Indonetwork, Rempah-Rempah – Manfaat air rebusan biji ketumbar terkenal dengan berbagai khasiatnya untuk kesehatan. Salah satunya menjaga kesehatan jantung. Maka dari itu tak jarang masyarakat rutin mengonsumsi rempah asal Eropa ini. Untuk mengulik lebih lanjut mengenai keunggulan biji ketumbar, berikut ini beberapa manfaat air rebusan biji ketumbar untuk kesehatan.

Menurunkan kadar gula darah

Sebagian riset menunjukkan manfaat air rebusan ketumbar dapat meningkatkan produksi kinerja hormon insulin. Hal ini membuat kadar gula darah dapat terkontrol lebih baik. Kendati demikian untuk pencegahan diabetes lebih lanjut, Anda tak boleh mengandalkan air ketumbar saja namun juga menjaga pola makan, rutin olahraga, hingga konsumsi makanan bergizi.

Sumber antioksidan

Kandungan biji ketumbar memiliki senyawa fenolik dan flavonoid, seperti asam galat, quercetin, dan kaempferol, yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit.

Meningkatkan pencernaan

Biji ketumbar mampu membantu mengurangi pembentukan gas dalam saluran pencernaan. Konsumsi biji ketumbar dapat membantu mengurangi masalah kembung, perut kembung, dan mulas.

Efek antiinflamasi

Air rebusan biji ketumbar memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko berbagai penyakit terkait inflamasi.

Meningkatkan kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dalam biji ketumbar dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, serta memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi masalah kulit tertentu.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan antioksidan dalam biji ketumbar dapat membantu melindungi jantung dengan menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam pembuluh darah.

Mengontrol tekanan darah

Air rebusan biji ketumbar berkhasiat mampu mengontrol tekanan darah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah penyakit jantung.

Baca Juga: Fakta-fakta Unik tentang Biji Ketumbar

Cara membuat air rebusan biji ketumbar

manfaat air rebusan air ketumbar
Sumber: Pixabay

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan biji ketumbar kering
  • 4 gelas air

Langkah-langkah membuat air rebusan biji ketumbar:

1. Bersihkan biji ketumbar

Cuci biji ketumbar di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran atau debu yang mungkin ada.

2. Rendam biji ketumbar (opsional)

Jika Anda ingin mengoptimalkan manfaat nutrisi biji ketumbar, Anda bisa merendam biji ketumbar dalam air selama beberapa jam sebelum merebusnya. Rendam dalam air bersih dan buang air rendamannya sebelum memasak.

3. Rebus biji ketumbar

Tuangkan 4 gelas air ke dalam panci dan masukkan biji ketumbar yang sudah dibersihkan atau direndam. Nyalakan kompor dengan api sedang.

4. Rebus hingga mendidih

Biarkan air dan biji ketumbar mendidih di atas api sedang. Setelah mendidih, biarkan rebusan biji ketumbar tetap dalam keadaan mendidih selama sekitar 10-15 menit.

5. Tutup panci

Setelah waktu perebusan selesai, matikan api dan tutup panci. Biarkan air rebusan biji ketumbar dalam panci selama beberapa menit untuk memberikan waktu bagi nutrisi dari biji ketumbar meresap ke dalam air.

6. Saring air rebusan

Setelah beberapa menit, saring air rebusan biji ketumbar menggunakan saringan atau kain kasa bersih untuk memisahkan biji ketumbar dari airnya.

7. Siap disajikan

Air rebusan biji ketumbar siap untuk disajikan. Anda bisa minum air rebusan ini sebagai minuman yang menyegarkan dan bermanfaat bagi kesehatan.

Perlu diperhatikan bahwa air rebusan biji ketumbar ini memiliki rasa yang khas dan aroma yang harum. Jika Anda ingin mengendalikan intensitas rasa dan aroma, Anda bisa menyesuaikan jumlah biji ketumbar yang digunakan dalam proses perebusan.

Baca Juga: Cara Menanam, Merawat, dan Mengolah Biji Ketumbar

Kapan waktu yang tepat minum air rebusan biji ketumbar?

manfaat air rebusan ketumbar
Sumber: aahaaramonline.com

Waktu yang tepat untuk minum air rebusan biji ketumbar dapat bervariasi tergantung pada tujuan konsumsi dan preferensi pribadi. Salah satunya pada pagi hari. Minum air rebusan biji ketumbar di pagi hari bisa menjadi cara yang baik untuk memulai hari dengan hidrasi dan manfaat kesehatan dari biji ketumbar. Ini juga dapat membantu menyegarkan tubuh dan meningkatkan pencernaan sejak awal hari.

Tak hanya itu minum air rebusan biji ketumbar beberapa saat sebelum makan dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan membantu proses pencernaan. Biji ketumbar memiliki sifat karminatif yang dapat membantu mengurangi pembentukan gas dalam saluran pencernaan.

Efek samping minum air rebusan ketumbar

Secara umum, minum air rebusan biji ketumbar dalam jumlah wajar tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi kebanyakan orang. Namun, beberapa individu mungkin memiliki reaksi alergi atau sensitivitas terhadap biji ketumbar, yang dapat menyebabkan efek samping tertentu. Selengkapnya berikut ini uraiannya dilansir dari berbagai sumber.

Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap biji ketumbar. Gejala alergi dapat termasuk ruam kulit, gatal-gatal, pembengkakan, atau kesulitan bernapas. Jika Anda memiliki riwayat alergi makanan atau tanaman dari keluarga Apiaceae, sebaiknya hindari mengonsumsi biji ketumbar.

Gangguan pencernaan

Meskipun biji ketumbar memiliki sifat karminatif yang membantu mengurangi pembentukan gas dalam saluran pencernaan, konsumsi berlebihan biji ketumbar dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau mual pada beberapa orang.

Interaksi obat

Biji ketumbar dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan atau memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi atau tenaga medis sebelum mengonsumsi air rebusan biji ketumbar atau suplemen herbal lainnya.

Risiko hipoglikemia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji ketumbar dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Bagi orang yang memiliki diabetes atau masalah kadar gula darah lainnya, konsumsi biji ketumbar harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam jumlah yang sesuai dengan rekomendasi dokter.

Baca Juga: Cara Menanam, Merawat, dan Mengolah Kacang Tanah

Demikian ulasan mengenai manfaat air rebusanbiji ketumbar untuk kesehatan, cara membuatnya, hingga efek samping yang bisa jadi timbul bagi sebagian konsumen. Bagi Anda yang sedang mencari biji ketumbar untuk kesehatan dengan kualitas terbaik dapat menuju daftar perusahan biji ketumbar terbaik yang bisa Anda simak di tautan berikut ini. Semoga bermanfaat.

EditorL Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks