Indonetwork.co.id (Bekasi) – Indonesia berpeluang meningkatkan ekspor pesawat terbang untuk menambah devisa. Hal ini disampaikan Direktur Pengembangan Ekspor Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, Marolop Nainggolan saat membuka pertemuan teknis dengan tema “Peluang Dan Potensi Ekspor Pesawat Udara Indonesia” di Hotel Grand Amarossa, Bekasi pada Senin lalu.

“Pesawat terbang buatan Indonesia sudah banyak diekspor ke mancanegara dan masih bisa terus ditingkatkan,” ujar Marolop.

Baca juga: Bekraf Bekali 93 Industri Kuliner di Ajang Food Startup Indonesia

Pertemuan teknis ini menghadirkan narasumber dari PT Dirgantara Indonesia, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan. Selain itu, pertemuan ini dihadiri perwakilan kementerian lembaga terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian BUMN.

Dalam pertemuan teknis ini disampaikan bahwa sampai tahun 2017 PT Dirgantara Indonesia telah membuat sebanyak 431 unit pesawat terbang. Tipe yang paling banyak dipesan antara lain NC212i sebanyak 110 unit, helikopter NBO105 sebanyak 122 unit, dan saat ini sedang dikembangkan jenis CN 235, pesawat terbang kecil dengan kapasitas 40 pak.

Baca juga: Indonetwork Siap Perluas Jangkauan Pemasaran Anggota APTIKNAS

Dalam pertemuan tersebut mengemuka beberapa hambatan yang ditemui negara calon pembeli, seperti tidak cukupnya dana buyer untuk melakukan pembayaran dan peraturan yang mengharuskan pembelian dilakukan melalui agen setempat. Hambatan lainnya adalah adanya negara yang terkena sanksi PBB dan permintaan buyer untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan.

PT Dirgantara Indonesia juga menyampaikan adanya rencana pembelian dari buyer Nigeria namun masih terkendala sistem pembayaran. Hal ini disebabkan oleh permintaan buyer agar pembayaran dilakukan melalui counter purchase yakni pembayaran melalui pihak kedua yang dilakukan rekanan Indonesia.

Baca juga: Wujudkan Ekonomi Kerakyatan, KOMINFO Siap Gandeng Indonetwork

“Melalui pertemuan ini diharapkan diperoleh informasi mengenai hambatan, tantangan, serta masukan terkait peluang ekspor pesawat terbang Indonesia,” pungkas Marolop.

Dedy Mulyadi

Author

Enable Notifications OK No thanks