Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Apakah Anda pernah merasa malas untuk membersihkan kulkas? Apalagi kalau bunga es di area freezer box sudah menumpuk dan harus lama untuk membersihkannya. Namun Anda tidak perlu khawatir kalau sudah tahu cara membersihkan bunga es freezer box.

Sekarang telah banyak perusahaan yang jual freezer box restoran, namun banyak penggunanya yang malas untuk membersihkan bunga es. Jika tidak dibersihkan dengan segera, maka akan memenuhi freezer box. Hal ini juga akan berdampak pada kedinginan kulkas yang Anda pakai.

Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membersihkan bunga es di freezer. Jadi proses membersihkan freezer box itu tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Cara Membersihkan Bunga Es Freezer Box

Lalu seperti apa cara membersihkan bunga es freezer supaya tidak menumpuk? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Sesuai Dengan Rekomendasi Pabrik

Membersihkan freezer box sebaiknya dilakukan dengan mengikuti rekomendasi dari pabrik freezer box yang Anda gunakan. Karena setiap modal freezer atau kulkas memiliki panduannya masing-masing untuk membersihkannya.

Anda dapat mempelajarinya di buku panduan yang pasti ada di box ketika pembelian. Namun jika Anda membelinya dalam kondisi bekas biasanya tidak akan ada.

Baca juga: 7 Keunggulan Peralatan Dapur Dari Stainless Steel

2. Bersihkan Bunga Es Secara Rutin

Apapun merk freezer box yang Anda gunakan, sebaiknya cairkan bunga es setahun sekali. Atau bersihkan bunga es tersebut ketika lapisan es menjadi lebih dari seperempat inci.

3. Cabut Kabel Freezer

Cabut Kabel Sebelum mulai Membersihkan
Sumber: hipoin.com

Sebelum mencairkan bunga es di freezer box, pastikan untuk mencabut kabelnya terlebih dahulu. Ini merupakan tindakan pencegahan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal ini perlu Anda lakukan supaya Anda bisa lebih aman ketika membersihkan freezer box.

4. Singkirkan Semua Makanan

Refrigerator
Sumber: wikihow.com

Kemudian pastikan bahwa semua makanan yang ada di area freezer disingkirkan terlebih dahulu. Kemudian lindungi lantai dengan handuk atau shower plastik yang besar.

Anda juga dapat memakai kain lap atau handuk mandu di bagian bawah freezer. Fungsinya yaitu untuk membantu menyerap kelembaban di sekitar freezer.

Baca juga: Cara Menata Dapur dan Meja Makan Supaya Terasa Lebih Luas

5. Gunakan Pengering Rambut

Can You Use a Hairdryer to Defrost a Freezer? | Freeze It
Sumber: freezeit.co.uk

Supaya lebih aman, Anda bisa memakai pengering rambut portable untuk mencairkan bunga es di dalam freezer box. Namun pastikan Anda berdiri di tempat yang terbebas dari genangan air dan jauhkan dari kabel serta pengering dari air atau es.

Fokusan alat pengering rambut ini pada satu area saja untuk memastikan bahwa pengering tidak terlalu panas.

6. Pakai Kipas Angin

Membersihkan Kembang Es dengan Kipas Angin
Sumber: sajiansedap.grid.id

Kipas angin dapat membantu Anda untuk mengalirkan udara hangat ke dalam freezer. Namun metode yang satu ini sangat cocok digunakan jika udara di rumah Anda cukup hangat.

Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan kipas angin di depan freezer dengan membuka pintu kulkasnya. Aliran udara dari kipas angin ini dapat membantu es lebih cepat mencair.

7. Simpan Mangkuk Berisi Air Panas di Kulkas

Metode tradisional yang satu ini masih cukup ampuh untuk mempercepat mencairkan es di dalam freezer. Anda cukup simpan panci yang berisi air pana di dalam kulkas kemudian menutupnya.

Freezer yang tertutup dengan baik, uap dari aliran air panas ini akan membantu melonggarkan es dengan lebih alami. SEtelah itu Anda bisa menyekanya dengan lap sekitar 30 menit selanjutnya.

Baca juga: Cara Menata Peralatan Dapur Supaya Terlihat Lebih Rapi & Nyaman

Itulah beberapa cara membersihkan bunga es freezer box yang dapat Anda lakukan. Lakukan membersihkan bunga es freezer box ini dengan rutin supaya tidak terjadi penumpukan.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks