Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Apakah Anda malas memasak ketika peralatan yang ada di dalam dapur tidak tertata rapi? Kebanyakan ibu-ibu termasuk Anda pasti akan malas memasak jika kondisi di dalam dapur berantakan. Oleh sebab itu Anda perlu tahu cara menata peralatan dapur dengan baik dan benar.

Menyimpan peralatan dapur dengan jumlah yang banyak bisa menimbulkan masalah. Salah satunya adalah ruangan di dapur akan menjadi lebih sempit. Selain itu juga dapat mengganggu estetika jika perlengkapan dapur itu tidak ditata dengan rapi.

Tidak hanya itu, perlengkapan dapur yang berantakan juga dapat membuat Anda kesulitan untuk mencari barang yang akan digunakan. Supaya terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya Anda perlu menata peralatan tersebut sebaik mungkin.

Cara Menata Peralatan Dapur

9 Tips Menata Peralatan di Dapur Mini. Jadi Nyaman & Lapang!

Lalu seperti apa cara menata peralatan dapur supaya lebih rapi? Simak rangkuman kami berikut ini.

1. Kelompokan Sesuai Dengan Jenis dan Ukuran

11 Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set
Sumber : www.hipwee.com

Supaya tidak kesulitan, Anda bisa mengelompokan peralatan dapur itu sesuai dengan jenis dan ukurannya.

Misalnya wajan itu terdapat beberapa ukuran, kemudian Anda tempatkan semua wajan tersebut di dalam satu kelompok. Kemudian gelas dan cangkir disatukan saja menjadi kelompok.

Dengan mengelompokan peralatan dapur sesuai jenis dan ukurannya akan mempermudah Anda dalam mengambilnya. Selain itu akan membuat situasi di dalam dapur menjadi lebih rapi.

7 Keunggulan Peralatan Dapur Dari Stainles

Baca juga: 7 KEUNGGULAN PERALATAN DAPUR DARI STAINLESS STEEL

2. Peralatan Kecil Simpan Di Dalam Box

Tips Mudah Menata Peralatan Dapur Rumah Minimalis – Depo Bagoes Bangunan
Sumber : depobagoesbangunan.com

Untuk peralatan dapur yang berukuran kecil dan mudah terselip sebaiknya disimpan saja di dalam box. Misalnya adalah sendok, garpu, dan pisau yang dapat Anda simpan di dalam box secara bersamaan.

Menyimpan peralatan dapur yang ukurannya kecil bisa mempermudah Anda ketika mencarinya. Selain itu peralatan dapur tersebut juga akan terlindungi dari debu dan kotoran.

3. Simpan Bumbu di Rak Khusus dan Beri Label

5 Cara Menata Peralatan Dapur Yang Rapi & Teratur - BangIzalToy.Com
Sumber : www.bangizaltoy.com

Apakah Anda pernah tidak bisa membedakan antara garam dan gula pasir ketika sedang memasak? Padahal makanan yang seharusnya enak menjadi sebaliknya.

Sebaiknya simpan bumbu masak di rak khusus untuk bumbu. Kemudian bumbu tersebut dimasukkan ke dalam wadah dan beri label. Misalnya wadah untuk garam diberi label gara, kemudian wadah gula pasir diberi label gula pasir. Dengan memasang label, kecerobohan seperti di atas bisa diatasi dengan mudah.

cara menata dapur dan meja makan

Baca juga: Cara Menata Dapur dan Meja Makan Supaya Lebih Rapi

4. Memanfaatkan Ruang yang Kosong

4 Tips Memanfaatkan Ruang Kosong di atas Kabinet Dapur
Sumber : www.pembantu.com

Anda juga bisa memanfaatkan ruang besar jika memang ada. Ruangan ini bisa Anda pakai untuk menyimpan peralatan dapur yang ukurannya besar. Misalnya di bawah meja kompor yang biasanya akan kosong. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong tersebut untuk menyimpan perabotan dapur.

Setiap ada ruang kosong dan luas, sebaiknya manfaatkan untuk menyimpan perabotan rumah atau dapur. Sehingga bisa tertata dengan lebih rapi.

5. Pisahkan Tempat Sampah Kering dan Basah

5 Cara Mengelola Sampah di Dalam Rumah
Sumber : www.suara.com

Jangan lupa juga untuk menata sampah yang ada di dapur, salah satu memisahkan tempat sampah kering dan basah. Tempat sampah kering bisa dipakai untuk bungkus mie instan, kantong kresek, atau pembungkus makanan.

Sementara untuk tempat sampah basah dipakai untuk membuang sisa makanan atau bahan-bahan memasak yang tidak dipakai. Biasanya sampai basah akan membuat suasana di dapur menjadi tidak lebih baik seperti bau. Oleh sebab itu sebaiknya sampah ini secepatnya di buang.

cara membersihkan bunga es freezer box

Baca juga: Cara Membersihkan Bunga Es Freezer Box

Itulah beberapa cara menata peralatan dapur yang dapat Anda coba supaya ruangan dapur menjadi lebih rapi. Jika Anda ingin mendapatkan berbagai perabotan dapur yang lengkap dan harga terjangkau, Anda bisa membelinya di distributor peralatan dapur stainless Bersama Maju Selaras.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks