Indonetwork, Peluang UsahaParfum walet merupakan aroma pemikat walet yang banyak digunakan oleh para peternak untuk memikat burung-burung walet. Selain terbukti ampuh untuk memikat walet, pembuatan parfum ini terbilang mudah.

Proses pembuatannya menggunakan bahan baku udang kering yang mudah ditemukan, sehingga semakin memudahkan para peternak karena dapat dibuat sendiri. Pembuatan parfum walet ini tidak memakan waktu yang lama karena hanya memerlukan beberapa tahapan yang sederhana.

Jika Anda sedang mencari informasi terkait cara membuat parfum walet dari udang kering, berikut informasinya kami berikan untuk Anda!

Apa itu Parfum Walet

burung walet terbang
Sumber: Unsplash

Parfum walet adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk memancing kedatangan burung walet di dalam rumah burung walet. Parfum ini berfungsi untuk menghilangkan bau semen pada rumah burung walet Anda. Penyemprotan parfum ini dilakukan agar burung walet yang mampir dapat merasa nyaman dan menganggap bahwa rumah burung walet sudah lama dihuni.

Meskipun demikian, parfum walet yang digunakan sebagai aroma pemikat burung walet tidak dapat menarik perhatian burung walet yang pernah bersarang atau bertelur di tempat lain. Ketidaktertarikan ini disebabkan karena mereka sudah mempunyai ikatan dengan telur atau anak-anaknya di rumah lama. Selain itu, ketidaktertarikan ini juga dapat disebabkan karena mereka sedang dalam proses membangun sarangnya di rumah lama. Maka ia akan bertanggung jawab dan tidak terpikat oleh aroma tersebut.

Jika Anda ingin merintis usaha sarang walet, ada baiknya untuk menggunakan parfum walet untuk menarik walet bersarang di perangkap Anda. Ada banyak perusahaan yang jual parfum walet di Indonesia dengan harga terjangkau dan berkualitas, salah satunya dari Karunia Walet.

Baca juga: Mengenal Fakta-fakta Burung Walet si Pembawa Keberuntungan

Cara Membuat Parfum Walet dari Udang Kering

Udang Kering
Sumber: Pinterest

Untuk memikat burung walet, Anda dapat menggunakan parfum yang terbuat dari udang kering. Pembuatan aroma ini terbukti dapat memikat kawanan walet, karena burung walet memang tertarik dengan beberapa aroma tertentu. Habitatnya yang berada di pantai dan tinggal di goa-goa, membuat burung walet sangat menyukai aroma ikan dan udang kering.

Proses pembuatan parfum walet dari udang kering, dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Siapkan Bahan-bahan dan Peralatan yang diperlukan

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat aroma walet adalah udang kering dan minyak sayur. Adapun peralatan utama yang Anda perlukan adalah blender.

2. Campurkan Semua Bahan

Langkah kedua adalah proses menghaluskan udang kering dengan cara mencampurkannya dengan minyak sayur. Hasil yang Anda dapati nantinya akan berupa cairan yang agak kental.

3. Aplikasikan Parfum Walet Pada Rumah yang sudah anda bangun

Jika proses penghalusan sudah selesai seluruhnya, artinya Anda sudah dapat menggunakan aroma tersebut dan mengaplikasikan ke rumah walet milik Anda. Perlu diketahui, bahwa parfum walet yang bertekstur cair agak kental, pengaplikasiannya tidak dengan disemprot. Melainkan dengan mengoleskannya menggunakan kuas ke setiap lubang atau celah yang sering dilalui oleh burung-burung tersebut.

Apabila Anda menginginkan bentuk parfum walet yang sangat cair dan pengaplikasiannya dengan cara menyemprot, Anda dapat menggunakan udang yang masih basah. Proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan menggunakan udang kering.

Hanya saja, Anda perlu mengganti minyak sayur dengan air, agar parfum yang dihasilkan lebih banyak cairannya. Apabila udang basah tersebut sudah dihaluskan seluruhnya, langkah selanjutnya yakni mencampurkan udang yang telah halus ke dalam air bersih yang sudah Anda siapkan.

Setelah tercampur rata, Anda perlu untuk mendiamkannya kurang lebih sekitar tiga hari, hingga akhirnya dapat menyaring dan mendapatkan sarinya saja. Jika proses penyaringan telah selesai, itu berarti parfum pemikat tersebut sudah dapat digunakan. Anda dapat mengaplikasikannya dengan cara menyemprot ke dinding dan lantai rumah walet.

Baca juga: Karunia Walet, Penyedia Perlengkapan Budidaya Walet Terkemuka di Indonesia

Mengapa Harus Menggunakan Parfum untuk Memikat Burung Walet

Burung Walet
Sumber: Pinterest

Penggunaan aroma pemikat untuk memikat walet-walet yang berkeliaran, dirasa cukup lebih mudah daripada menggunakan cara-cara lainnya. Aroma ini dapat bekerja dan mendatangkan walet-walet lain berkali lipat. Beberapa peternak, mengaplikasikan parfum ini dengan cara menyemprotkannya pada dinding serta lantai rumah burung.

Penyemprotan parfum pemikat ini tidak disarankan untuk disemprotkan ke papan sirip burung walet, karena dapat menyebabkan papan sirip cepat berjamur dan kotor. Mengingat burung-burung tersebut tidak menyukai tempat-tempat yang kotor ataupun basah.

Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan memasukkan ke dalam mesin embun atau mist maker. Melalui mesin embun, aroma tersebut akan menempel pada bulu-bulu walet. Aroma yang menempel dapat memberikan keuntungan untuk para peternak walet.

Hal ini karena burung-burung lain dapat terpikat dengan aroma yang dibawa oleh burung tersebut ketika mencari makan. Maka secara otomatis mereka akan bergerombol dan mengikuti burung yang beraroma udang tersebut. Sehingga, burung-burung yang datang akan berkali lipat dari sebelumnya.

Meskipun parfum walet terbilang ramah dan ampuh untuk memikat burung walet, namun para peternak juga tidak disarankan hanya mengandalkan parfum tersebut. Peternak juga harus mengutamakan perhatiannya terhadap pengelolaan rumah burung.

Rumah burung yang kotor serta suhu dan kelembaban udara yang tidak mendukung juga menyebabkan burung walet tidak tertarik terhadap rumah burung walet Anda. Dilansir dari Trubus Online, Ir. Lazuardi Normansah, pratikus walet di Kelapa gading, Jakarta Utara menyarankan kelembaban rumah walet harus berada di kisaran angka 80%-90% dengan suhu 28 derajat Celcius-30 derajat Celcius.

Baca juga: Prospek dan Tips Budidaya Walet Menggunakan Pemikat Walet

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan walet dan mendapatkan keuntungan dari penjualan sarangnya, Anda bisa mendapatkan segala perlengkapannya di Karunia Walet. Karunia Walet merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 2016 dan menyediakan kebutuhan perlengkapan gedung walet yang paling lengkap dan berkualitas.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: