Selain mencuci mobil secara teratur, perawatan lain yang diperlukan oleh kendaraan Anda adalah memoles ban mobil menggunakan semir atau produk pengkilap. Hal ini bertujuan untuk menambah kilau pada ban dan meningkatkan daya tahannya.

Sesekali, ban kendaraan Anda memerlukan perawatan untuk memperpanjang umur, meningkatkan fungsinya, dan menambah penampilan kendaraan secara keseluruhan. Mengingat roda kendaraan yang selalu bersentuhan dengan aspal jalan, kotoran, debu, air, garam, radiasi ultraviolet, dan lain sebagainya. Seiring waktu, karet ban dapat terdegradasi. Biasanya, untuk mencegah kegagalan secara mendadak, ban diganti setelah 6 tahun pemakaian.
Pemilihan produk pengkilap juga menjadi hal yang penting, karena jika salah memilih produk dapat merusak ban dan velg. Biasanya, toko-toko akan menyediakan pilihan semir ban berbahan dasar pelarut atau berbasis air.

Seberapa Sering Anda Harus Membersihkan Ban?

Semir Ban
Sumber: Pexels

Pembersihan ban mobil, tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya dan jalur apa yang biasa Anda lalui. Pembersihan ban dapat Anda lakukan setiap 1 hingga 2 minggu sekali atau sesuaikan dengan penggunaan sehari-hari. Untuk melakukan pembersihan, Anda dapat membawanya ke jasa pencucian mobil professional ataupun mencuci kendaraan secara pribadi di rumah. Semua ban mobil harus menjalani pembersihan dan pemolesan mendalam menggunakan produk pembersih khusus ban berkualitas tinggi setiap dua hingga tiga bulan sekali.

Baca juga: Cara Membuat Semir Ban dari Oli Bekas dan Bahan Lainnya

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membawa Ban ke Perawatan Profesional?

Perawatan ban kendaraan tidak selalu dapat dilakukan dengan mudah, terlebih jika kendaraan Anda memiliki beberapa bagian custom seperti run flat dan velg. Tidak semua produk perawatan yang dijual di toko otomotif akan cocok dengan roda ban kendaraan Anda.

Bahkan jika Anda menggunakan produk ringan, pH seimbang, dan ramah lingkungan, tidak menutup kemungkinan bahwa produk tersebut bisa mengakibatkan kerusakan cat, oksidasi pada lapisan terluar, hingga korosi.

Baca juga: Tips Semir Ban yang Aman dan Kinclong

5 Langkah Mudah Mengaplikasikan Semir Ban

Semir Ban
Sumber: Pexels

Pengaplikasian produk semir atau produk pengkilap pada ban kendaraan perlu dilakukan sesuai dengan prosedur dan petunjuk yang tertera dalam produk. Hal ini dilakukan untuk memberikan hasil terbaik dan agar tidak membuat pekerjaan Anda sia-sia. Apabila Anda bingung mengenai cara mengaplikasikan semir ban, Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Bersihkan Ban dengan Benar

Tahap pembersihan ban merupakan hal yang mendasar sebelum Anda melakukan perawatan pada ban kendaraan Anda. Pembersihan ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan larutan pembersih dan juga peralatan yang sesuai. Pembersihan pada tahap awal, bertujuan untuk menyingkirkan semua debu, dan kotoran yang menempel pada ban roda kendaraan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan dengan detail setiap inci dari ban kendaraan Anda. Untuk mendapat hasil yang terbaik, Anda perlu melepas ban terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produk pengkilap ban.

Pastikan Ban Anda Telah Kering Secara Menyeluruh

Setelah Anda melakukan pembersihan pada ban kendaraan Anda dari debu, kerikil, dan segala kotoran yang menempel, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa ban kendaraan Anda benar-benar kering sebelum Anda mengoleskan produk pengkilap. Bahkan para ahli yang banyak berkecimpung pada dunia otomotif juga menyarankan untuk mengoleskan produk pengkilap ban ketika ban dalam keadaan kering. Hal ini bertujuan agar produk pengkilap dapat menempel pada ban dan tidak menetes karena air yang belum benar-benar kering.

Oleskan Produk Penyemir Ban

Dalam mengaplikasikan semir ban, Anda dapat melakukannya sesuai dengan petunjuk dan prosedur yang ada dalam produk. Oleh karena itu, Anda perlu untuk membacanya terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produk tersebut. Dalam mengaplikasikan produk semir ban berbasis pelarut, pastikan Anda menggunakan sarung tangan sebagai pelindung ketika mengaplikasikan produk ke ban kendaraan Anda.

Apabila Anda menggunakan produk penyemir dengan kaleng semprot aerosol, maka Anda perlu berhati-hati ketika mengaplikasikannya, karena hal tersebut dapat masuk ke bagian rem dan merusak daerah tersebut.

Biarkan Sejenak Setelah Anda Mengoleskan Produk Penyemir

Setelah Anda selesai mengoleskan produk penyemir pada ban kendaraan, biarkan beberapa saat dan jangan langsung digunakan. Anda memerlukan waktu sekitar 10-20 menit untuk membuat semir ban mengering. Apabila Anda langsung menggunakan kendaraan dalam keadaan semir ban masih basah, hal ini bisa membuat kotoran dan debu kembali menempel dan membuat pekerjaan Anda sia-sia saja.

Tambahkan Produk Pengkilap Ban

Apabila Anda sudah mengoleskan semir ban, Anda dapat mengaplikasikan produk pengkilap ban pada roda kendaraan Anda. Dalam mengaplikasikan produk pengkilap, Anda dapat mengaplikasikannya menggunakan spons dan mengoleskan secara merata pada ban kendaraan Anda. Langkah ini penting untuk mencegah kotoran serta debu menempel pada rem dan ban kendaraan Anda. Ban yang dibersihkan dengan benar akan dapat menyerap produk pengkilap dengan mudah.

Baca juga: 4 Cara Merawat Ban Truk Supaya Tahan Lama

Jual Semir Ban

Untuk Anda yang menginginkan perawatan bagi kendaraan dan alat rumah tangga agar terlihat mengkilap, Anda dapat melakukan pemesanan ke perusahaan Pegasus Hikari Indonesia. Mereka adalah supplier terpercaya dan terlengkap yang menjual berbagai macam semir ban berkualitas. Pegasus Hikari Indonesia menjual semir ban dengan harga murah dan produk dengan kualitas terbaik lho. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website Pegasus Hikari Indonesia dan buat pesananmu hari ini!


Author

%d bloggers like this: