Indonetwork, Perlengkapan KantorAnda pastinya sudah cukup familiar dengan salah satu alat tulis kantor post-it. Kertas kecil berwarna-warni yang biasanya banyak digunakan setiap orang di kantor untuk menempelkan pesan kepada rekan kerjanya.

Akan tetapi, tahukah Anda tentang sejarah post-it hingga terkenal dalam bidang peralatan tulis dan kantor? Berikut sejarah terciptanya post-it atau sticky notes.

Apa itu Post-It

Post-it atau sticky notes adalah catatan tempel yang berbentuk kertas kecil. Ini merupakan catatan sementara yang digunakan pada sebuah dokumen. Pada salah satu sisinya biasanya terdapat lem yang dapat digunakan untuk merekatkan pada dinding, dokumen, meja, atau benda lainnya.

Perekat yang ada pada post-it memungkinkan catatan dapat dipasang, dilepas, bahkan ditempel berulang kali pada benda apapun tanpa meninggalkan bekas atau merusak benda yang ditempeli.

Baca juga: Tips Cetak Post-It Custom

Sejarah Terkenalnya Post-It Notes

Apa itu Post-it
Sumber: Pexels

Meskipun hanyalah peralatan tulis kantor biasa, faktanya, terdapat sebuah rentetan sejarah yang dimiliki oleh post-it. Begini ceritanya.

1. Penemuan Silver

Sejarah Post-it notes berawal dari Spencer Silver, seorang ilmuwan yang sedang meneliti mengenai perekat di laboratorium. Di tengah proses penelitian, ia menemukan sesuatu aneh yakni perekat yang menempel ringan dan tidak melekat erat pada permukaan.

2. Hymne Gereja

Kemudian pada awal 1970-an, Art fry sedang mencari bookmark untuk himne gereja yang tidak akan merusak lembar buku himnenya. Fry lalu teringat dengan perekat yang dibuat oleh Ilver pada 1968. Ia lalu mengoleskannya di tepi selembar kertas dan masalah bookmark hymne gerejanya terselesaikan.

Setelah itu ia menyadari bahwa bookmarknya berpotensi untuk membantu pekerjaan, seperti pada file kerja. Bahkan, beberapa rekan kerjanya meminta bookmark untuk kantor mereka pada Fry.

3. Awal mulai Produksi post-It

Fry akhirnya memutuskan untuk menjadikan perusahaan 3M sebagai kantor pusat catatan berperekat tersebut. Dimulai dengan memasok seluruh perusahaan dengan catatan perekat baru.

Pada awalnya, 3M meluncurkan produknya pada empat kota dan menghasilkan nilai jual yang beragam. Hingga akhirnya, 3M memutuskan untuk langsung memasarkan produk mereka ke tangan konsumen.
1980 hingga 1986

Selama rentang waktu tersebut, tidak sedikit post-it yang telah terjual. Bahkan Sliver dan Fry juga memulai menjual produk-produk mereka di toko-toko AS sebagai post-it notes. Banyak orang telah menggunakan dan mengapresiasi karya mereka.

4. 1987 hingga 1996

Post-it kemudian merayakan hari jadinya yang ke-10. Bahkan post-it juga memproduksi berbagai produk lainnya seperti easel pad.

Setelah 28 tahun bekerja di perusahaan 3M, Silver sebagai salah satu pendiri post-it notes, pensiun dari 3M dengan lebih dari 22 penghargaan di Amerika Serikat telah dimenangkan atas namanya.

Begitu juga dengan Fry yang menyelesaikan karirnya di 3M dengan memenangkan penghargaan tertinggi untuk penelitian serta berbagai penghargaan lainnya dalam bidang teknik internasional.

5. 1997 hingga 2003

Pada kesempatan selanjutnya, post-it diluncurkan hingga Hollywood. Seorang anak lulusan SMA yakni Romy dan Michele memperkenalkan post-it dalam sebuah acara reuni sekolah dan mengklaim bahwa mereka telah menemukan post-it note sejak mereka lulus.

Ketika itu, post-it notes juga telah banyak digunakan dan dijual ke lebih dari 100 negara.

6. 2004 hingga 2013

Oprah Winfrey menyertakan post-it flag highlighter dalam episode “Face Behind the Name”.

Setelah itu, post-it tetap berkembang dalam produksi dan penjualannya, serta berbagai kerjasama yang juga membesarkan produk Silver dan Fry.

Selain itu, Post-it juga banyak memenangkan penghargaan seperti ‘Pitch The Press’ untuk produk bru terbaik di International Restaurant and Foodservice Show pada tahun 2018.

Singkat cerita, post-it kemudian populer di berbagai negara, digunakan hampir di semua bidang, dan diproduksi dalam berbagai bentuk unik dan lucu.

Baca juga: Berbagai Kelebihan Cetak Sticky Notes Custom

Beli Post-It di Sini

Apa itu Post-it
Sumber: Pexels

Post-it atau sticky notes juga dapat Anda custom sesuai keinginan kebutuhan lo. Jadi, bagi Anda yang ingin cetak post-it menggunakan bahan yang berkualitas dan mendapatkan hasil yang bagus, Anda bisa mencetaknya di Promoplus.

Promoplus adalah unit divisi perusahaan PT. Jasuindo Tiga Perkasa TBK yang memproduksi dan customized sticky notes (post-it). Mereka memproduksi post-it dengan berbagai corak, warna, bentuk, dan cover. Dilengkapi dengan perekat pada salah satu sisinya, agar sticky notes dapat ditempel di manapun.

Tidak hanya menyediakan berbagai macam bentuk sticky notes, Promoplus juga menyediakan lowongan pekerjaan bagi Anda yang ingin menjadi sales agent di seluruh kota maupun provinsi untuk menjual produk-produk Promoplus. Seperti Standard Pad, shaped pad, softcover, hardcover, dan magnetic pad dengan kombinasi yang menarik.

Untuk mendapatkan produk sticky notes dari Promoplus, Anda bisa langsung menghubungi mereka melalui nomor WhatsApp yang tersedia dan menghubungi mereka melalui website yang ada.

Bagi Anda yang mencetak sticky notes di Promoplus dalam jumlah yang cukup banyak, jangan risau, karena Promoplus menyediakan pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia. Seperti Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Makassar, Jogja, Bandung, dan banyak kota lainnya.

Selain itu, untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: