Indonetwork, Minuman – Bunga rosella berasal dari Benua Afrika yang dapat tumbuh dengan baik di negara musim tropis atau subtropis. Bunga merah cantik ini sudah tidak asing lagi untuk Anda penikmat minuman herbal, karena memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh. Pada artikel ini akan dibahas mengenai khasiat bunga rosella kering yang mungkin baru Anda ketahui.

Populernya bunga rosella karena manfaat baiknya membuat bunga ini juga hadir dalam versi yang sudah dikeringkan. Dengan adanya kemasan atau produksi bunga rosella kering di Indonesia, begitu mempermudah Anda untuk mengonsumsi dan menikmati teh bunga rosella bersama sanak saudara ataupun rekan kerja di sela kegiatan sibuk yang sedang Anda jalani.

Dan salah satu manfaat dari bunga rosella ini tidak lain dapat mencegah penyakit kanker pada tubuh, lho. Langsung saja ketahui nutrisi dan khasiat bunga rosella kering untuk tubuh.

Nutrisi Bunga rosella

Khasiat Bunga Rosella Kering
Sumber: Freepik.com/Stockking

Dikutip dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Jawa Tengah, selain memiliki banyak kandungan vitamin C bila dibandingkan dengan 3 buah anggur hitam atau 9 kali lebih banyak dari sebuah jeruk, kandungan nutrisi lainnya yang dimiliki oleh satu kelopak bunga rosella kering antara lain:

  • Kandungan protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 10,2 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Tiamin: 0,05 miligram (mg)
  • Riboflavin: 0,07 mg
  • Niacin: 0,06 mg
  • Vitamin C: 17 mg
  • Kalsium: 150 mg
  • Zat besi: 3 mg

Baca Juga: 9 Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Teh Selain Melati, Sudah Tahu?

Khasiat Bunga Rosella Kering untuk Kesehatan

khasiat bunga rosella kering
Sumber: Freepik

Berikut ini terangkum beberapa khasiat luar biasa dari bunga rosella kering, di antaranya:

Mencegah dan Melawan Penyebaran Bakteri

Bakteri di dalam tubuh yang dapat menyebabkan diare hingga penyakit seperti tipes dapat Anda minimalisir dengan mengonsumsi bunga rosella. Pada tiap kelopaknya memiliki kandungan polifenol yang begitu bermanfaat untuk menjadi antibakteri dan mengendalikan pertumbuhan terhadap bakteri-bakteri jahat yang ada pada tubuh Anda.

Menjaga Kesehatan Liver

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada bunga rosella mampu menangkal radikal bebas dan menetralkan racun maupun bakteri yang terdapat pada jaringan dan sel-sel dalam tubuh. Sehingga membuat kinerja liver menjadi lancar dan lebih ringan karena racun terbuang oleh antioksidan tersebut.

Bantu Cegah Diabetes

Kandungan polisakarda serta antosianin pada rosella dapat menurunkan kadar glukosa pada darah manusia. Sehingga mampu menghambat penyerapan asam lemak jenuh dan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh. Dan akhirnya kadar gula darah tetap dalam keadaan stabil bila mengonsumsi rosella kering sesuai dengan takaran dan kebutuhan.

Cegah Penyakit Kanker

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda, manfaat bunga rosella untuk kesehatan juga mampu mencegah risiko alami penyakit kanker karena banyaknya kandungan kimia alami seperti peptin, flavonoid, dan polifenol yang kaya akan antioksidan di dalam tiap kelopak bunga rosella. Sehingga bunga ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker pada daerah sekitar mulut, prostat, perut dan sebagainya.

Memperkuat Kesehatan Gigi dan Gusi

Bunga merah ini juga mengandung begitu banyak kalsium serta vitamin C yang dapat membantu dan memperkuat kesehatan gigi dan gusi. Ekstrak kandungan yang dimiliki rosella juga mampu melawan bakteri Streptococcus sanguis di dalam mulut sehingga mencegah perkembangan salah satu bakteri plak gigi dan sakit pada radang gusi. 

Baca Juga: Mengenal Madu Klanceng Beserta Khasiatnya

Cara mengonsumsi bunga rosella kering yang Tepat

khasiat bunga rosella kering
Sumber: freepik

Olahan bunga rosella kering sangat sedap untuk dinikmati. Selain memiliki banyak khasiat, olahan bunga rosella kering juga mudah ditemukan di pasaran. Berikut ini langkah-langkah dalam menyeduh atau mengonsumsi teh herbal bunga rosella antara lain:

1. Menyiapkan Bunga Rosella Kering Secukupnya

Meskipun telah dapat Anda jumpai di pasaran, bunga rosella kering dapat Anda siapkan dengan cara mengeringkan bunga pada oven dengan suhu 70 derajat Celsius. Selain itu, Anda juga dapat menjemurnya dengan kurun waktu selama kurang lebih 3 hari.

2. Mengolah Bunga Rosella Kering

Setelah bunga rosella kering, Anda dapat mengupas kelopaknya terlebih dahulu kemudian dapat Anda hancurkan dengan potong-potong bagian kecil menggunakan roller kayu.

3. Menyeduh dan Menikmati Teh Bunga Rosella

Ambil dan gunakanlah sekitar 2 gram rosella kering lalu kemudian Anda dapat menggunakan penyaring teh atau kantung teh dan kemudian menyeduhnya pada air panas. Anda juga dapat menambahkan pemanis makanan sesuai selera, seperti madu dan lain sebagainya.

3 Resep Teh Bunga Rosella yang Segar

khasiat bunga rosella kering
Sumber: KamranAydinov/Freepik

Teh Rosella Jeruk Nipis

Bahan-bahan:

  • 2 bunga rosella kering
  • 1/2 sdm perasan jeruk nipis
  • Gula batu secukupnya
  • Air panas 200 cc

Cara membuat:

Langkah awalnya Anda dapat memasukkan bunga rosella kering ke dalam sebuah gelas dan beri 1/2 perasan jeruk nipis. Kemudian, masukanlah air panas dan gula batu secukupnya. Teh rosella jeruk nipis sudah siap dihidangkan.

Teh Rosella Lemon Serai

Bahan-bahan:

  • 3 buah bunga rosella kering
  • 3 gram jahe merah segar
  • 1 buah serai segar
  • 1 potong buah lemon
  • Air panas 250 mL

Cara membuat:

Anda dapat menyiapkan bahan-bahan di atas dan mencuci seluruh bahan dengan bersih. Dan apabila bahan tersebut sudah mengering, Anda dapat memulai dengan memotong atau menggeprek jahe serta serai kemudian di masak pada air hingga mendidih.

Kemudian letakkan bunga kering rosella dan potongan buah lemon pada gelas lalu penuhi gelas tersebut dengan air rebusan jahe serai tadi. Anda dapat menambahkan pemanis alami seperti madu untuk hasil yang maksimal.

Teh Kopi Susu Rosella

Bahan-bahan:

  • 1 kantong seduh bunga rosella kering
  • 1 saset susu kental manis
  • 1 sdt kopi hitam atau kopi jenis lain sesuai selera

Cara membuat:

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan semua bahan diatas dan tambahkan air panas ke dalam gelas sesuai selera. Aduk semua bahan tersebut secara bersamaan, dan teh kopi susu ala bunga rosella siap disajikan.

Baca Juga: Cara Memilih dan Menyimpan Madu Murni yang Baik

Begitu banyak khasiat bunga rosella kering yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya dengan tepat. Untuk mengetahui takaran sesuai kondisi kesehatan dan tubuh Anda, tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Sekarang tak perlu repot mencari teh rosella kering yang halal dan aman, terutama jika Anda berada di wilayah Surabaya. Anda bisa mendapatkan teh bunga rosella dari Pusat Bahan Herbal Surabaya sebagai supplier teh bunga rosella kering. Mereka juga merupakan supplier teh bunga telang, daun herbal sambiloto, hingga kayu secang grade A.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks