Indonetwork, Peluang Usaha – Ikan gurame menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Hal tersebut karena ikan gurame memiliki perminataan yang tinggi di pasar makanan laut. Untuk itu bagi Anda yang berminat memulai peternakan ikan gurame, maka ketahui terlebih dahulu cara budidaya bibit ikan gurame dan langkah-langkahnya. Simak berikut ini ulasannya.

Cara Budidaya Bibit Ikan Gurame

Untuk budidaya bibit ikan gurame, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Pemilihan Bibit

Pilih bibit ikan gurame yang sehat dan memiliki pertumbuhan yang baik. Selain itu pastikan bibit memiliki ukuran yang seragam agar pertumbuhannya merata.

Persiapan Kolam Pembesaran

Siapkan kolam yang cukup luas dan memiliki kedalaman minimal 1,5-2 meter. Pastikan kolam memiliki sistem sirkulasi air yang baik. Bersihkan kolam dari kotoran dan benda-benda yang tidak diinginkan.

Kondisi Air

Pastikan kualitas air dalam kolam baik. Usahaak memonitor pH air, suhu, dan kadar oksigen terlarut. Idealnya, pH air berkisar antara 6,5-8, suhu antara 25-30 derajat Celsius, dan kadar oksigen minimal 5 ppm. Jika perlu, lakukan pengolahan air dengan filtrasi atau penambahan bahan kimia yang aman untuk ikan.

Pemberian Pakan

Berikan pakan yang berkualitas baik dan kaya nutrisi untuk mendukung pertumbuhan ikan gurame. Pemberian pakan dapat dilakukan secara berkala, 2-3 kali sehari, dengan jumlah yang cukup untuk dikonsumsi dalam waktu singkat. Variasikan jenis pakan antara pakan alami (cacing, jangkrik) dan pakan buatan (pellet).

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pantau kesehatan ikan secara berkala. Jika terdapat tanda-tanda penyakit, segera lakukan langkah-langkah pengobatan yang sesuai. Lindungi kolam dari serangan hama dan predator dengan menggunakan jaring atau sistem pengaman lainnya.

Pemeliharaan Rutin

Bersihkan kolam secara teratur dari kotoran dan sisa pakan yang tidak terkonsumsi. Periksa kualitas air secara berkala dan lakukan perbaikan jika diperlukan. Pantau pertumbuhan ikan gurame secara berkala untuk memastikan kesehatannya.

Baca Juga: PROSPEKNYA CERAH, BEGINI CARA BUDIDAYA JAMUR TIRAM YANG BENAR

Tips Budidaya Ikan Gurame

cara budidaya ikan gurame
Sumber: WorkAmerica

Sebelum memutuskan budidaya ikan gurame, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba sebelum budidaya ikan gurame.

Pemilihan Varietas Gurame

Ada beberapa varietas gurame yang dapat dipilih, seperti gurame jawa, gurame patin, atau gurame merah. Pilih varietas yang sesuai dengan pasar dan kondisi budidaya Anda.

Pengaturan Suhu dan Kualitas Air

Suhu yang ideal untuk budidaya ikan gurame berkisar antara 25-30 derajat Celsius. Jaga kualitas air dengan memonitor pH, suhu, kadar oksigen terlarut, amonia, dan nitrit secara rutin. Pastikan semua parameter air dalam rentang yang aman untuk ikan gurame.

Pemberian Pakan yang Tepat

Berikan pakan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, seperti pelet ikan berkualitas atau pakan alami seperti cacing, jangkrik, atau daun kangkung. Selain itu sesuaikan jumlah pakan dengan kebutuhan ikan gurame dan lingkungan budidaya. Jaga agar tidak ada sisa pakan yang terlalu banyak di kolam.

Pemantauan Kesehatan Ikan

Periksa secara rutin kesehatan ikan gurame. Amati tanda-tanda penyakit seperti perubahan warna, luka, atau perilaku yang aneh. Apabila ada tanda-tanda penyakit, konsultasikan dengan ahli perikanan atau dokter hewan spesialis perikanan untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Manajemen Penebaran dan Pemeliharaan Kolam

Penebaran bibit gurame harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah cedera dan stres pada ikan.
Bersihkan secara teratur kolam dari sisa pakan, kotoran ikan, dan tanaman air yang mati. Hal ini akan membantu menjaga kualitas air dan mencegah pertumbuhan alga yang berlebihan.

Pengendalian Hama dan Predator

Lindungi kolam dari serangan hama seperti lintah atau nyamuk dengan menggunakan jaring atau metode pengendalian organik yang aman. Pertimbangkan juga pemasangan sistem perlindungan dari predator seperti burung atau reptil yang dapat merusak atau memakan ikan gurame.

Pemasaran dan Penjualan

Perencanaan pemasaran sejak awal penting. Cari tahu kebutuhan pasar lokal, hubungi pedagang ikan, restoran, atau supermarket untuk menjual hasil budidaya Anda.

Bangun jaringan dengan pembeli potensial dan promosikan produk Anda secara efektif

Pastikan Anda terus belajar dan memperbarui pengetahuan tentang budidaya ikan gurame melalui membaca literatur terkait, mengikuti pelatihan, dan berinteraksi dengan peternak ikan gurame yang berpengalaman.

Baca Juga: 3 CARA MENGGUNAKAN PLASTIK WRAP UNTUK MENYIMPAN MAKANAN

Jenis Ikan Gurame yang Cocok Dibudidaya

cara budidaya ikan gurame
Sumber: Wikipedia

Ada beberapa jenis ikan gurame yang umumnya dibudidayakan. Berikut adalah beberapa jenis ikan gurame yang sering digunakan dalam budidaya:

Gurame Jawa (Osphronemus gouramy)

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang besar dengan warna keabu-abuan atau kecoklatan. Gurame jawa memiliki pertumbuhan yang cepat dan toleran terhadap berbagai kondisi lingkungan.

Patin (Trichopodus trichopterus)

Gurame patin memiliki tubuh yang sedikit lebih ramping dibandingkan dengan gurame Jawa. Warna tubuhnya cenderung keperakan atau kebiruan dengan bercak-bercak hitam. Ikan ini juga memiliki pertumbuhan yang cepat dan toleransi yang baik terhadap berbagai kondisi budidaya.

Ikan Gurame Merah (Osphronemus goramy)

Gurame  merah memiliki tubuh yang berwarna merah kecoklatan. Ikan ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Gurame merah membutuhkan perawatan dan manajemen kolam yang lebih baik dibandingkan dengan jenis gurame lainnya.

Selain ketiga jenis di atas, terdapat juga variasi lain dari jenis gurame yang dapat dibudidayakan, seperti gurame albino, gurame koi, dan gurame emas. Pilihan jenis gurame yang akan Anda budidayakan tergantung pada preferensi Anda dan kondisi budidaya yang ada di wilayah Anda.

Itulah cara budidaya bibit ikan gurame dan langkah-langkahnya. Sebelum memutuskan budidaya bibit ikan gurame sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan riset mengenai budidaya, peluang, serta keuntungan dalam bisnis bibit ikan gurame.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih


Author

%d bloggers like this: