Indonetwork.co.id (Jakarta) – Menjawab perkembangan dunia desain interior saat ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar pameran CASA di Ballroom The Ritz Carlton Jakarta, Pasific Place beberapa waktu lalu.

“Tahun ini Bekraf dengan bangga mendukung para desainer untuk menunjukan wajah baru desain interior yang membawa kepekaan dalam estetika, visi kuat dan kreativitas yang luar biasa,” ujar Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simanjuntak.

Baca juga: Bekraf Edukasi 150 Pengusaha Startup Melek Permodalan

Bekraf memfasilitasi sebanyak 33 pelaku di sub sektor desain baik perorangan maupun grup dengan jumlah karya sebanyak 35. Sub sektor itu terdiri dari elemen furnitur, dekorasi hunian, ruang makan dan dapur, serta perwakilan desainer Francis Surjaseputra yang telah difasilitasi mengikuti Salone Del Mobile 2018 di Milan, Italia beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan ini, menampilkan pula 17 desainer dari program unggulan Bekraf yaitu Inovatif dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) yang disebut Koperasi IKKON (KOPIKKON).

Baca juga: Indonetwork Uraikan Strategi Kreatif Selama Ramadhan

Joshua menjelaskan, fungsi dari desain interior telah berubah menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh banyak orang sehingga menjadi trend yang mengubah kehidupan.

“Harus diingat, perubahan-perubahan desain interior juga diikuti oleh kecenderungan mencari keseimbangan, sehingga mendorong lahirnya desain-desain (trend) baru dan hal ini berlaku umum dan pasti dalam segala sendi kehidupan,” ujarnya.

Baca juga: Dongkrak Omzet Bulan Ramadhan, Indonetwork Tawarkan SEO Dan SEM

Sebanyak 33 desainer dan karyanya tampil dalam Bekraf Designers Lounge dengan tema pameran Casa tahun ini yakni “One Nation”. Bekraf sendiri mengusung “Identities” dalam karya-karya yang ditampilkan.

Identities adalah Indonesia dan Entitas, namun dapat menjadi kesatuan arti yaitu Identitas. Merupakan program perayaan keragaman karya kontemporer Indonesia yang digagas oleh Bekraf melalui Deputi Pemasaran.

“Kita memiliki kewajiban menjawab dan memberikan solusi terhadap tantangan-tantangan perekonomian dengan cara mendukung perkembangan industri kreatif di sub sektor desain interior agar berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia secara umum,” ujarnya. Bekraf ingin mencoba mengedepankan ragam bentuk karya dan produk Indonesia dari berbagai daerah di tanah air dengan wajah yang berbeda, berasal dari keragaman budaya Indonesia, yaitu ragam etnis, agama, bahasa, desain motif, arsitektur, tradisi dan cerita.

Dedy Mulyadi