor Leste.

2. Pasar Tais

Pasar Tais Dili

Timor Leste juga memiliki Kain Tais yang merupakan kain tenun khas Timor Leste dengan warna yang sangat beragam dan sangat cantik. Corak yang berada pada kain ini mempunyai filosofi tersendiri yang cukup dalam, dimana corak kainnya menyiratkan status sosial. Kain Tais ini dahulu digunakan untuk pengganti uang saat membeli hewan ternak. 

Jika Anda ingin membeli Kain Tais sebagai oleh-oleh, maka Anda bisa mengunjungi Pasar Tais. Ada puluhan toko yang menjajakan kain tradisional ini dalam berbagai macam bentuk, seperti tas, baju, kain, dan lain sebagainya yang dibuat langsung oleh para penenun di Timor Leste.

Lokasi: Nr. De Luis Dos Reis Noronha Colmera, Dili, Timor Leste.

3. Pulau Atauro

Pulau Atauro TImor Leste

Pulau Atauro ini sangat sayang untuk  dilewatkan. Letaknya tidak jauh dari Dili. Udaranya yang sejuk dan memiliki biota laut yang sangat beragam. Tak heran jika para penyelam betah berlama-lama di pulau cantik ini. Air laut di pulau ini juga sangat jernih sehingga terumbu karang pun dapat terlihat. 

Ada berbagai macam aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini, seperti memancing, berenang, melihat ikan dan biota laut lainnya, dan lain sebagainya.

Lokasi: Dili, Timor Leste.

BACA JUGA: LOKASI DAN HARGA TIKET WISATA PANTAI NGLAMBOR YOGYAKARTA

4. Gunung Ramelau

patung Virgin Mary Gunung ramelau

Wisata yang satu ini bernama Gunung Ramelau. Gunung yang tingginya sekitar 2986 mdpl ini juga merupakan dataran tertinggi di Timor Leste. Jika sudah sampai di puncak, ada tempat untuk melihat matahari terbit atau sunrise yang sangat indah.

Jika mendaki gunung ini, perjalanan akan dimulai dari desa Hatubuilico. Jarak ke desa tersebut dari kota Dili akan menempuh 3 jam perjalanan. Di puncak Gunung Ramelau ini juga terdapat patung Virgin Mary yang tingginya 3 meter, biasa digunakan untuk memanjatkan doa oleh masyarakat sekitar.

Lokasi: Tatamailau, Timor Leste.

5. Pemakaman Santa Cruz

Pemakaman Santa Cruz

Wisata lainnya yang wajib Anda kunjungi yaitu Pemakaman Santa Cruz. Pemakaman yang menjadi saksi pada peristiwa berdarah yang terjadi pada tahun 12 November 1991 silam. Peristiwa tersebut adalah awal mula Negara Timor Leste berdiri. 

Lokasi: Dili, Timor Leste.

6. Air Panas Marobo

Pemandian Air Panas MaroboPemandian air panas yang cukup terkenal di Timor Leste adalah Pemandian Air Panas Marobo. 

Di Pemandian Air Panas ini terdapat 3 kolam renang. Kolam yang warnanya berwarna biru adalah kolam untuk air panas, dimana air tersebut langsung berasal dari gunung. Untuk kolam warna putih isinya air dingin yang sudah dicampur dengan kapur. Satu lagi yaitu berwarna hijau yang isinya berupa air panas dengan suhu yang cocok untuk berendam.

Lokasi: Bobonaro, Timor Leste.

7. Pulau Jaco

Pulau Jaco Timor Leste

Pulau Jaco termasuk wisata andalan Timor Leste. Kepulauan ini bisa dibilang tidak kalah jauh indahnya dengan Raja Ampat. Luas dari pulau ini sekitar 11 kilometer, dan pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Karena hal tersebut Pulau Jaco ini sangat terlihat bersih dan sangat bebas dari sampah. Kejernihan air lautnya dan juga kebersihan tempat ini membuat para pengunjung sangat nyaman. 

Lokasi: Tutuala, Timor Leste.

8. Bukit Tasi Tolu

Bukit Tasi Tolu Timor Leste

Selanjutnya ada danau yang letaknya di bukit Tasi Tolu yang tentu pemandangannya sangatlah indah. Di puncak bukit ini akan terdapat patung Paus Paulus Yohanes II, didirikan sebagai bentuk penghormatan masyarakat atas kunjungan beliau tahun 1989 silam.

Lokasi: Dili, Timor Leste.

9. Selat Water

Selat Water Timor Leste

Untuk para pecinta hewan lumba-lumba tempat ini wajib sekali kalian kunjungi. Selat Water ini adalah perbatasan dari Wilayah Timor Leste dengan Maluku. Jika ingin datang berkunjung, datanglah pada bulan Oktober hingga Desember, bulan tersebut akan menjadi rute migrasi utama lumba-lumba dan paus. 

Lokasi: Perbatasan Indonesia, Timor Leste.

10. Taman Nasional Nino Konis

Taman Nasional Nino Konis Timor Leste

Memiliki luas yang mencapai 1236 km. Selain itu juga ada Danau Ira Lalaro serta pulau Jaco yang masih bagian dari taman nasional. Taman tersebut adalah rumah untuk berbagai spesies burung langka yang berada di Timor Leste. Sedikitnya jumlah spesies burung cantik dan unik ini adalah 200 spesies. Taman nasional ini juga menyuguhkan fauna yang unik dan juga memiliki bangunan sakral yang sangat bersejarah.

BACA JUGA: 13 MUSEUM YANG MENARIK UNTUK DIKUNJUNGI SELAMA DI JAKARTA

Jasa Angkutan Laut ke Dili

Ingin menggunakan jasa angkutan laut ke Dili yang sangat terpercaya? PT MEX INTERNASIONAL adalah perusahaan jasa/expedisi pengiriman barang, (Cargo & Logistic) spesial Dili – Timor Leste. 

Perusahaan ini memiliki jasa shipment pesawat door to door dari Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali ke Dili, Timor Leste, Shipment sea freight, Full Container Load,. Less Container Load, Breakbulk ke Dili Timor Leste (Tibar Bay) Liquisa, Oecussi, Suai, Suai, Lospalos, dll). 

Penulis: Najmia Chaerunnisa

Editor: Nafila Chaerunnisa


%d bloggers like this: