Indonetwork, Peluang Usaha – Terpal biasanya dipakai untuk menutupi barang- barang diatas mobil agar tidak kehujanan, ataupun sering dipakai saat berkemah untuk membuat dapur darurat, alas tidur, maupun lapisan terluar tenda agar tidak rembes saat hujan. Bagi Anda yang tinggal di pedesaan, tentunya tidaklah asing terpal plastik digunakan untuk membuat kolam ikan budidaya. Nah, bagi Anda yang masih asing dengan penggunaan barang multifungsi ini, simak ulasan berikut.

Terpal Plastik untuk Membuat Kolam

Membuat kolam untuk budidaya ikan menggunakan terpal plastik memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah Anda bisa meraih keuntungan besar hanya dengan modal kecil dan berlahan sempit. Selain itu, kolam dari terpal plastik juga bisa dibuat pada daerah yang gersang maupun sulit air sekalipun.

Jadi, baik Anda masyarakat desa maupun kota yang ingin mengembangkan usaha budidaya ikan seperti lele dan nila bisa menggunakan metode pembuatan kolam dari terpal plastik. Selain murah, mudah juga bagi Anda yang lahannya tidak luas dan tanahnya gersang.

Membuat kolam dari terpal plastik terdiri dua metode, yakni membuat kolam di atas permukaan tanah dengan membuat kolam baru terlebih dahulu, ataupun di bawah tanah dengan cara menggalinya lebih dahulu. Untuk selengkapnya dan bagaimana tips membuat kolam dari terpal plastik, berikut ini informasinya kami sajikan untuk Anda.

Baca Juga : CARA BUDIDAYA IKAN NILA DI KOLAM TERPAL UNTUK PEMULA

Tips Membuat Kolam di Atas Permukaan Tanah

Bagi Anda yang malas untuk melakukan penggalian tanah, Anda bisa memilih cara ini yakni dengan membuat kerangka kolamnya terlebih dahulu. Sebelum membuat kolam dari terpal plastik tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu:

  1. Pasir
  2. Semen
  3. Bambu
  4. Pipa
  5. Terpal plastik
  6. Knee
  7. Batu Bata
Terpal Kolam Ikan
Sumber: Shrewd Analyst

Langkah- langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Pertama- tama, siapkan perkiraan denah dengan melakukan pengukuran untuk kolam sesuai dengan besarnya lahan yang Anda miliki. Rata-rata besar kolam 2 x 3×1 m ataupun ada yang lebih besar berukuran 4 x 5 x 1 m. Kembali lagi yang terpenting sesuaikan dengan bentuk dan besaran lahan yang Anda miliki.
  2. Selanjutnya, buatlah pondasi sesuai bahan yang dimiliki dan dengan ukuran yang diinginkan. Anda bisa menggunakan pasir, batu bata, bambu, dan semen untuk membuat pondasi
  3. Untuk membuat saluran pembuangan, masukkan terlebih dahulu knee dari luar ke dalam terpal plastik dan jangan lupa untuk memastikan salah satu ujung knee menghadap ke arah pembuangan dan kemudian pasang pipa saluran air untuk pembuangan
  4. Setelah pondasi yang dibuat sudah mengering, maka Anda dapat memasang terpal diatasnya. Jepitkan terpal pada bambu yang ada di bagian atas dinding kerangka pondasi yang sudah dipaku terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak ada yang yang bocor dan pemasangan terpal rapi.
  5. Setelah selesai, masukkan air dan tunggu beberapa hari untuk memastikan ada atau tidaknya kebocoran pada terpal.

Tips Membuat Kolam di Bawah Tanah

Bagi Anda yang lebih ingin untuk menghemat biaya, metode kedua ini sangat pas untuk dilakukan. Anda tidak perlu pusing- pusing membuat pondasi dan mengeluarkan uang untuk membeli pasir, semen,dan batako. Cukup gali tanah yang ada saja.

Beberapa hal yang harus disiapkan sebelum membuat kolam di dalam tanah :

  1. Cangkul
  2. Bambu
  3. Meteran
  4. Batu bata
  5. Terpal plastik
  6. Sekam (optional)
Jual Terpal Plastik
Sumber: IndiaMART

Berikut di bawah ini adalah langkah dalam membuat kolam di dalam bawah tanah :

  1. Pertama- tama tentukan ukuran untuk kolam yang akan Anda buat terlebih dahulu, kemudian gali tanah yang sudah Anda ukur. Sebelumnya agar mudah pasang pasak agar penggalian Anda sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan.
  2. Jangan lupa gali juga lubang untuk saluran pembuangan
  3. Tanah hasil penggalian bisa dimanfaatkan lagi untuk membuat tanggul di sisi- sisi kolam dengan cara memadatkan tanah kemudian diperkuat dengan diberikan batako
  4. Pilihan selanjutnya ini bersifat optional, Anda bisa menambahkan sekam secara merata pada dasar kolam kurang lebih sebanyak setinggi 10 cm.
  5. Kemudian pasang terpal ke kolam yang sudah digali dan jangan lupa diatasnya diberi batako atau batu bata aga ama rapi dan tidak geser.

Dua metode tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah bukan ? Anda bisa menyesuaikan saja dengan lahan yang Anda miliki, budgeting yang ada, dan juga kemantapan hati Anda. Yang paling penting usahakan cari terpal plastik kualitas terbaik agar tidak terjadi kebocoran pada kolam yang akan digunakan. Berikut di bawah ini kami siapkan juga rekomendasi untuk Anda yang mencari terpal plastik dengan harga terjangkau dan berkualitas terbaik.

Baca Juga : TERPAL: JENIS DAN FUNGSI DALAM KEHIDUPAN

Rekomendasi Terpal Plastik

Bagaimana tertarik bukan untuk membuat usaha budidaya ikan, apalagi ternak lele yang sekarang sedang ramai diperbincangkan. Untuk Anda yang mencari tempat yang menjual terpal plastic berkualitas untuk usaha maupun kebutuhan pribadi Anda, terpal di CV. Abadi Jaya Terpal merupakan solusinya.

Produk- produk yang dijual adalah produk asli buatan perusahaan CV. Abadi Jaya Terpal. Apalagi perusahaan ini sudah sudah berdiri dan melayani pelanggan sejak tahun 2001. Kualitas terpal plastik disini tidak perlu diragukan lagi, apalagi harganya pasti terjangkau dan sesuai dengan kantong Anda.

CARI INSPIRASI MEMBUKA PELUANG USAHA LAINNYA DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks