Indonetwork, Makanan – Meskipun pedas, namun cabai merah memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat cabai merah kering yang akan Anda dapatkan. Jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi cabai merah kering dengan jumlah yang wajar.

Cabai banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang memiliki satu keluarga dengan paprika dan tomat di bawah genus Capsicum. Menariknya lagi, cabai yang termasuk ke dalam genus Capcisum ini termasuk dalam kategori buah-buahan, bukan sayuran.

Manfaat Cabai Merah Kering Untuk Tubuh

Info Terbaru Harga Cabe Kering (Semua Kemasan) – Daftar Harga & Tarif 2023
Sumber: harga.web.id

Lalu apa saja manfaat cabai merah kering untuk tubuh? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Meringankan Rasa Sakit

Proses pelepasan hormon endorfin yang terjadi pada tubuh yang dirangsang oleh cabai akan meringankan rasa sakit yang alami. Kandungan Capsaicin pada cabai akan bekerja sama dengan reseptor rasa sakit pada tubuh.

Kenali Faktor Pemicu Badan Pegal dan Nyeri Otot Serta Pengobatannya! »  JOGLOSEMAR NEWS
Sumber: joglosemarnews.com

Kemudian akan merasakan sensasi panas yang berasal dari cabai merah yang akan membantu ujung saraf untuk berhenti mengirimkan rasa sakit tersebut. Jadi jangan heran kalau banyak obat oles maupun krim yang terasa panas.

Pasalnya dalam obat tersebut mengandung zat capsaicin yang bisa membantu menurunkan rasa nyeri maupun cedera pada tubuh.

Bukannya Umur Panjang Malah Mati Muda, Minum Air Ketumbar Demi Kesehatan Ternyata Bikin Bahaya Bagi Orang dengan Kondisi Ini, Waspada! - Semua Halaman - Sajian Sedap

Baca juga: 5 MANFAAT MINUM AIR KETUMBAR DI PAGI HARI UNTUK KESEHATAN TUBUH

2. Menurunkan Berat Badan

Apakah saat ini Anda tengah menjalankan program diet? Jika iya, cabai ternyata dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Jadi jangan lupa untuk memasukkan cabai ke dalam menu harian Anda.

6 Cara Diet Alami Ini Sudah Terbukti Secara Alamiah, lo
Sumber: kesehatan.kontan.co.id

Kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai bisa membakar lemak dan energi tubuh dengan lebih cepat. Bahkan dari riset yang dilakukan oleh ilmuwan menyebutkan kalau mengkonsumsi 2 miligram capsaicin per hari selama 12 minggu bisa membantu mengecilkan lingkar perut.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Bagi Anda yang sedang mengidap penyakit diabetes, mengkonsumsi cabai adalah langkah yang sangat tepat. Karena cabai ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada tubuh Anda,

Arti Tinggi dan Rendahnya Kadar Gula Darah - Alodokter
Sumber: alodokter.com

Dari Journal of Agricultural and Food Chemistry, kandungan capsaicin pada cabai bisa menurunkan kadar gula darh. Bahkan zat ini punya sifat antidiabetik dan dapat memberikan efek yang positif jika dikonsumsi oleh pasien diabetes tipe 1.

Kejar Produksi, Kementan akan Mulai Kembangkan Kedelai GMO | Republika Online

Baca juga: 7 PERBEDAAN KEDELAI GMO DAN NON GMO

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan vitamin B6, kalium, asam folat, dan beta karoten yang ada pada cabai bisa membantu Anda terhindar dari serangan penyakit jantung. Kandungan Vitamin B bisa mengurangi homosistein pada tubuh.

Hubungan Penyakit Jantung dan Gangguan Pendengaran - Blog - Pusat Alat  Bantu Dengar Indonesia
Sumber: pusatalatbantudengar.com

Kadar homosistein pada tubuh bisa merusak pembuluh darah, sehingga resiko terkena stroke dan serangan jantung sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi cabai, masalah penyakit tersebut bisa diminimalisasi.

5. Menurunkan Resiko Kanker

Saluran pernapasan di paru paru akan menjadi lebih lebar ketika mengkonsumsi cabai. Dengan begitu sangat cocok bagi Anda yang saat ini tengah mempunyai penyakit asma.

Pemeriksaan CArisk, Bantu Ketahui Risiko 13 Jenis Kanker Lebih Dini | Orami
Sumber: orami.co.id

Pada cabai terdapat vitamin A yang bisa membantu menurunkan resiko radang paru-paru yang biasa terjadi pada perokok. Karena asap rokok itu mengandung benzopyrene yang bisa menghancurkan vitamin A yang ada dalam tubuh.

Benarkah Sari Kacang Hijau Bisa Mencegah Diabetes?

Baca juga: 5 MANFAAT MINUMAN SARI KACANG HIJAU UNTUK KESEHATAN TUBUH

6. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat cabai merah yang lainnya adalah menjaga kesehatan mata, khususny untuk cabai hijau. Pada cabai hijau ini terdapat kandungan lutein yang bisa membantu mencegah kerusakan pada mata yang disebabkan oleh penuaan. Misalnya adalah penyakit katarak dan degenerasi makula.

Catat, Ini 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Anak
Sumber: halodoc.com

Itulah beberapa manfaat cabai merah kering untuk kesehatan tubuh. Meskipun rasanya pedas yang menimbulkan diare, namun nyatanya buah ini memberikan berbagai manfaat. Namun pastikan untuk mengkonsumsinya dalam dosis yang wajar supaya tidak menimbulkan resiko bagi tubuh.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks