Indonetwork.co.id (Surabaya) – Memasuki era yang serba digital, sehebat apapun bisnis Anda jika tidak segera mensiasati untuk terjun mendalami dunia online, pasti akan merasakan dampaknya.

Bukan tren kekinian, globalisasi teknologi telah menuntut semua pelaku usaha untuk melek teknologi. Kalau saja tidak pandai mensiasatinya, rintisan bisnis yang sejak lama Anda bangun bakal tenggelam dengan mudah.

Baca juga: Pelaku Usaha Sepakat, Promosi Online Merupakan Pilihan Tepat di Era Digital

“Agar tak tergilas zaman, sekarang kita semua harus siap, bukan lagi pilihan mau online atau offline, tapi semua harus siap online,” ucap DR. Basa Alim Tualeka selaku Ketua Kadin PB Jawa Timur.

Dalam gelaran talkshow bertema “Strategi Laris Jualan di Era Digital Marketing” di event akbar Jatim Fair 2017 yang diusung Indonetwork, Basa juga menjabarkan betapa pentingnya memanfaatkan teknologi secara online.

Menurut Basa, pengusaha yang masih mempertahankan bisnisnya berjualan secara konvensional dan tidak segera bergerak menuju era digital akan kalah dan sulit bertahan.

Pada kesempatan itu, Basa juga mengoreksi kinerja pemerintah. Menurutnya, kesiapan pelaku usaha bergerak secara online, tentunya juga harus didukung oleh regulasi dari pemerintah.

“Regulasi ini penting, selain membentuk sinergitas dari berbagai pihak supaya pelaku usaha khususnya pelaku UMKM bisa dapat cepat tumbuh dan berekpansi,” tambahnya.

Go Online Dan Cermat Memperhatikan Kebutuhan Pasar
“Selain itu, agar bisa mempertahankan bisnisnya, produsen juga dituntut cermat memperhatikan kebutuhan pasar apa saja yang banyak diminati. Karena tren digital semakin cepat berubah,” kupas Basa menyarankan.

Menurutnya, pelaku usaha juga harus berkomitmen untuk bisa menjaga kualitas dan pelayanan.

“Ini merupakan hal yang tidak kalah penting untuk bisa bertahan di dunia perdagangan online seperti saat ini. Karena persaingannya tak hanya datang dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri,” pungkas Basa.

Untuk itu lanjutnya, pelaku usaha dituntut juga untuk bisa menghadapi pasar global yang tidak bisa dihentikan.

“Kalau saja Anda belum melakukan untuk fokus membesarkan bisnis secara online, usaha yang Anda jalankan hanya tinggal menunggu waktu, kapan bisnis itu akan terhenti,” tegas Basa memberi gambaran.

“Persaingan antar pelaku bisnis di luar sana makin sengit untuk dapat mempertahankan bisnis berumur panjang. Jika tidak dimulai dari sekarang kapan lagi,” imbuhnya.

Dedy Mulyadi