Indonetwork, Makanan – Tahukah Anda bahwa bukan negara Indonesia saja yang mengkonsumsi wijen, melainkan negara seperti Korea, China, dan Jepang kerap menambahkan biji wijen putih pada beberapa masakannya. Tentunya masyarakat Indonesia sudah familiar dengan jenis topping yang satu ini, penggunaan biji wijen bukan saja digunakan untuk varian cemilan akan tetapi dapat digunakan untuk melengkapi sajian masakan dirumah. Cita rasa dari biji wijen putih ini sendiri sangat unik, karena lebih gurih dan sedikit asih sehingga banyak diminati oleh konsumen di berbagai negara.

Jika Anda ingin mendirikan usaha dibidang kuliner berikut terdapat beberapa referensi olahan cemilan khas Indonesia yang meng highlight cita rasa biji wijen putih. Nah, simak terus informasi dibawah ini ya!

manfaat ketumbar untuk kesehatan

Baca juga: MANFAAT KETUMBAR UNTUK KESEHATAN DAN CARA MEREBUSNYA

Spesifikasi Biji Wijen

Mengulik Manfaat Biji Wijen untuk Kesehatan - Alodokter

Biji wijen merupakan jenis tanaman Pedaliaceae yang pada umumnya ditemukan di daerah Asia Tengah dengan daerah tropis pada ketinggian 1200–1600 m diatas permukaan laut. Tanaman ini berdaun lebar dengan memiliki tinggi pohon sekitar 50 sampai 100 cm dan dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati sehingga dikenal sebagai minyak wijen, yang diperoleh dari ekstraksi bijinya. Penghasil kualitas biji wijen terbaik di Indonesia sendiri umumnya  berasa dari gunung kidul, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Lampung.

Terdapat dua jenis wijen yang biasa Anda kenal, yaitu wijen putih dan wijen hitam. Perbedaan dari dua jenis ini yaitu terdapat pada kandungan zat gizinya. Biji wijen hitam memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan biji wijen putih sedangkan kandungan kalsium yang dimiliki biji wijen putih lebih banyak dari pada yang hitam. Namun keduanya kaya akan asam lemak, vitamin dan serat makanan yang baik untuk tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Biji Wijen Putih

Manfaat Biji Wijen Putih dalam Masakan dan Bagi Kesehatan - ResepKoki
Sumber : resepkoki.id

Walaupun memiliki bentuk yang kecil, bentuknya oval pipih dengan tekstur yang renyah dan rasa yang enak olahan biji wijen putih juga memiliki banyak manfaat untuk tambahan masakan, kesehatan, kecantikan karena kaya akan vitamin E, minyak urut, bahan pembuat obat-obatan serta kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Berikut dibawah ini beberapa manfaat ketika Anda mengkonsumsi biji wijen putih untuk tubuh. yaitu:

  • Mengontrol Gula Darah
  • Merupakan Protein Nabati yang Tinggi
  • Menyembuhkan Anemia
  • Menjaga Kesehatan Pernapasan
  • Melindungi dari Kerusakan Akibat Radiasi
  • Menjaga Kesehatan Tulang
  • Menjaga Kesehatan Mulut
  • Menurunkan Kolesterol
  • Mengobati Kecemasan
  • Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
  • Melawan Kanker
  • Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari
  • Menjaga Kesehatan Pencernaan
  • Meredakan Arthritis Rheumatoid

Cemilan yang Menggunakan Wijen Putih

Setelah mengetahui manfaat biji wijen putih  yang cukup banyak, beberapa pelaku usaha kuliner menggunakan tambahan biji wijen untuk topping penambah rasa ran meningkatkan tampilan warna dari produk yang akan mereka jual, berikut beberapa cemilan yang cukup terkenal untuk dalam pengaplikasian biji wijen putih , seperti:

1. Onde-Onde

onde-onde dengan biji wijen putih

Cemilan tradisional yang berasal dari Mojokerto, Jawa Timur ini memiliki tampilan bulat dengan warna keemasan dan bagian luarnya dilumuri oleh biji wijen putih. Onde-onde umumnya berisikan kacang hijau dengan cita rasa manis dan gurih yang terdapat pada biji wijen selain itu terdapat sensasi kenyal renyah saat digigit.

Selain harganya yang murah, cemilan tradisional ini cukup mudah didapatkan karena Anda dapat menemukannya di pinggir jalan kota-kota besar.

2. Roti Gambang

ku e gambang dengan biji wijen putih

Roti jadul yang satu ini memiliki nama lain seperti roti ganjel rel yang merupakan jajanan tradisional khas Betawi dan Semarang yang saat ini sudah mulai sulit ditemukan. Roti ini memiliki cita rasa manis dan biasanya disajikan pada pagi hari, karena teksturnya yang lebih keras, mengenyangkan, dan terkesan tidak habis-habis.

Proses pembuatannya hampir sama dengan membuat roti pada umumnya namun ditambahkan beberapa jenis rempah seperti kapulaga dan kayu manis dan tahap terakhir ditaburi oleh biji wijen putih diatasnya.

3. Kue Kacang Wijen

kue kecang Pisang goreng dengan biji wijen putih

Jenis kue yang satu ini biasanya selalu eksis dijual pada perayaan lebaran umat islam karena memiliki warna kuning keemasan yang cantik. Jenis kue kacang wijen ini biasanya memiliki beragam model dan bentuk dengan rasa yang manis dan gurih berasal dari kacang dan wijen. Kue kacang ini terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan, setelah itu ditambahkan topping wijen agar terlihat lebih cantik dalam penyajian.

4. Keciput

keciput dengan biji wijen putih

Makanan yang hampir mirip dengan onde-onde dengan taburan wijen yang lebih padat namun dengan bentuk yang lebih kecil dan tekstur yang lebih garing. Cemilan asal Lombok ini memiliki cita rasa manis gan gurih hampir sama dengan onde-onde, namun cemilan ini tidak memiliki isi kacang ijo tambahan di dalamnya sehingga cocok digunakan sebagai oleh oleh yang tidak mudah berubah cita rasanya.

5. Odading Wijen

odading dengan biji wijen putih

Secara penampilan odading memiliki bentuk yang hampir sama dengan roti gambang, akan tetapi odading biasanya merupakan adonan roti menggelembung berbentuk kotak yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Agar lebih bervariasi dan menambahkan cita rasa yang gurih, saat ini odading ditambah dengan taburan biji wijen putih, agar penampilannya sendiri lebih menarik.

Cemilan yang sudah ada dari jaman Belanda ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis dan mengenyangkan, hingga saat ini cukup banyak penjual yang masih menjalankan usaha odading.

6. Pisang Goreng Wijen

Pisang goreng dengan biji wijen putih

Menu pisang goreng merupakan cemilan favorit masyarakat Indonesia. Pisang goreng yang ditambah taburan biji wijen putih ini diadaptasi oleh jajanan khas Thailand yang merambah ke Indonesia. Tentu saja cita rasanya akan lebih unik dengan tekstur yang lebih garing karena terdapat campuran rasa manis dan gurih pada setiap gigitannya.

manfaat cabai merah

Baca juga: MESKIPUN PEDAS, INI MANFAAT CABAI MERAH UNTUK KESEHATAN

Distributor Biji Wijen Putih

pt. sumber roso agromakmur

Sebenarnya cukup banyak variasi cemilan yang ditambahkan oleh biji wijen seperti martabak, mochi atau jenis kue lainnya bahkan bukan saja cemilan makanan jepang seperti sushi ataupun adonan bun roti juga membutuhkan wijen.

Jika perusahaan Anda membutuhkan distributor biji wijen putih dengan harga murah dan kualitas yang sangat baik untuk keperluan produksi usaha kuliner, silakan hubungi PT Sumber Roso Agromakmur. Perusahaan ini merupakan distributor rempah-rempah, biji-bijian dari bahan makanan pertanian yang bertempat di indonesia. Bahkan  PT Sumber Roso Agromakmur juga telah mendistribusikan produknya ke berbagai provinsi dan negara di Asia Tenggara.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks