Indonetwork, Wahana Selain bermain pada area rumah tentu saja anak-anak membutuhkan permainan luar ruang supaya anak aktif dan dapat berinteraksi dengan anak seumuran lainnya. Bahkan tidak jarang orang tua juga akan mengajak anak ke beberapa lokasi yang memiliki arena bermain, sehingga jasa pembuatan playground saat ini memiliki minat yang cukup tinggi untuk membantu kebutuhan anak dan orang tua.

Tentu Anda sudah tidak awam lagi melihat arena playground baik dibuat secara pribadi maupun kebutuhan bisnis di area tempat makan. Yuk simak perelengkapan playground dan beberapa lokasi yang memungkinkan penempatan playground anak secara efektif dan paling sering diminati.

Baca juga: 4 LOKASI PEMASANGAN RUBBER FLOOR PADA LINGKUNGAN SEKITAR

Pengertian Playground

Playground atau bisa dikenal dengan taman bermain anak yaitu sebuah lingkungan tempat umum yang khusus dibangun agar anak-anak dapat bermain dan beraktivitas bebas disana. Sebuah jurnal penelitian berjudul The Benefits of Playgrounds menunjukkan bahwa  anak akan melakukan aktivitas bermain dengan bebas untuk memperoleh keriangan pada area ini juga anak dapat mengembangkan kemampuan kognitif, sosial, fisik, serta kemampuan emosinya.

Umum di taman bermain modern adalah struktur permainan yang menghubungkan banyak peralatan yang berbeda. Terkadang ketika Anda masuk pada taman bermain terdapat beberapa pengecualian umur baik itu anak-anak di atas umur tertentu atau dibawah usia tertentu. Hal ini diantisipasi agar alat tidak mudah rusak ataupun potensi bahaya yang mungkin saja terjadi.

Perlengkapan Playground yang Paling Umum

jasa pembuatan playground

Memiliki anak yang aktif tentu sangat wajar sekali terlebih di usianya yang produktif anak selalu ingin tahu dan eksplore mengenai banyak hal. Bila Anda memiliki lahan kosong baik indoor atau outdoor untuk kebutuhan perlengkapan pada area bisnis makan berikut jasa pembuatan playground yang umum digunakan, yaitu:

1. Perosotan

Perosotan merupakan elemen yang paling disukai oleh setiap anak-anak, hampir setiap taman bermain memiliki elemen ini. Saat ini perosotan sudah memiliki macam-macam bentuk, warna dan jenis sehingga penempatannya bisa dilakukan pada outdoor maupun indoor. Jika Anda ingin memasang produk ini carilah warna yang cerah dengan ketinggian yang dapat dijangkau oleh anak.

2. Ayunan

jasa pembuatan playground ayunan

Selanjutnya kehadiran ayunan tidak kalah penting. Model ayunan yang terpasang di playground sendiri biasanya terbuat dari plastik dengan tali dari plastik juga yang mengikat pada rumah-rumahan atau elemen permainan lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa ayunan pada playground sendiri tidak bisa dimainkan oleh anak usia diatas 5 tahun karena akan berisiko rubuh karena beban penopang yang tidak kuat.

3. Pasir Kinetik

Kehadiran pasir kinetik biasanya hanya menjadi pelengkap sebuah playground yang diletakkan pada suatu wadah tertentu. Media ini juga dapat melatih kreativitas dan motorik anak-anak. Anak bisa jadi lebih kreatif dengan belajar membentuk pasir, lebih sabar dengan bagaimana ia bisa mewujudkan bentuk mainannya.

4. Matras Pelindung

Matras pada playground merupakan media pelindung saat anak Anda sedang bermain di wahana playground, sehingga ketika anak terjatuh bagian permukaan kulit tidak langsung bersentuhan dengan lantai atau aspal dengan permukaan kasar. Pada umumnya matras peling ini berbahan dasar busa yang empuk dipadu dengan warna yang menarik.

5. Rumah-Rumahan

Mainan rumah-rumahan juga direkomendasikan untuk dimiliki untuk melengkapi ruangan bermain. Sangat cocok bagi ibu yang memiliki anak perempuan. Lengkapi maina rumah-rumahan dengan isinya, seperti alat dapur atau perkakas rumah tangga lainnya. Wahana ini biasanya terbuat dari plastik dengan ukuran rumah-rumahan mini yang bisa dimasuki oleh anak usia 2-5 tahun. 

Baca juga: MACAM-MACAM PERMAINAN PLAYGROUND TERSERU

Lokasi Pemasangan Playground

Peralatan bermain umum dipasang di area bermain taman, sekolah, fasilitas penitipan anak, lembaga, tempat tinggal keluarga, restoran, resor, dan pengembangan rekreasi, dan area penggunaan umum lainnya. Jenis taman bermain yang disebut playscape dirancang untuk menyediakan lingkungan yang aman untuk bermain dalam suasana alami. Berikut beberapa titik lokasi yang paling sering dipasang jasa pembuatan playground, yaitu:

1. Indoor

jasa pembuatan playground

Pemasangan playground pada area indoor biasanya dengan mudah akan Anda temukan pada area restoran, area penitipan anak atau mall yang menyediakan arena bermain anak. Biasanya indoor playground equipment membutuhkan perlengkapan tambahan seperti matras supaya anak tidak terbentur dengan keras ataupun wahana playground indoor sendiri biasanya terbuat dari bahan khusus.

2. Outdoor

jasa pembuatan playground indoor

Selanjutnya pemasangan playground outdoor dilakukan pada area halaman rumah, lokasi permainan atau area cafe restaurant secara outdoor. Pada umumnya material pada lokasi outdoor playground equipment berbahan dari plastik dan tidak ada besi penyangga supaya material awet jika tertimpa panas dan hujan. Selain itu wahana juga terlihat lebih besar sehingga beban juga dapat menampung anak hingga berusia 7 tahun.

3. Waterpark

jasa pembuatan playground wahana air

Playground pada area waterpark yang dimaksud bertemakan outdoor namun peletakkanya biasanya pada area tengah kolam renang supaya mampu menarik minat pengunjung. Kelengkapan fasilitas mungkin hampir sama pada area indoor maupun outdoor dilengkapi rumah-rumahan dan perosotan anak, namun biasanya plastik yang digunakan pada area ini jauh lebih berat dan kokoh karena wahana ini biasanay bukan saja digunakan oleh anak-anak namun orang dewasa.

Baca juga: 7 REKOMENDASI RESTORAN DENGAN SARANA OUTDOOR PLAYGROUND

Jasa Pembuatan Playground

Setelah Anda mendapatkan informasi diatas tentu saja secara garis besar pemasangan playground sangat fleksibel digunakan pada berbagai lokasi sesuai dengan kebutuhan, terlebih lagi jenis dan bentuk playground saat ini sudah beragam model dari ukuran besar hingga mini.

Silakan menghubungi PT Wahana Tirta Estetika untuk mendapatkan jasa pembuatan playground  dengan kualitas tinggi dan ketahanan yang baik. Perusahaan ini memproduksi dan merancang peralatan bermain yang dengan bahan berkualitas tinggi dan aman untuk anak-anak. Dari peralatan indoor hingga outdoor hingga fitness, gym anak hingga project komersial, kami akan dengan senang hati bekerja berdasarkan berbagai budget dan penggunaan. Jadi tunggu apa lagi konsultasikan kebutuhan Anda baik untuk kebutuhan pribadi maupun perlengkapan fasilitas usaha Anda.

Author

Enable Notifications OK No thanks