Keunggulan lantai vynil – Hunian yang nyaman merupakan impian banyak orang. Salah satu faktor kenyamanan hunian adalah berasal dari jenis lantai yang digunakan. Terdapat berbagai jenis lantai yang biasa digunakan di pemilik hunian, seperti keramik, lantai kayu, karpet, lantai plester, hingga lantai vynil.

Salah satu jenis lantai yang cukup populer saat ini digunakan adalah lantai vynil. Lantai ini berbahan dasar sintetis yang banyak digunakan berbagai hunian dan memiliki tampilan mewah dengan harga terjangkau.

Adapun bentuknya adalah berupa lembaran yang dipasang dan diaplikasikan dengan cara menempelkan di lantai rumah. Jenis floor vynil  saat ini cukup populer dan banyak digunakan, hal tersebut dikarenakan jenis lantai ini memiliki beberapa keunggulan. Apa saja itu? Berikut ini beberapa keunggulan lantai vynil yang perlu diketahui.

Tahan lama

Meskipun beberapa jenis lantai juga memiliki beberapa keunggulan perihal ketahanan waktu yang lama, lantai vynil juga tidak kalah memiliki kualitas terbaik yang mampu bertahan antara 15 hingga 20 tahun. Lantai ini juga kuat dan mampu menahan kotoran dan air.

Perawatan yang mudah

Lantai vynil juga memiliki perawatan yang mudah. Hal tersebut karena lantai ini mampu menahan kotoran dan mudah dibersihkan hanya dengan menyapu dan sesekali mengepelnya. Anda dapat mengepel lantai vynil menggunakan air bersih maupun menambahkannya dengan pembersih lantai.

Relatif mudah dipasang

Lantai vynil juga mudah dipasang dibanding jenis lantai lainnya. Pengguna hanya perlu menempelkannya dengan rapi. Adapun langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan tempat yang akan Anda pasang adalah benar-benar kering dan rata. Jika Anda belum pernah memasangnya, sebaiknya Anda dapat memanggil jasa pasang lantai vynil agar pemasangan lebih rapi dan rata.

Memiliki beragam model yang menarik

Salah satu keunggulan lain lantai vynil adalah memiliki model dan desain yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan selera semua orang. Inilah yang membuat penampilan vynil jadi lebih menarik. Salah satu model lantai vynil yang cukup menarik adalah motif replika kayu.

Model lantai vynil dengan motif kayu yang dibelah dua memang terlihat seperti benar-benar hampir sama dengan tekstur yang hampir sama dengan kayu asli. Selain model kayu, model lantai vynil populer lainnya adalah desain marmer. Berbagai desain lantai vynil inilah yang membuat dekorasi hunian Anda semakin menarik.

Tahan air dan lembap

Bagi hunian Anda yang memiliki intensitas kelembapan yang tinggi, lantai vynil dapat menjadi salah satu pilihan utama dasar lantai yang cocok. Hal tersebut karena lantai vynil memiliki sifat tahan air dan lembap. Karena kelebihannya tersebut, tidak jarang lantai vynil juga dipasang pada area kamar mandi.

Antirayap

Lantai vynil memiliki sifat antirayap karena materialnya tidak mengandung kayu sedikit pun. Hal ini yang membuat jenis lantai ini cukup digemari banyak pemilik hunian.

Fleksibel

Fleksibel artinya lantai vynil dapat diaplikasikan di mana saja baik ruangan indoor maupun outdoor. Bahkan tidak hanya bagian lantai dasar rumah tapi juga dapat dipasang di dinding, tangga, hingga bagian plafon rumah.

Tips memasang lantai vynil

jenis lantai vinyl
Sumber: Home Stratosphere

Bagi Anda yang tertarik untuk memasang sendiri lantai vynil untuk kebutuhan lantai rumah tanpa jasa pemasangan lantai vynil. Berikut ini tips memasangnya.

Pastikan lantai yang akan dipasang vynil dalam permukaan rata

Sebelum memasang lantai vynil di rumah, pastikan lantai yang akan dipasang memiliki permukaan rata. Hal ini berguna agar vynil yang terpasang dapat menempel dengan sempurna tanpa gelembung. Sehingga hasil pemasangan menjadi rapi dan enak dipandang.

Sesuaikan dengan budget

Anda juga harus memperhatikan budget yang dimiliki sebelum memasang lantai vynil. Lantai vynil sendiri memiliki beragam model dan desain yang juga dibanderol dengan beragam harga. Selain itu terdapat vynil yang perlu ditambahkan perekat dan ada yang tidak perlu.

Pertimbangkan ukuran tebal vynil

Lantai vynil memiliki beberapa macam ketebalan. Mulai dari 1,6 mm, 1,8 mm, 2 mm, 3 mm, sampai dengan 5 mm. Beberapa macam ketebalan tersebut menentukan daya tahan lantai vynil yang terpasang. Untuk itu Anda dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan ruang hunian.

Pilih lantai vynil tanpa perekat jika sering berganti model

Jika Anda seorang yang mudah bosan dan berganti-ganti model tergantung selera, maka pilihlah lantai vynil tanpa perekat. Sebab jenis vynil yang memiliki perekat akan sulit dibersihkan ketika dikelupas untuk menggantinya ke model baru yang Anda inginkan.

Motif lantai vynil

cara membersihkan lantai vinyl

Setelah mengetahui beragam keunggulan dan tips dalam pemasangan lantai vynil, berikutnya beberapa motif lantai vynil yang populer di pasaran dan menjadi favorit sebagian orang.

Lantai vynil motif oak

Jenis ini memiliki motif kayu oak dan sering dipakai untuk memberikan efek rustic yang akan membuat rumah Anda terlihat lebih homey. Lantai ini memiliki beberapa jenis warna mulai dari brown oak, golden oak, hingga dark oak.

wood effect

Lantai vynil dengan motif kayu hutan atau vynil wood effect juga menjadi model paling favorit di kalangan masyarakat. Motif ini juga terlihat lebih realistik seperti kayu asli dan akan menambah suasana rumah semakin natural.

Lantai vynil motif bebatuan

Jenis lantai vynil ini memiliki kesan bebatuan dan klasik. Lantai ini memiliki warna sandstone dan cocok dipakai di segala ruangan. Lantai vynil jenis ini cocok dipadupadankan dengan furniture yang memiliki warna hampir sama maupun warna yang kontras.

Demikian beberapa ulasan ringkas mengenai lantai vynil dan keunggulannya. Bagi Anda yang mulai tertarik dengan lantai vynil, dapat mengunjungi tautan berikut ini untuk mendapatkan berbagai vendor lantai vynil terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruangan Anda


Author

%d bloggers like this: