Indonetwork, BudidayaMadu menjadi bahan pangan yang banyak disukai dan dikonsumsi oleh banyak orang. Selain karena memiliki banyak manfaat, madu juga memiliki rasa yang manis sehingga tidak heran banyak yang menyukai nya. Namun, ada juga madu yang memiliki rasa asam seperti madu klanceng.

Madu klanceng yang memiliki rasa asam sedikit pahit. Tetapi, madu klanceng juga menjadi jenis madu yang cukup banyak peminatnya karena memiliki banyak manfaat. Maka dari itu, harga madu klanceng jauh lebih mahal dibandingkan dengan madu biasa.

Namun ternyata, banyak beredar madu palsu di pasaran. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana membedakan madu klanceng asli dengan madu klanceng palsu? Berikut informasinya untuk Anda!

Madu Klanceng Palsu

madu klanceng
Sumber: Unsplash

Karena harganya yang cukup mahal, maka tidak heran banyak oknum nakal yang memanfaatkan hal tersebut dengan cara membuat madu klanceng palsu. 

Madu palsu biasanya akan dicampurkan dengan bahan lain seperti glukosa, dekstrosa, molasses, sirup gula, invert sugar, syrup jagung, pati, tepung, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk mengambil untung lebih. 

Namun dengan kandungan seperti yang sudah disebutkan, madu sudah tidak untuk menyehatkan dan justru akan membuat Anda sakit dengan banyaknya kandungan gula tambahan. 

Maka dari itu, mengetahui cara membedakan madu palsu dengan asli cukup penting agar nantinya Anda tidak rugi.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Perbedaan Madu Klanceng dan Madu Murni

Ciri-Ciri Madu klanceng Asli Dan Palsu

madu asli dan palsu
Sumber: Unsplash

Membedakan madu klanceng asli dengan yang palsu memang tidaklah mudah. Namun, jika Anda sudah mengetahui caranya akan terasa mudah membedakan. Perbedaan madu asli dengan palsu dapat Anda lihat melalui ciri-ciri sebagai berikut. 

1. Madu Klanceng Asli Memiliki Tekstur Encer 

Berbeda dengan madu murni biasa, madu klanceng memiliki tekstur yang lebih encer. 

Madu klanceng dibudidayakan dari lebah Trigona sp. memiliki sifat yang lebih encer karena memiliki kandungan air sebesar 30-35% dan asam dengan pH 3,05-4,55. Dibandingkan dengan madu pada umumnya, hal ini sudah dipastikan jika madu klanceng tersebut encer, maka bisa menjadi pertanda jika madu tersebut asli. 

2. Madu Klanceng Asli Disukai Semut

Madu klanceng merupakan kesukaan banyak orang. bahkan hewan juga menyukai madu jenis ini. Salah satunya adalah semut. Oleh karena itu, lebah klanceng secara alami akan membentengi markas atau sarangnya dengan getah-getah agar semut tidak bisa masuk.

Hal ini juga bisa dilihat sebagai parameter keaslian madu tersebut. Jika madu klanceng yang Anda beli banyak dikelilingi oleh semut saat dalam keadaan terbuka, maka madu tersebut bisa dipastikan asli.

3. Madu Klanceng Asli Memiliki Warna Kecoklatan dan Rasa Berbeda

Madu klanceng memiliki warna yang berbeda-beda, tergantung dengan vegetasi. Begitu pula dengan rasanya, rasa madu klanceng berbeda beda tergantung dengan vegetasi biasanya rasa madu klanceng. Ada yang pahit karena mungkin mengambil dari nektar-nektar bunga yang pahit. Namun tidak semua pahit, ada yang manis atau asam.

Sebelum membelinya, ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada penjual tentang rasa madu yang inginkan.

4. Ciri-Ciri Madu Klanceng Asli

Madu klanceng asli tentu saja memiliki beberapa ciri khas seperti tidak lengket, memiliki tekstur yang cukup cair, mengalir dengan cepat, tidak mudah larut dalam air, rasa madu asli tidak tertinggal di lidah, madu asli memiliki aroma seperti wangi bunga atau rerumputan.

Baca Juga: Prospeknya Cerah, Begini Cara Budidaya Jamur Tiram yang Benar

Cara Membedakan Madu Klanceng Asli dan Palsu

madu klanceng asli dan palsu
Sumber: Unsplash

Selain dengan mengetahui ciri-ciri membedakan madu asli dengan palsu, Anda pun dapat melakukan beberapa cara berikut.

1. Merebus Madu

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara merebus madu. Caranya juga tidaklah sulit. Anda hanya perlu menuangkan madu di atas sendok. Kemudian, Anda bisa menggunakan lilin untuk merebus madu kemudian panaskan madu. 

Apabila madu mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir tumpah dari sendok, bisa disimpulkan bahwa madu tersebut asli atau murni. Namun, sebaliknya jika madu hanya mengeluarkan busa sedikit, maka madu palsu atau sudah dicampur dengan bahan lain. 

2. Meletakkannya di Freezer

Selanjutnya adalah dengan cara membekukan madu dengan memasukkannya ke dalam freezer selama beberapa waktu. Madu asli tidak akan membeku jika diletakkan di freezer, sebaliknya pula jika madu membeku, maka madu tersebut palsu.  

3. Memasukkan Tetesan Madu Ke Dalam Air

Anda dapat mencobanya dengan cara memasukkan tetesan madu ke dalam air. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu masukkan satu sendok tetesan madu ke dalam air.

Jika tetesan madu tersebut tidak tercampur dengan air dan jatuh ke dasar air, maka madu tersebut asli. Sedangkan, jika tetesan madu  tercampur atau bahkan terapung dalam air, maka madu tersebut palsu atau sudah ada bahan campurannya.

4. Menggunakan Korek Api

Anda bisa menggunakan korek untuk membedakan madu asli dengan palsu. Caranya, Anda hanya perlu melumuri korek api dengan madu kemudian nyalakan korek api. 

Apabila korek api masih menyala setelah dilumuri madu, maka madu tersebut asli. Sedangkan, jika korek api menyala setelah dilumuri madu maka madu tersebut palsu. 

5. Menggunakan Kertas

Cara terakhir, Anda dapat menggunakan media kertas sebagai alas. Menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kertas, kemudian teteskan atau tuangkan madu ke atas kertas. 

Perhatikan jika kertas tidak mudah robek, maka madu itu benar-benar murni atau asli. Namun sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka madu itu palsu. 

Baca Juga: 5 Khasiat Bunga Rosella Kering dan Resepnya

Rekomendasi Madu Klanceng Asli

Demikian informasi mengenai cara membedakan madu klanceng asli dan palsu, semoga dapat membantu Anda. Jika Anda sedang mencari jenis-jenis madu asli dengan kualitas terjamin, Anda bisa menemukannya di Rimba Raya Bee Farm.

Rimba Raya Bee Farm merupakan Peternakan Tawon yang Memproduksi Madu beserta Produk-Produk Olahannya dengan Kualitas Tinggi dan Menyehatkan. Rimba Raya Bee Farm Peternakan Lebah yang Mengembangkan 3 Jenis lebih Madu yaitu :

  • Apis Trigona
  • Apis Mellifera
  • Apis Indica / Apis Cerana

Penulis: Adelia
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks