Indonetwork.co.id (Jakarta) – Banyak cara untuk meningkatkan trafik transaksi usaha yang Anda jalani saat ini. Salah satunya mematangkan strategi pemasaran.

Langkah ini penting dilakukan, karena merupakan salah satu hal utama dalam membesarkan sebuah usaha. Baik menciptakan peluang baru maupun usaha yang telah lama dirintis.

Terutama soal konsep marketing, bagaimana strategi pemasaran produk yang hendak kita jual. Hal ini jadi kendala yang sering muncul dan dihadapi oleh usaha kecil.

Baca juga: UKM Go Online Dapat Tumbuh 80% Lebih Cepat

Merencanakan strategi yang tepat untuk menarik minat konsumen pada usaha kecil masih sangatlah sulit. Trik yang dapat digunakan adalah dengan fokus memasarkannya.

Dengan terbatasnya anggaran marketing yang dimiliki para pelaku usaha kecil, bukan berarti menjadikan usaha mereka kalah dengan usaha skala besar.

Untuk itu, pelaku usaha dituntut lebih kreatif dengan anggaran biaya yang minim untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan pemasaran dengan anggaran terbatas:

Pertama, coba kirimkan penawaran produk kepada pelanggan serta memberikan potongan harga untuk paket pembelian tertentu.

Mempromosikan produk dan usaha Anda melalui media sosial. Hal ini akan membantu pencarian para konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. Misalnya saja mempublikasikannya melalui internet.

Libatkan lingkungan yang ada disekitar usaha Anda, terutama dalam salah satu kegiatan yang sedang Anda lakukan. Cara ini dapat dijadikan sebagai salah satu trik mempublikasikan secara gratis kepada masyarakat sekitar.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil yaitu sebagai berikut:

Konsistensi
Dengan konsisten terhadap semua area marketingnya, kiranya dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.

Begitu pula dengan melakukan perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan. Cara ini sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk merencanakan strategi pemasaran, anggaran marketing, serta konsep lain yang berhubungan dengan pemasaran.

Ini merupakan dasar kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan, misalnya menentukan target pasar, bagaimana membidik pelanggan, dan cara menjaga konsumen yang ada sebagai pelanggan tetap.

Target Market
Baiknya setelah Anda matang dalam perencanaan, definisikan juga pangsa pasar yang dituju, pilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dijajaki. Target pasar yang jelas akan membuat konsep marketing lebih mudah dilaksanakan.

Marketing Mix
Marketing mix biasanya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, perlu memutuskan dengan spesifik produk, harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain dapat mengetahui tentang produk yang ditawarkan.

Website
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha kecil diusahakan untuk melengkapinya dengan website sebagai wadah pemasarannya. Karena saat ini, hampir 60% konsumen datang dari informasi dari internet.

Sehingga informasi produk melalui website pun sangat mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.

Branding
Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha kecil selalu melupakan kebutuhan brand atau pengenalan gambar, logo, bahkan produk .

Customer Relationship Management
Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten. Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga tertentu bagi para member.

Ingat, bahkan sebuah usaha bisa hancur jika strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat. Oleh karena itu, review kembali konsep pemasaran dan rencana strategi pemasaran Anda, agar usaha Anda dapat berkembang lebih cepat dan tepat.

Dedy Mulyadi