Indonetwork, Otomotif – Mencuci mobil di tempat pencucian terkadang mengharuskan kita untuk mengantri. Mencuci sendiri kendaraan Anda dapat menjadi alternatif yang bijak untuk menghemat waktu serta biaya. Namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukannya atau justru membuat kendaraan Anda lecet dan sebagainya. Anda juga memerlukan beberapa peralatan untuk mencuci mobil Anda seperti yang telah tersedia di banyak toko jual kanebo chamois, shampoo kendaraan, dan lain-lain. Untuk itu simak tips-tips di bawah ini untuk hasil bersih luar dalam, kanan kiri, depan belakang, dan dari atas hingga bawah ala carwash profesional.

Langkah-langkah Mencuci Mobil

Tips Mencuci Mobil
Sumber: Otofemale.grid.id

1. Bersihkan Karpet dan Titik-titik yang Rumit

Buang semua sampah. Singkirkan barang-barang yang bukan merupakan bagian mobil. Tepuk-tepuk karpet untuk menghilangkan kotoran. Vakum menggunakan vac basah-kering yang memiliki fitur blower. Sedot debu dan kotoran dari sela antara kursi dan konsol tengah. Bersihkan sepanjang dasbor dan panel pintu menggunakan sikat gigi bekas yang bersih. Ikuti dengan selang vakum untuk menyedot sisa-sisa debu dan kotoran.

2. Vakum Lantai

Gerakkan kursi depan sepenuhnya ke depan untuk mencapai area di bawahnya dari kursi belakang. Pindahkan kursi ke belakang dan bersihkan lantai bagian depan. Terakhir, baringkan kursi untuk masuk sejauh mungkin ke celah-celah untuk mengambil kotoran yang tertinggal.

3. Lap Dasbor

Untuk membersihkan dasbor, Anda dapat menggunakan kain mikrofiber basah atau kanebo chamois. Mulai dari konsol tengah, perpindahan gigi, roda kemudi, gagang pintu, cupholder, dan kursi. Oleskan pembersih khusus mobil dengan kain baru, lewati jok kecuali jika terbuat dari kulit.

4. Bersihkan Jendela

Oleskan pembersih busa, yang tidak menetes seperti formula cair, dan lap dengan kain mikrofiber. Kerjakan dengan gerakan S secara horizontal, lalu gunakan gerakan S vertikal di bagian luar. Dengan cara ini, Anda akan dapat melihat sisi mana yang memiliki coretan (jika ada) sehingga harus dilap kembali.

Baca Juga: 5 MERK LAP KANEBO TERBAIK DENGAN DAYA SERAP AIR TINGGI

5. Siram mobil

Setelah membersihkan bagian dalam mobil, ganti karpet dan pastikan semua pintu dan jendela tertutup. Siram mobil Anda menggunakan selang ke seluruh permukaan luar, beri perhatian khusus pada ban (dan panel di belakangnya), tempat puing-puing dan debu rem terkumpul.

6. Gosok

Isi dua ember besar dengan air. Tambahkan shampoo kendaraan secukupnya. Dengan sarung tangan cuci mobil menggunakan spons. Ganti air dalam ember secara berkala untuk menghindari goresan akibat kotoran yang menempel. Cuci dengan urutan sebagaimana berikut ini: atap, kap mesin, dan belakang, bagian atas setiap sisi, kemudian bagian bawah setiap sisi.

7. Bersihkan Ban

Bersihkan ban (bagian karet) dan roda (pelek logam) menggunakan sarung tangan atau spons kedua. Anda mungkin memerlukan sikat untuk menjangkau bagian yang lebih kecil.

8. Bilas Mobil

Bilas mobil secara menyeluruh menggunakan selang.

Tips Mengeringkan Kendaraan Menggunakan Kanebo Chamois

Setelah pencucian selesai, keringkan segera dengan kanebo chamois atau katun yang lembut. Apabila Anda menggunakan kanebo chamois, bilas terlebih dahulu dan peras.

Jual Kanebo Chamois
Sumber: m.indonetwork.co.id

1. Keringkan Mobil Dengan Gerakan Melingkar

Dengan cara ini, saat tetesan bergerak ke bawah, mereka tidak akan membasahi kembali area yang baru saja Anda keringkan. Saat mobil benar-benar kering, tambahkan silikon pengkilap / semir. Gunakan kain untuk mengoleskannya sesuai petunjuk, jika telah sesuai sifat mengkilap tersebut dapat bertahan sekitar tiga bulan.

2. Peras Kanebo Chamois Secara Teratur

Sama seperti yang Anda lakukan saat membilas kain, secara teratur peras kelebihan air. Hal ini bertujuan agar kendaraan Anda tidak basah kembali.

Baca Juga: 7 CARA MERAWAT KANEBO CHAMOIS

3. Merawat Kanebo Chamois

Setelah digunakan, pastikan untuk membersihkan dan mengeringkan kanebo Anda secara menyeluruh. Ini akan memastikan partikel kotoran mikroskopis dihilangkan dari kain pengering dan untuk memastikannya agar bertahan lama. Untuk membersihkannya, cuci dengan tangan menggunakan detergen dan air hangat. Bilas sampai bersih kemudian gantung dengan lebar.

Produsen Jual Kanebo Chamois Kualitas Terbaik

Kanebo adalah kain lap elastis dengan daya serap air tinggi untuk mencuci atau mengeringkan benda. Biasanya digunakan untuk membersihkan motor, mobil dan berbagai perkakas tangan hingga rumah tangga. Kanebo sebenarnya merupakan nama perusahaan asal Jepang yang memproduksi plas chamois. Plas Chamois diaplikasikan untuk membersihkan kendaraan atau furniture dan mengeringkan hewan peliharaan hingga tubuh. Plas chamois sepuluh kali lebih tahan lama dari lap biasa. Efek penyerapan airnya juga tidak berubah selama pemakaian.

Kanebo chamois yang tidak dirawat dengan benar akan memiliki ciri-ciri seperti menimbulkan goresan; mudah retak, terbelah, atau berlubang; tidak akan melunak saat dibasahi kembali; dan atau meninggalkan “serat” atau partikel. Jika menemukan hal tersebut ketika mencuci kendaraan membersihkan perabotan, maka Anda perlu membeli yang baru dari merk produsen jual kanebo chamois dengan kualitas terbaik seperti yang disediakan Pegasus Hikari Indonesia.

Pegasus Hikari Indonesia (Dwi Jaya Star) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri yang memproduksi berbagai barang lain seperti air aki, air zuur, minyak gear, silikon pengkilap / semir otomotif, radiator coolant, rubbing compound, shampoo kendaraan, dan lain-lain. Perusahaan yang berkantor pusat di kawasan Sidoarjo ini siap membantu dan bekerjasama dengan semua pelanggan, baik dalam kota maupun luar kota, atau bahkan luar pulau. Kebutuhan dalam jumlah partai maupun ecer akan tetap dilayani dengan memeberikan kualitas terbaik.


Author

%d bloggers like this: