Ada tujuh rahasia untuk meningkatkan nilai dari pekerjaan dan bisnis yang di tekuni. Masing-masing punya kekuatan tersendiri untuk mendorong Anda meraih kebebasan finansial.

Jika setiap gagasan ini di gabungkan, maka kehidupan keuangan Anda akan semakin menanjak ketimbang sedia kala.

Berikut ini adalah penjabarannya:

Lebih cepat lebih baik

Cara menambah nilai bisnis yang pertama adalah dengan mempercepat gerak-gerik pekerjaan atau usaha Anda dalam memuaskan pelanggan dengan harga yang pantas.

Orang-orang sukses paham betul bahwa konsumen tidak sabaran. Jika hari ini mereka menyadari kebutuhan akan suatu barang, biasanya mereka akan menyesal karena tidak membelinya sedari kemarin.

Konsumen umumnya mengaitkan kecepatan pelayanan dengan kualitas dan integritas bisnis yang bersangkutan.

Orang yang bekerja dengan cekatan biasanya di anggap sebagai orang yang bertalenta tinggi dan lebih kompeten dari orang lain. Mereka di pandang punya kualitas yang jauh lebih besar ketimbang orang-orang yang bekerja secara lamban, bahkan ketimbang yang tidak tahu waktu.

Tawarkan kualitas yang lebih baik

Kunci yang kedua adalah menawarkan kualitas produk yang lebih baik daripada pesaing, dengan rentang harga serupa.

cara menambah nilai bisnis - merancang kerangka rencana bisnis

Baca juga: 8 elemen dalam merancang kerangka rencana bisnis

Perlu di ingat bahwa kualitas adalah istilah yang di tentukan secara bebas menurut kehendak konsumen. Manajemen kualitas yang baik dapat di simpulkan sebagai

pencarian kebutuhan konsumen dan kemudian menyediakannya dalam waktu yang lebih cepat daripada pesaing.

Kualitas bukan hanya soal ketahanan produk atau desain yang keren. Kualitas pada dasarnya tertuju pada kegunaan produk/jasa itu sendiri. Konsumen mengganggap suatu produk berkualitas jika kebutuhannya memang benar-benar terpenuhi setelah memakainya.

Beri nilai tambah di manapun Anda bisa

Jika Anda menjual produk serupa dengan pesaing di pasaran, maka faktor-faktor tertentu dalam produk tersebut hanya akan di anggap sebagai fitur dasar oleh para konsumen.

Oleh karenanya, Anda di tuntut untuk memberi nilai tambah supaya penawaran produk terlihat lebih menggoda ketimbang pesaing.

Penambahan nilai dapat di lakukan dengan berbagai cara, termasuk di antaranya mempercantik bungkus kemasan, merancang bentuk kemasan yang menarik, atau menyederhanakan alur pemakaiannya.

Apple sukses bertransformasi menjadi perusahaan teknologi dengan valuasi tertinggi berkat cara-cara di atas.

Tingkatkan rasa nyaman

Buatlah konsumen merasa semakin nyaman ketika hendak membeli produk dan kemudian menggunakannya. Fenomena minimarket di Indonesia adalah contoh paling nyata dari penerapan prinsip di atas.

Warung-warung konvensional yang biasanya menjajakan kebutuhan sehari-hari kini di anggap tidak lagi praktis karena masyarakat sudah terbiasa mengontrol sendiri barang belanjaannya di minimarket.

Tingkatkan pelayanan konsumen

Prinsip ini erat kaitannya dengan sifat manusia sebagai makhluk emosional. Konsumen sangat mudah di pengaruhi dengan sikap ramah, hangat dan ceria yang di tunjukkan oleh pelayan kasir ataupun perwakilan layanan konsumen.

Bahkan perusahaan ritel di kota-kota besar banyak yang mencantumkan garansi “gratis pembelian jika pelayan kami tidak senyum”. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan berlomba-lomba untuk memanjakan kepuasan konsumen demi meningkatkan keunggulan bersaing.

Ubah gaya hidup Anda dan konsumen

Di balik gaya hidup tersimpan nilai komersial yang sangat besar. Gaya hidup bisa mencakup apa saja, mulai dari kebutuhan komunikasi, makanan, busana, bahkan cara menggunakan moda transportasi.

Saat ini di Indonesia sedang marak tren memesan transportasi via aplikasi ponsel. Beberapa perusahaan bersaing untuk mendapatkan ceruk pasar bernilai triliunan rupiah ini. Sebut saja, Gojek, Grab, Uber, dan lain sebagainya.

Perubahan gaya hidup dan demografi semacam ini dapat menciptakan peluang bisnis baru yang belum terpikirkan sebelumnya. Anda pun dapat dengan lebih mudah mencatat pola pembelian konsumen karena trennya masih baru dan segar.

Jika Anda sigap, data dan peluang tersebut dapat di konversi ke dalam produk yang benar-benar di butuhkan konsumen saat ini.

Menawarkan diskon terencana

Untuk membuat diskon terencana, Anda harus menemukan cara untuk menjual produk dalam jumlah yang lebih besar kepada lebih banyak konsumen dengan harga jual yang lebih rendah.

Pikirkan metode untuk menawarkan produk berkualitas baik dengan harga yang lebih murah. (Termasuk bagaimana cara menekan harga produk agar konsumen tertarik).

Ingatlah selalu bahwa jika Anda mampu menemukan cara menambah nilai bisnis dan menguntungkan konsumen secara unik, maka keberhasilan bisnis dan kebebasan finansial Anda akan segera datang menghampiri.