Indonetwork, BudidayaKacang kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari orang banyak dari mulai direbus, dipanggang hingga dijadikan makanan seperti sup kacang hijau. Selain memiliki rasa yang enak kacang juga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah nutrisi yang terkandung dalam kacang sebagai kebutuhan gizi setiap hari. 

Selain itu kacang juga merupakan salah satu jenis cemilan yang cukup mudah ditemukan dan memiliki harga yang cukup bersahabat, namun manfaat yang terkandung dalam kacang berbeda beda tergantung jenisnya. Berikut artikel ini akan membahas jenis jenis kacang beserta manfaatnya.

Jenis Jenis Kacang Beserta Manfaatnya

Sepertinya yang sudah dibahas kacang memiliki banyak manfaat, selain memiliki banyak manfaat kacang juga memiliki beberapa jenis yang berbeda. Berikut penjelasanya mengenai jenis jenis kacang beserta manfaatnya.

1. Kacang Tanah

cara menanam kacang tanah
Sumber: Unsplash

Kacang tanah sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, pasalnya jenis kacang yang satu ini banyak dikonsumsi sebagai cemilan. Selain memiliki rasa yang gurih dan cocok di lidah masyarakat Indonesia kacang juga memiliki kandungan yang amat banyak diantaranya: 

Kandungan nutrisi yang ada di Kacang Tanah setiap 100 gram:

  • Kalori: 570 kalori
  • Karbohidrat: 21.00 gram
  • Lemak: 48.00 gram
  • Protein: 25.00 gram

Serta mengandung mineral seperti fosfor, mangan, magnesium, dan zinc, dan berbagai vitamin seperti vitamin vitamin B1, vitamin B3, dan vitamin B9.

2. Kacang Hazelnut

kacang hazelnut
Sumber: Unsplash

Selanjutnya ada kacang hazel atau lebih populer dengan hazelnut. Kacang yang satu ini biasanya tumbuh di negara-negara yang memiliki 4 musim seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris. 

Kacang ini biasanya dijadikan sebagai tambahan pada produk coklat, dan juga berbagai makanan penutup sebagai toping karena memiliki rasa dan aromanya yang enak. 

Selain itu kacang hazel memiliki kandungan yang dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit dan juga dapat membuat kadar kolesterol dalam darah pun dapat turun dengan mengonsumsi hazelnut.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Kenali Manfaat Kacang Tanah Dan Kulitnya

3. Kacang Walnut

kacang walnut
Sumber: Unsplash

Kacang Walnut biasanya digunakan sebagai bahan hidangan penutup. Kacang jenis ini bisa dipakai sebagai isi dari pie, menjadi rasa dari es krim, atau diawetkan menjadi permen. 

Walnut sangat baik dikonsumsi bagi lansia karena kandungan polifenol dalam kacang ini dapat membuat otak terhindar dari stres dan juga inflamasi. Selain itu, terdapat juga beberapa kandungan lainnya seperti kandungan mineral zinc, fosfor, magnesium, dan mangan, dan vitamin seperti vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B9.

4. Kacang Mete

kacang mete
Sumber: Unsplash

Kacang mete sendiri merupakan hasil dari biji jambu mete yang biasanya tumbuh di daerah tropis. Kacang Mete juga dapat digunakan untuk berbagai macam jenis masakan, baik itu hidangan utama ataupun makanan pencuci mulut. 

Asam linoleat dan asam oleat yang yang terkandung di kacang mete bagus untuk menjaga tekstur dan warna rambut. Selain bagus untuk kesehatan rambut, kacang mete juga memiliki beberapa kandungan lainnya diantaranya mineral seperti fosfor, zinc, potassium, dan mangan, vitamin seperti vitamin B5, vitamin B6 dan vitamin K. 

5. Kacang Almond

kacang almond
Sumber: Unsplash

Kacang almond merupakan jenis kacang yang disukai banyak orang karena memiliki rasa yang cukup enak. Hampir sama dengan Kacang Hazel, Kacang Almond juga banyak digunakan untuk makanan pencuci mulut. 

Selain itu, terdapat juga produk-produk lain yang terbuat dari kacang almond seperti tepung, sirup, serta susu yang terbuat dari kacang almond. Manfaatnya pun tidak main main diantaranya adalah mengurangi resiko kanker usus besar, menstabilkan tekanan darah, dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat.

6. Kacang Pecan

kacang pecan
Sumber: Alodokter

Jenis kacang ini sering dikonsumsi sebagai alternatif pengganjal lapar sebagai orang mengkonsumsi kacang ini untuk berdiet. Selain itu, kacang pecan dapat meningkatkan metabolisme tubuh kamu yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

7. Kacang Kastanye

chestnuts kacang kastanye
Sumber: Unsplash

Kacang kastanye biasa dikenal juga dengan nama chestnut. Kastanye banyak ditemukan tumbuh di negara dengan suhu sejuk seperti jepang, Amerika, dan kanada. 

Kacang Kastanya dapat  dimakan langsung setelah dipanggang, dijadikan bahan untuk membuat adonan kue atau roti, hingga sajian pendamping hidangan utama seperti ayam atau kalkun. Manfaat kacang ini sendiri adalah kesehatan gigi dan tulang, Kacang ini pun kaya akan mineral dan vitamin.

Baca Juga: Kacang Tanah: Solusi Bahan Makanan Sehat

8. Kacang Kedelai

kacang kedelai
Sumber: Google

Kacang kedelai tentu saja sudah banyak diketahui banyak orang. Banyak yang memanfaatkan kacang ini sebagai bahan dasar susu kedelai, tempe, oncom, tahu, dan makanan-makanan lain. 

Kacang kedelai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti  menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan tulang, mengontrol diabetes, melancarkan sirkulasi darah, dan menjaga kesehatan pencernaan.

9. Kacang Polong

kacang polong
Sumber: www.almanac.com

Kacang Polong biasanya dijadikan sebagai sayur-sayuran pendamping makanan utama seperti ayam, kalkun, atau steak. Namun di Indonesia kacang polong dijadikan cemilan setelah direbus atau digoreng. 

Manfaat yang terdapat pada kacang polong adalah mengontrol gula darah, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko kanker.

10. Kacang Arab

kacang arab chickpeas
Sumber: Unsplash

Kacang arab adalah tumbuhan yang termasuk suku Fabaceae yang menghasilkan polong berukuran kecil berwarna kekuningan. Kacang arab juga memiliki banyak manfaat diantaranya meningkatkan hormon nafsu makan, mengontrol kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, kacang arab juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.

Distributor Kacang Jakarta

Itulah informasi mengenai jenis jenis kacang dan manfaatnya semoga dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Jika Anda sedang mencari jenis jenis kacang Anda dapat mendapatkannya di PT. Sumber Roso Agromakmur. 

Selain menjual jenis kacang kacangan PT. Sumber Roso Agromakmur juga merupakan distributor rempah rempah, importir cabe kering, dan biji-bijian dari bahan makanan pertanian bertempat di indonesia dan sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun di perdagangan hasil bumi seperti palawija, bawang, rempah-rempah dan hasil pertanian lainnya.

Penulis: Adelia
Editor: Nafila Chaerunnisa


%d bloggers like this: