Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Komponen dua material stainless steel dapat disambungkan dengan cara mengelasnya. Tapi masalahnya, pada bagian sambungannya tersebut akan terdapat bekas lasnya yang tentu saja akan merusak nilai estetikanya. Lalu seperti apa cara menghilangkan bekas las pada stainless steel?

Saat ini material stainless steel sangat diperlukan karena banyak diperlukan untuk kebutuhan seperti perabotan dapur. Tidak heran jika perusahaan yang jual stainless steel 316 sangat banyak di Indonesia. Karena permintaan pasarnya tentu saja juga sangat banyak.

Material stainless steel tersebut dapat disatukan satu dengan yang lain dengan cara dilas. Sehingga dapat digunakan untuk penggunaan yang lebih kompleks meskipun akan membuatnya tidak menarik lagi.

Cara Menghilangkan Bekas Las Pada Stainless Steel

Tips yang digunakan untuk menghilangkan bekas las pada stainless steel disebut dengan teknik poles. Dengan menggunakan teknik ini, bekas pengelasan akan berkurang meskipun tidak secara signifikan.

Bagaimana cara menghilangkan bekas las pada stainless steel dengan teknik poles ini? Simak rangkuman kami berikut ini.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja adalah mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Mesin Gerinda merupakan alat yang pertama yang harus Anda gunakan dan perannya sangat penting.

√ 11 Jenis Mesin Gerinda dan Fungsinya [Lengkap] - Teknikece
Sumber: teknikece.com
Kemudian juga ada amplas yang bisa Anda dapatkan di toko bangunan terdekat. Gunakan juga kain poles beserta kain bersih. Tak lupa juga untuk menggunakan masker dan alat keamanan seperti kacamata.

Masker dan alat keamanan wajib Anda gunakan karena bisa berdampak pada luka yang terjadi pada tubuh Anda.

Yuk Belajar Komponen Penyusun Stainless Steel Adalah Apa Saja -

Baca juga: Cara Mengkilapkan Stainless Steel Agar Kinclong Kembali

2. Pilih Lokasi

Strategi Memilih Lokasi Usaha | STIE BHAKTI PEMBANGUNAN
Sumber: stiebp.ac.id

Untuk menghilangkan bekas las pada stainless steel masalah lokasi juga perlu Anda perhatikan. Sebaiknya pilih tempat yang benar-benar nyaman dan bersih, sehingga hasil polesannya akan menjadi lebih baik.

3. Atur Posisi Benda yang Akan Dipoles

Jika tempatnya sudah Anda tentukan, langkah selanjutnya adalah mengatur posisi stainless steel tersebut. Posisi ini harus Anda atur sedemikian rupa supaya tidak jatuh dan roboh.

Jika stainless steel berukuran besar, pastikan Anda menyandarkannya baik ke dinding atau yang lainnya. Dengan begitu Anda bisa membersihkan bekas las tersebut dengan lebih nyaman.

Benarkah Stainless Steel Anti Karat? – Inti Daya Online

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Stainless Steel yang Berkarat

4. Persiapkan Amplas dan Mesin Gerinda

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengatur mesin dengan memasangkan amplas. Amplas yang Anda gunakan tidak boleh sembarangan karena ada banyak jenis amplas yang ada di pasaran.

Amplas / Ampelas

Jika dipakai untuk menghilangkan bekas pengelasan, gunakan amplas nomor 80. Dan amplas ukuran ini hanya berlaku untuk tahap awal. Untuk tahapan yang selanjutnya Anda memerlukan amplas yang lebih halus seperti amplas nomor 400.

5. Lakukan Pemolesan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan titik awalnya terlebih dahulu. Setelah itu longsong dipegang dengan tangan bagian kiri, sementara mesin gerinda dipegang oleh tangan kanan.

Jual Gerinda Poles Gosok Non Woven Stainless Besi Batu Gerinda Poles di  Seller K&R Shop - Kab. Bandung, Jawa Barat | Blibli
Sumber: blibli.com

Kemudian nyalakan mesin gerinda dan tempelkan ke bagian tepi kain poles yang berputar pada mesin gerinda dengan cara mengambang. Ulangi langkah-langkah tersebut hingga semua bagian yang ada bekas lasnya selesai dipoles.

Tips Menghilangkan Karat pada Pisau, Gunakan Cuka dan Soda Kue - Semua  Halaman - Nakita

Baca juga: 6 Cara Mengasah Pisau Stainless Steel Tanpa Pakai Batu Asah

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas las pada stainless steel yang dapat Anda lakukan. Lakukan cara ini dengan hati-hati dan sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah terbiasa memegang mesin gerinda.

Perlu Anda ketahui juga bahwa cara menghilangkan bekas las pada stainless steel ini tidak akan bekerja secara total. Dengan kata lain, bekas las tersebut akan bersih secara total, namun sedikit lebih baik dan lebih bagus jika dibandingkan tidak dibersihkan sama sekali.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks