Indonetwork.co.id (Jakarta) – Sebanyak 33 pelaku di sub sektor desain baik perorangan maupun grup dengan jumlah karya sebanyak 35, difasilitasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di ajang pameran CASA di Ballroom The Ritz Carlton Jakarta.

Sub sektor itu terdiri dari elemen furnitur, dekorasi hunian, ruang makan dan dapur. Bekraf juga menghadirkan perwakilan desainer Francis Surjaseputra yang telah mengikuti Salone Del Mobile 2018 di Milan, Italia.

Baca juga: Bekraf Hadirkan Puluhan Desainer di Pameran CASA

“Pada kesempatan itu, para desainer telah menunjukan wajah baru desain interior yang membawa kepekaan dalam estetika, visi kuat dan kreativitas yang luar biasa,” ungkap Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simanjuntak.

Lebih lanjut Joshua mengatakan, di ajang tersebut desainer muda menjadi prioritas. Hanya saja, kualitas karya mereka menjadi penentunya. Untuk bisa meloloskan para peserta, pihaknya melakukan tahap seleksi melalui Open Call.

Baca juga: Indonetwork Uraikan Strategi Kreatif Selama Ramadhan

“Mutu menjadi modal dasar pertimbangan pertama untuk menilai mereka yang diikut sertakan di ajang pameran tersebut,” paparnya.

Perlu diketahui bahwa, para desainer dan produknya yang terpilih merupakan hasil kurasi Open Call yang telah dilakukan oleh tim Bekraf dan kurator Rina Renville.

Menurut Rina, delegasi Bekraf untuk Casa 2018 merupakan karya desain dan kreativitas desainer Indonesia mewakili perkembangan terkini. “Mereka yang mewakili serta memiliki potensi dan kualitas karya akan siap dikomersialkan,” terang Rina.

Baca juga: Dongkrak Omzet Bulan Ramadhan, Indonetwork Tawarkan SEO Dan SEM

“Karya desain mereka tentu harus original, bahkan beberapa diantaranya belum pernah dipublikasi. Dengan demikian, kekuatan desain yang menonjol jadi nilai tersendiri bagi para peserta,” katanya.

Rina menambahkan, untuk produk furnitur dan dekorasi hunian adalah yang memiliki kepekaan dalam segi material, estetika maupun konsep tradisi yang kuat dari ciri khas setiap desainer.

Dari jumlah yang tersaring, diperoleh 70 pendaftar dari 3 kategori yaitu furnitur, dekorasi hunian, ruang makan dan dapur. Para pendaftar ini terdiri dari desainer tunggal, studio desain, desainer muda, label kreatif maupun mahasiswa desain. “Sementara untuk ketertarikan mahasiswa desain dalam pendaftaran ini sekitar 25-30 persen,” tambah Rina.

Dedy Mulyadi