Indonetwork, Kesehatan – Kacang tanah dengan nama latin Arachis Hypogea L. terkategorikan sebagai tanaman polong-polongan yang dibudidayakan. Di Indonesia, kacang ini menempati posisi kedua kacang-kacangan yang diminati setelah kedelai. Tanaman ini kali pertama dijumpai di Brazilia, Amerika. Diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad ke-17 M yang dibawa oleh para pedagang. Kenali manfaat kacang tanah dan kulitnya dalam uraian di bawah ini.

Kandungan / Manfaat Kacang Tanah

Bukan hanya bentuknya saja yang lucu, manfaat kacang tanah juga telah dikenal banyak orang. Di antaranya bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak, sumber protein nabati, minyak, dan lain sebagainya. Kandungan gizi pada kacang tanah tidak main-main, sebab kacang tanah kaya akan lemak, mengandung protein yang tinggi, zat besi, vitamin E, kalsium, vitamin B kompleks, fosforus, vitamin A, vitamin K, lesitin, kolin, dan kalsium. Bahkan, kandungan protein pada kacang tanah dinilai jauh lebih tinggi daripada daging, telur, dan kacang soya.

Kacang Tanah
sumber: pixabay.com

Kandungan dalam Kulit Kacang Tanah

Hampir seluruh bagian dari kacang tanah memiliki manfaat yang beragam, tak terkecuali kulitnya.

Manfaat Kulit Kacang Tanah
Sumber: Agico.com.cn

1. Kalsium

Kandungan kalsium dalam kulit kacang tanah ternyata sangat banyak sehingga sangat disayangkan jika dibuang, fungsinya dapat menguatkan tulang gigi agar padat dan tidak rapuh.

2. Potassium

Kulit kacang tanah mengandung potassium yang baik bagi kesehatan otot, terutama bagi lansia. Potassium membuat otot jadi lentur dan tidak tegang lagi.

3. Mangan

Mangan sangat diperlukan dalam tubuh manusia sebagai penunjang kesehatan. Kebutuhan Mangan yang direkomendasikan berkisar antara 1,8 – 2,3 mg per harinya. Seperti halnya Fosfor dan Kalsium, Mangan juga baik untuk menjaga kesehatan tulang supaya tetap kuat. Hanya saja, para ahli belum banyak yang meneliti lebih detail mengenai kandungan Mangan dalam kulit kacang tanah.

4. Zink

Di dalam kulit kacang tanah ternyata juga mengandung zink yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Zink merupakan mineral yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan akar rambut, sehingga bisa mencegah kerusakan dan kebotakan.

5. Zat Besi

Zat besi yang terkandung di dalam kulit kacang tanah dapat membantu mengurangi penyakit anemia. Zat besi merupakan salah satu elemen yang sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Jika tubuh kekurangan zat besi maka tidak akan mampu menghasilkan hemoglobin (Hb).

6. Sodium

Penyakit gondok dan autoimun ternyata dapat dicegah dengan menstabilkan kadar sodium dalam tubuh. Sodium juga dimiliki oleh kulit kacang tanah.

7. Elektrolit

Listrik yang dihasilkan oleh kulit kacang tanah berupa bioetanol. Dengan pengolahan yang tepat, bioetanol dapat dijadikan bahan bakar yang ramah lingkungan.

8. Triptofan Asam Amino

Kacang tanah ternyata mengandung triptofan asam amino. Kandungan triptofan asam amino dapat membentuk serotonin, yaitu zat yang dapat membentuk suasana hati.

Baca Juga: KACANG TANAH: SOLUSI BAHAN MAKANAN SEHAT

Manfaat Kulit Kacang Tanah

Selain berbagai manfaat dari kandungan kulit kacang tanah yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat yang bisa Anda simak sebagai berikut:

1. Menghilangkan Karang Gigi

Karang gigi bisa dihilangkan dengan kulit kacang tanah. Mudah saja, caranya dengan merebus kulit kacang tanah dengan air putih. Rebus sampai mendidih. Kemudian diamkan hingga panasnya berkurang. Celupkan sikat gigi pada rebusan air kulit kacang tanah tersebut. Setelah itu gosokkan sikat gigi pada gigi yang memiliki karang. Lakukan secara rutin hingga karang gigi benar-benar bersih dan hilang.

2. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol sangat berbahaya bagi tubuh jika terus-menerus dibiarkan menumpuk di dalam tubuh. Sebab kolesterol yang tinggi dapat memicu serangan jantung dan stroke. Ternyata, kulit kacang tanah dapat digunakan untuk menyembuhkan kolesterol. Hanya dengan mengkonsumsi kacang tanah 2 ons sehari dapat menurunkan 5% kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Meringankan Asam Urat

Rebusan air kulit kacang tanah juga bisa bermanfaat untuk meringankan asam urat. Meski memiliki rasa yang kurang diminati, nyatanya banyak yang mencoba metode ini dan berhasil. Agar mendapat rasa yang familiar di lidah sebaiknya memilih kacang tanah yang masih muda.

4. Sebagai Bahan Pembuatan Isotonik

Kandungan lemak, protein, karbohidrat, lesitin, kolin, vitamin (A, B, C, D, E, dan K), serta mineral (kalsium, florida, ferro, magnesium, fosfor, kalium, dan sulfur) dapat menjadikan kulit kacang tanah sebagai bahan pembuatan isotonik.

5. Dibuat Kerajinan Tangan

Kulit kacang tanah dapat dijadikan pot sebagai pengganti polybag. Selain mudah ditemukan, juga ramah lingkungan.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan senyawa baik seperti lignin dalam kulit kacang tanah dapat meningkatkan nafsu makan yang sedang mengalami kekacauan. Lignin merupakan senyawa yang mendukung nafsu makan meningkat. Selain keenam hal tersebut, Kulit kacang tanah juga dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, membuang lemak jahat, meningkatkan trombosit, hingga sebagai obat paru-paru basah

Efek Samping Kulit Kacang Tanah

1. Kesemutan di sekitar Tenggorokan atau Mulut

Meski memiliki banyak manfaat, Anda tetap harus berhati-hati apabila mengkonsumsi obat-obatan herbal dari kulit kacang ini. Sebab kulit kacang tanah mengandung beberapa senyawa yang kurang baik bagi kesehatan tubuh terutama sekitar mulut dan tenggorokan. Senyawa tersebut berupa protein arachin dan conarachin. Apabila orang yang mengkonsumsi memiliki alergi terhadap kedua senyawa tersebut dan dikonsumsi dalam jumlah banyak maka bisa membahayakan kesehatannya.

2. Jerawat atau Bisul

Dalam kulit kacang tanah juga mengandung senyawa berupa minyak. Kandungan minyak yang berlebih dapat memicu timbulnya jerawat atau bisul.

Baca Juga: IDE BISNIS BERBAHAN DASAR KACANG TANAH

Kulit kacang yang berkualitas tentunya berasal dari kacang yang berkualitas pula. Untuk bisa mendapatkan manfaat kacang tanah berkualitas, Anda dapat mengunjungi PT. Sumber Roso Agromakmur yang merupakan distributor kacang tanah kupas Jakarta dengan harga termurah dan berkualitas.


Author

%d bloggers like this: