ID card memiliki peran penting bagi karyawan dalam sebuah perusahaan. Hal ini disebabkan karena kartu tanda pengenal dapat menjaga keamanan perusahaan dengan kontrol aksesnya dan juga dapat menciptakan citra instansi yang baik. Oleh karena itu, kartu tanda pengenal harus memuat beberapa komponen penting identitas dan sesuai dengan fungsi yang diinginkan.

9 Komponen Penting dalam ID Card

Berikut beberapa komponen penting yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam membuat kartu tanda pengenal.

Logo Perusahaan

Dalam sebuah tanda pengenal, penting untuk mencantumkan logo perusahaan. Hal ini akan memudahkan client atau mitra perusahaan dalam mengenali karyawan yang bersangkutan ketika ada sebuah acara atau janji temu di luar perusahaan. Selain itu, adanya logo perusahaan dalam ID card juga dapat meningkatkan keprofesionalan perusahaan.

Desain ID Card

Desain juga berperan penting dalam sebuah kartu tanda pengenal. Semakin desain mencerminkan perusahaan Anda, maka perusahaan Anda akan semakin mendapatkan citra positif dari client. Tentunya tidak hanya dari sisi visual, namun desain juga harus disesuaikan dengan fungsi tanda pengenal itu sendiri.

Foto Karyawan

Secara umum, setiap ID card dalam suatu perusahaan biasanya memuat foto karyawan di dalamnya. Foto tersebut digunakan untuk identifikasi petugas keamanan atau otoritas yang harus menggunakan proses verifikasi dengan kartu identitas foto karyawan di tempat kerja.

Pengkodean Data

ID card karyawan biasanya memuat sistem kode yang dapat terhubung dengan informasi data karyawan, sehingga kartu tersebut bisa digunakan untuk mengakses kehadiran karyawan maupun ruangan-ruangan tertentu. Fitur ini bekerja dengan membaca kartu karyawan untuk menyetujui dan menolak akses karyawan.

Informasi Pribadi

ID card memiliki ruang terbatas untuk memuat seluruh informasi mengenai seorang karyawan. Akan tetapi, informasi dalam kartu tanda pengenal pada suatu perusahaan sangat dibutuhkan. Dengan begitu, antar karyawan dalam lingkungan perusahaan dapat dengan mudah saling mengenal satu sama lain.

Baca juga: 7 Ide Merchandise untuk Klien Perusahaan atau Karyawan Baru

ID Card
Sumber: Pinterest

Tanda Tangan

Setiap perusahaan, juga memiliki kebijakannya masing-masing terhadap komponen apa saja yang perlu dimasukkan dalam ID card karyawan. Biasanya, pada tanda pengenal dibubuhkan tanda tangan di dalamnya apabila foto tidak cukup untuk mengidentifikasi karyawan secara visual.

Peningkatan Keamanan

Kartu tanda pengenal karyawan biasanya juga difungsikan untuk meningkatkan keamanan perusahaan dengan kontrol akses di dalamnya. Oleh karena itu, pada beberapa perusahaan menggunakan ID card untuk memasuki area perusahaan atau ruangan-ruangan tertentu. Selain itu, orang-orang yang ada dalam lingkungan perusahaan juga dapat membedakan antara karyawan dan non-karyawan melalui kartu tanda pengenal tersebut.

Sisi Tunggal dan Dual

Desain pada kartu tanda pengenal juga tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Beberapa perusahaan, ada yang menggunakan satu maupun dua sisi ID card sebagai tanda pengenal karyawan.

Penggunaan dua sisi kartu tanda pengenal dapat mencakup banyak informasi tanpa harus mengorbankan desain. Dengan kartu dua sisi, Anda mempunyai ruang lebih untuk menambahkan informasi seperti nomor kontak darurat dan lain sebagainya.

Bentuk ID Card

Kartu tanda pengenal bisa ditampilkan secara vertikal maupun horizontal. Bentuk kartu karyawan akan mempengaruhi bagaimana karyawan akan menggunakan kartu tanda pengenal tersebut. Oleh karena itu, tanda pengenal harus disesuaikan dengan bentuk dan fungsinya.

Baca juga: Jenis Alat Tulis Kantor yang Sering dijumpai

Aksesoris ID Card

ID Card
Sumber: Pinterest

Untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada klien atau mitra perusahaan, Anda bisa menambahkan aksesoris pada kartu tanda pengenal karyawan Anda. Berikut beberapa aksesoris yang dapat Anda tambahkan.

Pengait

Untuk membuat kartu tanda pengenal bagi karyawan, Anda bisa menggunakan berbagai macam pengait yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi. Seperti pengait Yoyo ataupun tali custom.

Pengait Yoyo memiliki bentuk bundar yang biasa diselipkan pada saku kemeja karyawan. Aksesoris ini memiliki bentuk yang lebih pendek daripada pengait tali.

Pengait tali biasanya digunakan oleh karyawan dengan menggantungkan tali yang terhubung ke kartu di leher. Secara fisik, tanda pengenal dengan pengait tali memiliki ukuran yang lebih panjang dengan pengait Yoyo. Akan tetapi, tampilan tanda pengenal yang menggunakan pengait tali dapat terlihat jelas oleh orang lain. Hal ini dikarenakan badan tanda pengenal berada di tengah dan memberikan presisi yang jelas.

Casing

Casing tanda pengenal juga menjadi salah satu hal yang penting, karena bagian ini akan melindungi kartu dari kerusakan. Akan tetapi, saat ini sudah banyak kartu tanda pengenal yang tidak menggunakan casing, karena kualitas cetaknya yang memadai.

Baca juga: Produk Digital Printing, Salah Satu Peluang Usaha

Jual Tali ID Card Custom

Selain tulisan-tulisan dan gambar yang tercantum pada kartu, keseluruhan ID card seperti aksesorisnya juga ikut membangun citra perusahaan. Saat ini, tidak hanya bagian badan kartu saja yang dapat dikreasikan. Akan tetapi, Anda juga dapat membuat tali kartu tanda pengenal sesuai desain yang Anda inginkan. Tali tersebut nantinya akan diproduksi dengan cara printing, sehingga Anda tidak perlu ragu akan kualitas hasil cetaknya nanti.

Apabila Anda berencana untuk membuat ID card, Anda dapat memesan tali ID card custom di Armada Digicard. Dengan design custom, Anda bisa menampilkan tulisan maupun logo perusahaan pada tali ID card. Armada Digicard menyediakan berbagai varian bahan tali dengan berbagai ukuran yang dapat Anda sesuaikan. Jadi, tunggu apalagi? Order hari ini!


Author

%d bloggers like this: