Indonetwork, Peralatan Laboratorium – Jika berkecimpung di dalam dunia laboratorium mungkin Anda tidak asing dengan alat lab cawan petri yang seringkali digunakan untuk meletakkan bahan yang akan diujikan. Biasanya bahan- bahan yang diletakkan di cawan petri adalah mikroorganisme atau sel yang hendak diteliti menggunakan mikroskop atau alat lainnya.

Lantas apakah cawan petri hanya berfungsi untuk itu saja? Tentunya fungsi cawan petri dan cara menggunakannnya sangat banyak sesuai dengan kebutuhan. Artikel di bawah ini akan menjelaskan tentang pengertian dan ragam fungsi cawan petri dan cara menggunakannya.

Baca Juga: Mengenal 5 Alat Laboratorium Penguji Lingkungan

Apa Itu Cawan Petri?

alat laboratorium cawan petri
Sumber: Pixabay

Cawan petri adalah wadah atau tempat berbentuk bulat yang menyerupai silinder dangkal. Cawan petri dibuat dari kaca ataupun plastik. Tetapi biasanya lebih banyak yang menggunakan bahan kaca transparan. Ukuran dari cawan petri juga bermacam- macam, ada yang kecil, sedang, bahkan juga besar mulai yang berdiameter 60 mm sampai 200 mm.

Asal muasal diberi nama cawan petri dikarenakan penemu cawan untuk meneliti mikrobiologi di sekitar tahun 1877 adalah Richard Petri yang merupajan ahli bakteri dari Jerman, sehingga nama cawan tersebut diberi nama cawan petri. Biasanya cawan ini memang digunakan untuk tempat pembiakan sel.

Cawan petri sendiri memiliki dua bagian, yakni cawan petri yang berfungsi sebgaai wadah dan juga satu lagi yakni penutupnya. Biasanya wadah berukuran kecil dan tutupnya berukuran sedikit besar dari wadah. Cawan Petri yang berbahan kaca memiliki kekuatan tahan panas hingga suhu hampir 1500C.

Ragam Fungsi Cawan Petri dan Cara Menggunakannya

Cawan petri memang umumnya digunakan di dalam laboratorium kimia maupun biologi untuk membantu berbagai macam kebutuhan. Ragam fungsi cawan petri yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Tempat menumbuhkan sel atau mikroorganisme

Fungsi Cawan Petri
Sumber: Pharmaceutical Technology

Cawan petri digunakan untuk menumbuhkan atau mengembangbiakkan sel atau mikroorganisme. Adanya cawan petri tentunya membantu perkembangbiakan sel agar tidak terkontaminasi dengan bahan atau zat lainnya. Warnanya yang transpran juga memudahkan bagi peneliti atau laboran untuk mengecek perkembangan secara berkala.

2. Wadah pengamatan mikroskop

Warna dari cawan yang transparan membuat cawan bisa digunakan sebagai media yang diletakkan ke mikroskop untuk dilakukan pengamatan tanpa harus memindahkan ke kaca preparat. Hal ini tentunya akan membantu Anda tanpa harus susah- susah memindahkan dari cawan ke kaca preparat.

3. Tempat penyimpanan bahan- bahan kimia

Cara Menggunakan Cawan Petri
Sumber: Istockphoto

Cawan petri bisa digunakan untuk menyimpan bahan kimia. Apalagi cawan yang memiliki tutup memudahkan bagi laboran dalam menyimpan bahan- bahan kimia. Bisa djuga ditutup menggunakan alumunium foil, maupun kaca arloji. Disesuaikan saja sesuai kebutuhan dan jenis bahan yang disimpan.

4. Mengeringkan atau menguapkan bahan ataupun sampel kimia

Permukaan cawan petri yang luas memudahkan bahan atau sampel kimia terutama yang berbahan dasar cair untuk dengan mudah mengalami kontak dengan udara bebas, sehingga memudahkan dalam proses penguapan maupun pengeringan.

Sifat dari cawan yang tahan panas memudahkan juga bagi peneliti ataupun laboran yang akan mengeringkan bahan atau sempel menggunakan alat pemanas tertentu yang sesuai untuk mempercepat proses pengeringan atau penguapan.

Baca Juga: 10 Alat Laboratorium Lingkungan Udara Dan Air

Setelah memahami fungsi dari cawan petri, lantas bagaimanakah cara untuk menggunakannya ?

1. Pastikan Cawan Bebas dari Mikropartikel

Pastikan cawan petri yang hendak digunakan tersebut dalam keadaan bersih dan bebas dari mitropartikel yang nantinya akan menganggu dalam proses pengamatan dan penelitian. Hal ini bisa dilakukan dengan melalui proses sterilisasi dan bleaching menggunakan alat yang ada di laboraturium.

Bisa juga Anda masukkan cawan petri ke dalam autoklaf selama kurang lebih 30 menit untuk men-sterilkan cawan. Hal ini sangat penting juga untuk menghindarkan cawan dari kontaminasi bahan lain sebelum digunakan.

2. Masukkan Media ke Dalam Cawan

Bagi yang akan menggunakan cawan sebagai tempat pertumbuhan atau perkembangbiakan sel, jangan lupa  siapkan dan masukkan media ke dalam cawan terlebih dahulu, pastikan media tersebut mengandung garam, nutrisi, dan juga antibiotic.

3. Masukkan Sampel ke Dalam Media

Setelah itu masukkan sampel sel ataupun mikroorganisme yang akan dikembangbiakkan secara perlahan ke dalam media kultur yang sudah disiapkan sebelumnya. Jangan sampai terlalu menekan kuat yang menyebabkan media kultur menjadi pecah. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan bantuan pipet.

4. Tutup Cawan

Apabila sudah dimasukkan, tutup cawan dan simpan cawan pada suhu sekitar 37°C kemudian tunggu beberapa hari sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingat, tutup cawan dengan rapat agar tidak terjadi kontaminasi dengan bahan lainnya.

Cawan petri pun siap diteliti oleh Anda dan dianalisa beberapa hari kedepan setelah mengalami perubahan dalam pertumbuhan.

Tutorial cara menggunakan cawan petri di atas disesuaikan juga dengan kebutuhan Anda. Apabila cawan digunakan sebagai tempat penyimpanan, kurang lebih cara menggunakannya sama, hanya saja tidak perlu menambahkan media kultur untuk membantu dalam proses kembang biak.

Begitu juga ketika Anda menggunakan cawan petri untuk tempat pengamatan melalui mikroskop, cawan tentunya tidak perlu ditutup terlebih dahulu. Satu lagi, ketika cawan digunakan sebagai tempat pengeringan atau penguapan, tergantung dengan kebutuhan Anda, apakah harus menambahkan media lain atau langsung saja pada bahan atau sampel yang hendak dikeringkan.

Fungsi cawan petri dan cara menggunakannya yang sudah dijelaskan di atas secara detail akan membantu Anda terutama yang belajar dan bekerja di laboratorium dalam menggunakannya. Ingat simpan cawan petri dengan baik di tempat dan suhu yang sesuai, jangan sampai bahan atau sampel di dalamnya terkontaminasi dengan bahan lain. Usahakan untuk jangan lupa menandai menggunakan sticker kecil agar bisa menjadi pengingat bahan apa saja yang disimpan atau dikembangbiakkan oleh Anda. Selamat mencoba dan menerapkan.

Itulah informasi seputar fungsi cawan petri dan cara menggunakannya.  Jika Anda sedang mencari alat-alat laboratorium termasuk cawan petri, Anda dapat menemukannya di Indonetwork. Sebagai B2B e-commerce di Indonesia, kami memiliki banyak pilihan produk dari para seller-seller terpercaya.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks