Indonetwork.co.id (Jakarta) – Bidang usaha kurir atau jasa pengiriman saat ini memiliki potensi yang menjanjikan. Menjamurnya pelaku usaha (online shop) jadi peluang baru untuk pengembangan bisnis.

Anda yang ingin merintis usaha jasa pengiriman, menerapkan inovasi mungkin cara yang tepat untuk mendapatkan banyak mitra.

Baca juga: Waralaba Indonesia Diharapkan Dapat Bersaing di Pasar Global

Ada banyak hal yang bisa dilirik oleh para calon mitra bisnis. Berikut ini beberapa trik marketing yang bisa Anda terapkan agar usaha waralaba kurir yang ditawarkan lebih menarik dan menjadi pilihan bagi banyak calon mitra Anda.

Berikan Garansi Kepada Mitra
Sebagai pewaralaba, Anda harus memikirkan terobosan apa yang sekiranya diminati. Misalnya saja menawarkan kepada calon mitra tersebut dengan memberikan garansi. Cara ini mungkin bisa jadi satu keunggulan yang Anda miliki sebagai pemilik waralaba jasa pengiriman.

Tawarkan pula money back guarantee (garansi uang kembali). Cara ini bisa jadi paling ampuh untuk menarik calon mitra.

Jika Anda yakin bahwa usaha waralaba kurir yang ditawarkan cukup profitable (menguntungkan) mengapa takut memberikan garansi uang kembali. Misalkan saja bidang usaha yang Anda tawarkan tidak mampu balik modal hingga kontrak kerja sama usai (contoh, 5 tahun), nilai investasi yang pernah dibayarkan akan dikembalikan.

Namun, sebagai pemilik waralaba Anda memiliki target dan berusaha membuktikan komitmen tersebut, bahwa jasa pengirimannya bisa balik modal paling lama dalam kurun waktu tiga tahun.

Berikan Asuransi
Hal menarik lain yang bisa jadi nilai jual bidang usaha jasa pengiriman adalah dengan memberikan asuransi. Ya, penawaran ini akan jauh lebih menarik bila terwaralaba dilindungi oleh asuransi seperti asuransi kerusakan, asuransi kehilangan dan sebagainya.

Berikan kesan bahwa, usaha waralaba kurir Anda bisa dipercaya. Pastikan juga bahwa, Anda memiliki sumber daya manusia yang terbaik, menanamkan jiwa bertanggungjawab dalam pekerjaan.

Bisa menunjukkan hasil
Jika benar unit usaha Anda memiliki kredibilitas yang baik, berikan contoh sebagai bukti jasa yang ditawarkan memang benar baik. Cara ini tentunya akan membuat calon mitra menjadi lebih yakin memilih Anda.

Berikan dukungan, motivasi hingga konsultasi secara gratis mutlak wajib dilakukan pewaralaba. Bentuk support bisa bermacam-macam seperti kunjungan ke tempat mitra Anda secara berkala, melakukan pelatihan, berikan kesempatan bertanya 24 jam, disediakan karyawan, hingga mengulang pelatihan gratis jika berganti karyawan. Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi