Pergerakan dan perkembangan sektor-sektor industri seperti teknologi, bahan kimia, obat-obatan, infrastruktur, dan lain sebagainya, secara tidak langsung berdampak dan mempengaruhi lingkungan di sekitar kita. Oleh karena itu, perlu adanya pengujian laboratorium lingkungan untuk mengukur kualitas udara, air, dan segala hal yang ada pada lingkungan.

Laboratorium lingkungan, bertanggung jawab untuk menangani kontaminan yang mempengaruhi lingkungan manusia dan satwa liar. Selain itu, laboratorium lingkungan juga bertugas untuk menilai kualitas udara dan kualitas air lingkungan.

Para peneliti, melakukan tes mendalam terhadap berbagai elemen seperti analisis air, tanah, udara, energi, dan aspek lainnya. Tes tersebut dilakukan dengan menganalisis sampel lingkungan. Kemudian menghasilkan data analisis pada ilmu biologi, ekologi, dan fisika. Tim peneliti akan memberikan analisis rinci terhadap elemen, jejak logam, karbon organik total dan halide yang dapat diserap, dan lain sebagainya.

Pengujian lingkungan yang dilakukan oleh tim ahli, menggunakan berbagai jenis peralatan baik yang digunakan di dalam maupun di luar lab. Beberapa peralatan yang digunakan diantaranya seperti spektrofotometer, pengukur pH, alat distilasi, refraktometer, pengaduk magnetik, dan lain sebagainya.

Peralatan pengujian lingkungan, dirancang untuk tahan bekerja di lingkungan yang keras seperti variasi suhu yang cepat, suhu yang sangat tinggi dan rendah, radiasi matahari, dan lainnya. Peralatan-peralatan tersebut bekerja untuk memenuhi kebutuhan pengujian lingkungan kritis dan membantu dalam memeriksa, menumpuk emisi, volatil dan semivolatil, racun udara, polutan udara berbahaya, dan lainnya.

Spektrofotometer

Spektrofotometer adalah pengukuran kuantitatif intensitas cahaya dari berbagai panjang gelombang dalam spektrum yang dipancarkan oleh materi. Aplikasi spektrofotometer berguna untuk mengukur absorbansi, reflektansi, dan transmisi oleh gas, cairan, dan padatan. Spektrofotometer mengukur jumlah foton yang dipancarkan untuk memperkirakan intensitas spektrum cahaya yang diserap dan ditransmisikan oleh sampel. Hasil tersebut memberikan informasi tentang jumlah senyawa dalam sampel.

Baca juga: Ragam Alat Laboratorium Penguji Lingkungan yang perlu diketahui

Pengukur pH

Alat Laboratorium Penguji Lingkungan
Sumber: Pinterest

Pengukur pH adalah alat analisis yang digunakan untuk mengukur aktivitas ion hidrogen dalam larutan yang kemudian dinyatakan sebagai pH. Melalui pengukur pH, tim ahli dapat mengukur parameter penting lainnya seperti konduktivitas, konsentrasi ion, ORP, dan oksigen terlarut. Alat ini bekerja dengan cara mengukur perbedaan potensial antara elektroda referensi dan elektroda pH.

Pengukur pH digunakan pada berbagai tidak hanya untuk menganalisis lingkungan, namun juga digunakan untuk mengukur pada sektor lain seperti makanan dan minuman, perawatan kesehatan dan farmasi, industri cat dan zat warna, dan kosmetik, rasa, dan wewangian.

Alat Distilasi

Secara sederhana, distilasi dapat dipahami sebagai proses pemurnian suatu senyawa cair dengan memanaskannya menjadi uap, kemudian dikondensasikan kembali menjadi cairan. Ketika proses pemanasan cairan ke suhu, ia berubah menjadi uap dan dipisahkan dari kemungkinan kotoran yang terlarut di dalamnya. Setelah cairan menguap, cairan kemudian didinginkan di atas wadah lain sehingga kemudian mengembun dan terakumulasi kembali sebagai cairan. Ahli kimia, sering menggunakan distilasi sebagai sarana untuk memisahkan campuran zat terlarut.

Proses distilasi ini, dilakukan dengan memanaskan cairan, sehingga menjadi uap. Ketika proses pemanasan cairan menjadi uap, cairan tersebut dipisahkan dari kotoran dengan suhu penguapan yang berbeda. Uap kemudian bergerak ke bagian lain dari peralatan di mana ia dapat didinginkan dan dikondensasikan kembali menjadi cairan.

Baca juga: 10 Alat Laboratorium Lingkungan Udara dan Air

Refraktometer

Refraktometer adalah instrumen sederhana yang digunakan untuk mengukur konsentrasi larutan berair seperti gas, cairan, dan padatan tembus cahaya. Alat laboratorium ini dapat mengukur konsentrasi kimia, memvalidasi campuran, dan menentukan kemurnian bahan. Alat ini dapat berupa handheld, compact, benchtop, abbe, dan brix serta berbagai jenis bahan pengukur seperti garam, gula, atau asam baterai. Refraktometer banyak digunakan di laboratorium dan industri seperti pertanian, makanan, kimia, dan industri manufaktur.

Pengaduk Magnetik

Alat Laboratrium Penguji Lingkungan
Sumber: PInterest

Pengaduk magnetik berkaitan dengan proses agitasi yang digunakan di semua laboratorium kimia dan biologi dalam berbagai bentuk dan ukuran. Alat ini, menggunakan medan magnet yang berputar untuk menggerakkan batang pengaduk di sekitar sampel cair dan beberapa digabungkan dengan pelat panas pengaduk. Gerakan batang pengaduk ini mencampur sampel secara menyeluruh dengan gerakan dan agitasi yang cepat. Penganalisa mengontrol kecepatan medan magnet, sehingga dapat disesuaikan dengan sampel tertentu yang sedang diaduk.

Pengaduk magnetik bekerja dengan cara menempatkan magnet batang pengaduk di dalam wadah dan direndam dalam cairan. Sebuah magnet terpisah ditempatkan di bawah wadah sehingga menarik magnet batang pengaduk. Magnet bawah biasanya dipasang pada motor yang memutarnya. Jika magnet cukup dekat, magnet batang pengaduk berputar di dalam wadah.

Cara kerja alat laboratorium ini, tergantung pada aplikasi yang digunakan. Anda dapat mengonfigurasi pengaduk magnet dengan pelat panas untuk memanaskan sampel saat diaduk. Anda dapat mencampur berbagai macam sampel untuk aplikasi yang berbeda dengan menggunakan pengaduk piring panas.

Baca juga: Alcohol Tester, Alat pengukur Kadar Alkohol Portable

Jual Alat Laboratorium Penguji Lingkungan

Bagi Anda yang membutuhkan peralatan laboratorium penguji lingkungan, PT. Mitra Katiga Sejahtera adalah solusinya. PT. Mitra Katiga Sejahtera adalah perusahaan agen tunggal, distributor, dan supplier peralatan laboratorium terbaik dan berkualitas. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai peralatan laboratorium seperti peralatan laboratorium kualitas air dan udara, getaran dan soil test kit, general laboratory instruments, dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi websitenya dan buat penawaran hari ini!


Author

%d bloggers like this: