Kerpet menurpakan dekorasi yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, sehingga peminatnya nya pun tidak pernah sepi. Jenis keset mie atau keset nomad memiliki bahan PVC anti air  yang tersusun rapi  sedemikian rupa, dengan membentuk pola yang tidak beraturan seperti gumpalan mie. 

Penggunaan keset mie sangatlah umum dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin anda lebih sering melihat jenis keset ini sebagai alas mobil, namun tahukah anda bahwa keset jenis ini juga dapat digunakan untuk dekorasi rumah seperti teras, garasi, lobby kantor, toilet umum khususnya pada bawah wastafel ataupun pintu masuk di tempat-tempat umum. 

Baca juga: 7 Jenis Karpet Untuk Kamar Tidur & Perkiraan Harganya

Keunggulan Keset Mie Pada Properti

Selain peletakan dan nilai fungsinya yang beragam, keunggulan yang dimiliki keset mie juga dapat menjadi pertimbangan untuk digunakan pada beberapa titik lokasi properti anda. Terdapat beberapa keunggulan yang membuat keset mie polos lebih banyak digunakan konsumen dibanding jenis keset lain, seperti:

1. Nyaman Digunakan

Keset ini memiliki ketebalan yang berbeda-beda, sehingga konsumen dapat memilih tekstur kepadatan keset sesuai kebutuhannya. Semakin tebal keset, maka akan semakin nyaman den memberikan cengkraman yang kuat pada alas kaki anda. Tekstur keset mie polos juga dibuat lebih elastis dan fleksibel pada bagian permukaan sehingga keset tidak licin dan mudah bergeser ke tempat lain.

2. Perawatan Mudah

Teknik membersihkan keset sangat mudah, karena tidak membutuhkan peralatan khusus dan orang yang profesional. Belum lagi keset ini anti air sehingga jika keset basah proses pengeringan tidak membutuhkan waktu yang lama, kamu cukup mengibaskan dan menjemurnya dalam beberapa waktu.

keset mie juga harus sering dibersihkan, karena jenisnya yang sangat menyerap debu dan kotoran akan menimbulkan penumpukan pada sela-sela keset.

3. Design Yang Elegan

Keset mie memiliki desain yang elegan dengan tekstur bahannya yang empuk saat diinjakkan sehingga keset terasa seperti bantalan yang nyaman.  Bahannya yang mengandung PVC juga membuat tekstur keset terlihat lebih mengkilap saat diletakkan diluar ruangan.

Selain itu keset mie memiliki variasi warna yang beragam seperti merah, hitam, hijau dan biru. Umumnya penggunaan pada pintu masuk rumah maupun area perkantoran membuatnya lebih elegan dan meningkatkan atmosfir profesional.

4. Penyaring Debu Dan Air Yang Efektif

Penggunaan keset mie polos sangat efektif untuk menyaring debu, air dan kotoran seperti pasir yang terbawa oleh alas kaki. Hal ini terbukti dengan banyaknya penjual keset mie di berbagai toko yang menawarkan harga bersaing.

Bentuknya yang seperti jalinan mie dan tebal berongga dapat menahan debu, kerikil dan kotoran agar tetap di dalam celah keset sehingga kotoran tidak bergerak dan terkumpul dengan rapih.

5. Bentuk Yang Bervariasi

Kesetmie memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi, umumnya model yang digunakan berbentuk persegi panjang. Namun tidak jarang konsumen menginginkan bentuk lain sesuai keinginannya seperti bulat ataupun mengikuti kebutuhan denah lantai.

Beberapa toko menjual keset ini dengan satuan meteran dengan alat pemotong khusus, sehingga memudahkan anda untuk memesannya sesuai kebutuhan. 

6. Dibuat Dari Bahan Pilihan

Keset mie sendiri terbuat dari bahan PVC anti air yang berkualitas tinggi, sehingga keset tidak mudah lembab, bau dan berjamur. Biasanya keset yang mudah rusak dan bau diakibatkan oleh penyerapan air pada keset yang tidak maksimal sehingga keset menjadi lebab dan lapuk.

Pada beberapa jenis keset mie telah dilengkapi dengan teknologi modern untuk menunjang kegunaannya menghilangkan  bau tidak sedap dan mencegah tumbuhnya bakteri di dalam keset

7. Tahan Lama

Tidak seperti kesetatau keset kain maupun serabut yang mudah rusak dan lapuk. Keset mie yang terbuat dari bahan PVC kuat dan aman digunakan, karena pada umumnya saat diinjakkan bahan ini tahan terhadap berbagai cuaca panas dan hujan. Tentunya agar keset dapat bertahan lama, anda perlu rutin dalam proses membersihkannya, jangan ditunda hingga keset terlihat kusam.

Cara Perawatan Karpet Mie
Sumber: Freepik

Cara Perawatan Keset Mie

Setelah mengetahui keunggulannya, tentu agar keset mie dapat bertahan lama anda perlu merawatnya agar tidak terlalu banyak penumpukan debu dan kotoran. Pada dasarnya keset mie tidak membutuhkan perawatan khusus dan alat khusus, sehingga perawatannya pun mudah dilakukan

Berikut beberapa alternatif perawatan yang efektif dilakukan untuk membersihkan keset mie:

  1. Menggunakan Vakum

Jika anda memiliki vacuum cleaner maka pembersihan debu dan kotoran yang tersangkut pada serat-serat keset akan jauh lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan vakum dapat menyedot debu dan pasir keluar dengan kekuatan penuh. Namun penggunaan vakum tidak disarankan pada debu atau kotoran yang sifatnya basah, karena hal ini tidak akan  efektif untuk membersihkan keset.

  1. Dikibaskan

Metode ini cukup mudah dilakukan, karena tidak menggunakan peralatan. Anda hanya perlu mengibaskan keset dan menepuknya bolak balik secara perlahan untuk menghilangkan debu dan pasir yang menempel pada serat keset Cara ini efektif dan dapat anda lakukan setiap harinya.

  1. Disemprot Dengan air

Teknik ini sangat cocok digunakan pada debu dan kototan dengan tekstur basah ataupun lembab. Anda dapat menyemprotkan air sambil menggosok area keset menggunakan selang pada sela-sela keset agar kotorannya terangkat. Namun untuk melakukan teknik perlu hati-hati karena jika semprotan terlalu keras akan berakibat merusak serat keset.

 

Itulah beberapa keunggulan dan cara perawatan dari keset mie untuk perlengkapan rumah maupun kantor anda. Apakah anda mulai tertarik untuk menggunakan keset jenis ini sebagai penambah dekorasi ruangan?

Jangan khawatir dengan masalah harga dan kualitas, karena Raja Karpet Indonesia dapat memenuhi kebutuhan anda.


Author

%d bloggers like this: