Indonetwork, PanduanSeperti yang sudah diketahui, warehouse atau gudang memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah bisnis. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan bahan baku produk dan produk. Jadi, fungsi gudang sendiri adalah menjadi tempat untuk proses distribusi ke lokasi yang dituju berdasarkan permintaan pelanggan.

Namun, ada beberapa jenis gudang yang dikhususkan untuk jenis barang-barang tertentu, seperti makanan, minuman, atau mesin. Para pelaku bisnis pun dapat menyesuaikan gudang dengan kebutuhan. Anda dapat melihatnya dari banyaknya produk yang akan disimpan, jenis produk, hingga lingkungan di sekitar tempat penyimpanan.

Apa saja jenis gudang secara umum dan jenis gudang berdasarkan karakteristiknya, berikut ulasan mengenai jenis-jenis warehouse.

Jenis Gudang Umum

Public Warehousing St. Louis | Third Party Logistics | 3PL

Memiliki gudang saat Anda berbisnis sangatlah membantu, tapi tahukah Anda jika gudang memiliki banyak jenisnya? Berikut jenis jenis gudang secara umum.

1. Gudang Pribadi Atau Swasta

Gudang pribadi atau swasta yaitu setiap sistem dijalankan oleh distributor atau penyalur (reseller). Jenis warehouse ini merupakan jenis yang terdistribusi secara mandiri. Contoh gudang pribadi atau swasta adalah pada beberapa pedagang grosir yang akan mengoperasikan stok-stok barang.

2. Gudang Publik Atau Umum

Gudang publik atau umum adalah jenis warehouse yang bisa Anda sewa dan pinjam untuk kebutuhan pendistribusian barang. biasanya Jenis gudang ini digunakan dalam jangka pendek. 

Biasanya yang menyewa gudang ini adalah para pengecer yang membutuhkan tempat penyimpanan tambahan. Ada pula para pebisnis yang menggunakan jasa sewa kontainer untuk dijadikan tempat penyimpanan sementara.

3. Gudang Otomatis

Seperti yang kita tahu, kata otomatis berarti sebuah sistem dapat bekerja sendiri. Begitu pula gudang otomatis yang beroperasi secara otomatis dan dikendalikan  menggunakan teknologi komputer atau mesin.

Jenis gudang tersebut biasanya memakai conveyor belt yang berguna untuk mengangkut barang, sehingga dapat meminimalisir kebutuhan sumber daya manusia (SDM) pada saat bekerja.

BACA JUGA: Jenis-Jenis Conveyor Belt, Ada Untuk Sushi!

4. Distributor Center 

Jenis gudang selanjutnya disebut dengan distributor center. Gudang ini berfungsi untuk menyimpan produk dalam waktu singkat atau bersifat sementara. Gudang ini merupakan tempat penyimpanan sementara sebelum nantinya produk tersebut didistribusikan ke berbagai pemasok.

Seperti contohnya jika produk datang, maka harus segera dikirim ke banyak pelanggan. Karena padatnya jam kerjanya dan sumber daya pekerja yang terbatas, fasilitas yang dimiliki juga disesuaikan dengan kebutuhan. Maka, Anda pun dapat memanfaatkan warehouse jenis distributor center ini.

5. Climate-Controlled Warehouse

Climate Control Warehouse

Climate-Controlled Warehouse atau sering disebut juga gudang pengaturan suhu merupakan gudang untuk aneka produk yang membutuhkan penanganan khusus. Gudang ini biasanya digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman agar suhu dan kualitas produk tetap stabil.

Jenis Gudang Berdasarkan Karakteristik Penyimpanan

Berdasarkan teknologi dan kepemilikannya, gudang dapat dibagi menjadi lima seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Kini akan dibahas tentang jenis gudang berdasarkan karakteristik penyimpanannya atau jenis gudang dan fungsinya.

1. Gudang Bahan Baku

raw materials warehouse

Jenis gudang yang pertama adalah gudang bahan baku. Gudang ini merupakan jenis gudang yang digunakan untuk menyimpan raw material, bahan setengah jadi maupun sudah jadi.

Jenis bahan baku yang tersimpan beraneka ragam seperti biji karet, pasir, logam dan lain-lain. Jenis gudang ini umumnya terletak berdekatan dengan tempat produksi.

2. Gudang Bahan Setengah Jadi

Gudang bahan setengah jadi ini merupakan tempat untuk menyimpan barang yang masih dalam proses manufaktur atau produksi. Barang yang biasanya sudah melalui proses produksi, tentunya akan menunggu proses produksi selanjutnya. Misalnya saja produk yang menunggu untuk pemasangan label, pembuatan kemasan, produk bundling dan lain lain.

3. Gudang Hasil Produksi

Warehouses of the Future for the Food Industry - Körber Supply Chain

Berbeda dengan gudang bahan setengah jadi, gudang ini dapat menyimpan hasil produksi yang sudah jadi dan sudah siap dijual ke pelanggan. Gudang ini juga berfungsi untuk menyimpan stok barang yang lebih agar nantinya dapat berjaga-jaga jika permintaan barang dari konsumen melonjak.

BACA JUGA: 5 Jenis-Jenis Forklift dan Kegunaannya untuk Pergudangan

4. Gudang Pusat Konsolidasi dan Transit

Seperti namanya, gudang ini merupakan jenis gudang diperuntukkan sebagai pusat konsolidasi dan transit. Gudang ini berfungsi sebagai tempat menerima barang dari berbagai pemasok sebelum dilakukan proses penggabungan untuk dikirim ke konsumen.

5. Gudang Pusat Transhipment

Gudang pusat transhipment ini memiliki persamaan dengan gudang transit. Akan tetapi, gudang jenis ini dipakai untuk menerima barang dalam jumlah banyak. Setelah itu, barang akan dibagi menjadi beberapa bagian kecil setelah melakukan proses pembagian untuk selanjutnya dikirim ke berbagai tujuan.

6. Gudang Cross Docking

Jenis gudang cross docking merupakan jenis gudang yang dibutuhkan oleh jasa ekspedisi sebagai tempat pemindah barang dari truk satu ke truk yang lain. Gudang ini memiliki harga sewa yang relatif murah karena jangka waktu yang dibutuhkan lumayan singkat.

7. Gudang Pusat Sortir

Pengiriman jenis parsel atau surat juga membutuhkan jenis gudang yang berbeda seperti gudang pusat sortir ini. Biasanya semua barang dikumpulkan terlebih dahulu kemudian disortir berdasarkan kode pos atau zona tujuan. Hal ini akan memudahkan pengiriman barang.

8. Gudang Fulfillment

Fulfillment Center vs. Warehouse: What Are The Differences?

Gudang ini biasanya digunakan untuk proses reverse logistics. Gudang jenis ini dirancang khusus untuk menyimpan barang yang akan dikembalikan. Kemudian, barang tersebut akan dicek kerusakannya untuk diambil kembali atau dimusnahkan.

9. Gudang Kepemilikan Publik 

Selain gudang milik pribadi, ada juga gudang yang dikelola oleh negara yang digunakan untuk kepentingan publik. Misalnya gudang BULOG. Gudang ini digunakan untuk menyimpan beras, peralatan milik tentara atau barang bantuan bencana.


Itulah informasi mengenai jenis jenis warehouse, semoga menambah pengetahuan Anda mengenai warehouse. Jika Anda sedang mencari gudang sementara, Anda dapat dengan mudah menemukannya di Indonetwork.

Sebagai B2B marketplace, kami memiliki segala kebutuhan bisnis yang Anda butuhkan untuk usaha Anda. Anda pun dapat bergabung menjadi mitra Indonetwork dan mulai memasarkan produk Anda agar semakin luas dikenal.

Penulis: Adelia

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks