Indonetwork, Alat Pemadam Kebakaran – Saat ini banyak pemilik rumah yang menggunakan pintu baja dibandingkan pintu tradisional yang terbuat dari kayu. Namun tetap saja kelemahan pintu baja ini tetap ada dan bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.

Tidak hanya pintu baja saja, jenis pintu lainnya juga punya kelemahan maupun kelebihannya masing-masing. Karena terbuat dari baja, tentu saja pintu ini punya memiliki banyak kelebihan dibandingkan kelemahannya.

Tidak mengherankan kalau sekarang banyak perusahaan yang jual pintu baja murah dan pintu baja modern. Bahkan ada sampai yang menjual pintu baja motif kayu supaya kesannya tetap tradisional.

Kelebihan Pintu Baja

Pintu Baja Fortress Produksi Motif Serat Kayu Kuat dan Handal
Sumber: builder.id

Sebelum kami bahas lebih jauh tentang kelemahan, apa saja kelebihan yang dimiliki oleh pintu baja ini. Simak rangkuman kami berikut ini.

1. Ketahanannya Sangat Kuat

Bila kita bandingkan dengan pintu yang terbuat dari material kayu, tentu saja pintu yang terbuat dari baja jauh lebih kokoh. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ada penjahat yang bisa maling ke dalam rumah.

5 Tips Membuat Pintu Rumah Anti Maling - Properti News - Portal Berita Properti Indonesia
Sumber: propertinews.id

Tidak hanya itu, pintu baja juga tidak mudah memuai ketika dalam kondisi musim hujan. Hal ini tentu saja akan terjadi pada pintu kayu yang bahkan akan mudah keropos.

Selain tidak mudah memuai, pintu baja juga tidak mengalami penyusutan dan mengalami kerapuhan. Hal ini bertolak belakang dengan pintu yang terbuat dari material kayu.

Dengan kemampuannya tersebut, pintu baja sangat tahan cuaca baik dari terik sinar matahari maupun air hujan.

JUAL PINTU TAHAN API FIRE DOOR 021.88950987, 08113545963, 0817186878Baca juga: Pentingnya penggunaan pintu tahan api pada bangunan

2. Ukuran Beragam dan Harga Terjangkau

Pintu baja tersedia dalam berbagai varian dimana Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menyesuaikannya dengan ukuran pintu rumah Anda supaya pas ketika digunakan.

Daftar Harga Pintu Baja JBS dan Variannya | solusiruma.com
Sumber: solusiruma.com

Selain itu, ada juga pintu baja dengan desain yang mirip seperti material kayu. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang menginginkan rumah dengan desain rustic atau klasik.

Ketimbang jenis pintu lainnya, pintu baja otomatis dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan budget sekitar Rp1,5 jutaan saja Anda sudah dapat memiliki pintu kuat ini.

3. Mudah Dibersihkan dan Tahan Rayap

Wajib Tahu! Ini Jenis-Jenis Rayap dan Cara Mengatasinya
Sumber: pestcare.id

Untuk membersihkan pintu baja juga sangat mudah dimana Anda hanya perlu air hangat dan sedikit deterjen saja. Menariknya lagi, pintu baja juga tidak akan kena rayap sehingga akan lebih awet dibandingkan dengan pintu kayu.

4 Pemasangan Pintu Tahan Api Dalam Bangunan

Baca juga: 4 Lokasi pemasangan pintu tahan api dalam bangunan

4. Tahan Api

Why Terminology Matters in Fire Protection - Wallace Fire Protection Ltd
Sumber: wallacefireprotection.co.uk

Keunggulan lainnya dari pintu baja adalah tahan terhadap api. Hal ini berbeda dengan pintu kayu dimana pintu ini akan sangat mudah terbakar dan api akan lebih mudah menyebar.

Kelemahan Pintu Baja

Lalu apa saja kelemahan yang dimiliki oleh pintu baja ini?

1. Mudah Berkarat

Karena terbuat dari material baja, tentu saja akan lebih mudah berkarat. Namun hal ini bisa terjadi jika Anda tidak melakukan perawatan dengan baik dan benar.

1920x1200px Download Gratis | coklat, tuas pintu baja, mendongkrak, menangani, pegangan pintu, tua, kenop pintu, berkarat | Piqsels
Sumber: piqsels.com

Jika kamu melakukan perawatan dengan cara yang benar, tentu saja pintu baja ini tidak akan mudah mengalami korosi atau berkarat.

2. Harus Dicat

Panduan Mengecat Pintu Agar Menampilkan Suasana Berbeda Halaman all - Kompas.com
Sumber: kompas.com

Salah satu cara supaya pintu baja tidak mudah berkarat yaitu dengan mengecatnya. Namun cat yang digunakan jangan sembarangan karena Anda harus menggunakan cat khusus.

Dengan begitu, Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar supaya pintu baja lebih mudah awet.

9 Jenis Daun Pintu Pilihan yang Mungkin Cocok Untukmu | Pengadaan (Eprocurement)

Baca juga: 11 Kelebihan pintu baja modern dibandingkan pintu kayu

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan pintu baja yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Pintu ini tentu saja sangat kami rekomendasikan karena akan membuat situasi rumah Anda menjadi lebih aman dibandingkan dengan pintu kayu.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks