Makanan apapun rasanya kurang lengkap jika tidak pakai sambal. Namun apakah Anda pernah berpikir bahwa cabai merah itu bagus atau tidak untuk kesehatan? Manfaat cabai merah untuk kesehatan tentu saja sangat bagus ya selama tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Cabai merah tidak hanya bisa membuat makanan menjadi lebih nikmat saja, namun juga memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Tidak heran kalau jenis cabai ini banyak digunakan pada berbaga jenis makanan. Ada yang mengolahnya menjadi sambal maupun cabai bubuk untuk digunakan di lain waktu.

Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Ingin tahu manfaat cabai merah besar untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Informasi ini tentu saja menjadi kabar yang membahagiakan untuk Anda yang hobi makan pedas dan ingin menurunkan berat badan. Cabai merah tidak hanya bisa menggoyangkan lidah Anda saja, namun juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Cabai merah sendiri mengandung capsaicin yang ternyata bisa membantu mempercepat metabolisme dalam tubuh. Selain itu kandungan capsaicin ini juga bisa membantu tubuh dalam membakar kalori dengan lebih cepat. Kenapa demikian?

Ketika mengkonsumsi cabai merah, Anda akan merasakan suhu tubuh menjadi meningkat. Suhu tubuh yang meningkat bisa membuat detak jantung Anda menjadi lebih cepat..

Dari hasil penelitian, orang yang mengkonsumsi makanan pedas cenderung mempuyai berat badan yang ideal dan terjaga. Karena proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh mereka terjadi dengan lebih cepat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan capsaicin pada cabai merah diklaim bisa menjaga kesehatan jantung, salah satunya mencegah terjadinya pembekuan darah. Pembekuan darah ini bisa disebabkan oleh kolestrol jahat yang menyumbat pada pembuluh darah. Sehingga bisa membuat kesehatan jantung terganggu.

Kandungan capsaicin pada cabai merah juga sangat efektif dalam melawan inflamasi. Karena inilah yang menjadi penyebab terjadinya risiko penyakit jantung.

Baca juga: 6 Manfaat Biji Wijen Putih Untuk Kecantikan dan Kesehatan

3. Meningkatkan Fungsi Saluran Pencernaan

Cabai merah juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah yang terjadi di dlam perut. Bahkan membantu meningkatkan lapisan mukus. Sementara kandungan capsaicin juga bisa membunuh bakteri helicobacter pylori dengan lebih cepat.

Perlu Anda ketahui bahwa helicobacter pylori ini adalah jenis bakteri patogen yang menjadi penyebab terjadinya penyakit maag.

Namun bila kamu merasa panas setelah mengkonsumsi cabai merah, segerlah untuk mengkonsmsi tablet antasid. Tablet ini berfungsi untuk membantu menetralisir asam yang ada di lambung.

4. Meredakan Flu

Ketika sudah memasuki musim pancaroba, banyak orang yang mengalami flu. Salah satu cara untuk meredakan flu itu yaitu dengan mengkonsumsi makanan pedas yaitu cabai merah.

Seperti sudah kami singgung sebelumnya kalau kandungan capcaisin pada cabai merah bisa meningkatkan suhu tubuh. Akibatnya, proses keluarnya keringat dari tubuh kan lebih cepat dan gejala flu bisa segera hilang.

Mengkonsumsi makanan pedas juga bisa membuat jalannya pernafasan menjadi lebih terbuka. Ketika hidung Anda merasa tersumbat ketika sedang mengalami flu, mengkonsumsi makanan pedas termasuk opsi yang tepat selama dengan dosis yang tidak berlebihan.

5. Menjaga Mood

Untuku menjaga mood seseorang tidak hanya harus mengkonsumsi cokelat saja. Cabai merah juga memiliki manfaat yang sama dengan cokelat yaitu meninaktkan mood seseorang.

Banyak peneliti yang meyakini kalau cabai merah ini bisa meningkatkan level endorfin dan serotonin dalam tubuh. Kedua kandungan tersebut merupakan penyabab terjadinya rasa nyeri.

Dengan mengkonsumsi cabai merah, rasa nyeri yang Anda rasakan pda tubuh akan hiilang. Selain itu Anda juga akan merasa nyaman ketika sudah mengkonsumsi cbai merah. Karena kedua hormon tersebut juga diklaim bisa menekan ras stress dan depresi pada seseorang.

6. Meredakan Sakit

Capsaicin pada cabai merah termasuk senyawa yang terikat langsung dengan reseptor nyeri yaitu ujung saraf. Jika Anda sering mengkonsumsi cabai merah, maka sensitivitas reseptor nyeri akan berkurang.

Dengan mengkonsumsi cabai merah, rasa sakit pada tubuh yang Anda rasakan akan lebih cepat hilang.

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kecantikan Kulit Wanita

Supplier Cabai Merah Kering Terbaik

Salah satu Supplier yang menyediakan cabe pilihan berkualitas tinggi adalah Sumber Roso Agromakmur.  Supplier ini jual cabai merah kering berkualitas karena telah melalui proses pengawetan dan penyimpanan yang terjamin.

Jenis cabai merah yang tersedia di supplier ini bervariasi, ada yang kualitasnya lokal, import,cabe kering batang, dan tanpa batang.

Anda bisa melakukan pemesanan dalam bentuk grosir maupun eceran. Supplier ini juga melayani pembelian dan pengantaran dalam maupun antar provinsi. Proses pembelian dan informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website resminya yaitu sumberrosoagro.com.

Itulah beberapa manfaat cabai merah kering untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Capsaicin yang merupakan kandungan cabe merah mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat cabai untuk masakan juga sangat bagus.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks