Indonetwork, Makanan – Banyak orang merasa makanannya menjadi kurang sedap jika tidak menggunakan micin, pasti ada rasa yang kurang apabila tidak ada micin. Sayangnya, masih banyak orang pula yang memiliki stigma yang negatif terhadap micin, terutama micin yang terletak pada snack-snack untuk anak-anak.

Mulai dari stigma bahwa makan micin membuat bodoh, micin sumber penyakit, dan lain sebagainya. Tapi apakah Anda pernah tahu, disamping banyaknya stigma negatif tentang micin yang beredar, sebenarnya apa saja manfaat micin?

Artikel di bawah ini akan mengulas informasi seputar micin. Mulai dari apa itu micin, stigma negatif masyarakat terhadap micin, hingga manfaat kesehatan micin bagi tubuh. Tentunya artikel ini juga akan memberikan rekomendasi kepada Anda untuk bisa mendapatkan tempat jual micin murah dan berkualitas.

Gambaran Umum Micin

MSG micin monosodium glutamate
Sumber: health.clevelandclinic.org

Micin, yang memiliki bahasa ilmiah Monosodium Glutamate (MSG) terbuat dari pati dan gula yang difermentasi.  MSG biasanya digunakan sebagai penyedap makanan yang langsung dicampurkan dengan bahan makanan lainnya, seperti mie instan, beberapa snack yang berbumbu, dan makanan rumahan yang memang dibumbui dengan MSG.

Micin memiliki tekstur yang halus seperti garam, hanya saja butirannya lebih panjang. Namun perlu diingat, ukuran dan teksutr micin dari tiap produsen dapat berbeda-beda.

Stigma Negatif Micin

MSG micin monosodium glutamate
Sumber: news.unair.ac.id

Micin yang didambakan orang-orang Indonesia memang memiliki dampak negatif apabila dikonsumsi berlebihan. Bahkan bisa menimbulkan penyakit jika dikonsumsi jangka panjang. Stigma negatif yang muncul pada masyarakat mengenai micin yang adalah micin sebagai penyebab utama bodohnya anak-anak dan dapat menurunkan konsentrasi belajar.

Istilah “generasi micin” tentunya tidaklah asing dengan stigma ini. Akan tetapi, belum ada hasil ilmiah yang membuktikan hal ini. Apalagi pada setiap makanan yang kita konsumsi tidak hanya mengandung micin saja, tetapi juga bahan lainnya bisa saja yang bisa menimbulkan dampak negatif juga.

Pada dasarnya memang sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Selagi kita bisa mengatur konsumsi micin kita pasti akan terhindar dari efek negatif micin. WHO sendiri sudah menetapkan batas konsumsi harian micin seseorang adalah 6 gram, sedangkan dari Kementerian Kesehatan RI menetapkan 5 gram sebagai batas konsumsi micin harian.

Baca Juga : INI DIA! ASAL USUL REPUTASI BURUK MICIN

Micin dan Manfaatnya

MSG micin monosodium glutamate
Sumber: Kompas Health

Generasi micin pasti senang sekali bisa mendengar bahwa sebenarnya micin memiliki manfaat di balik stigma dan dampak negatif yang selalu menggaung di masyarakat. Berikut di bawah ini beberapa manfaat dari micin:

1. Cita rasa makanan menjadi lebih sedap

Rasa sedap, asin, dan gurih yang dihasilkan dari micin menambah cita rasa tersendiri pada makanan, terutama pada snack-snack kecil yang sering kita konsumsi. Perlu diingat juga bahwasanya micin ini adalah bahan penyedap yang memang aman untuk dikonsumsi karena dari World Health Organization (WHO) sudah memverifikasi keamanan micin sebagai bahan makanan, verifikasi itu juga telah dilakukan oleh Food and Drug Administration (FDA)

2. Micin memiliki manfaat untuk tanaman

Natrium yang dimiliki oleh micin adalah salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh tumbuhan. Micin yang dicampurkan dengan air kemudian disiramkan kepada tumbuhan mampu membantu proses penyuburan tumbuhan.

Selain itu, dengan menambahkan micin pada tanaman juga dapat mengurangi penggunaan pupuk sebagai bahan yang bertugas menyuburkan tanaman. Apalagi pupuk juga memiliki unsur bahan kimia yang jika diberikan berlebihan justru akan memberikan dampak negatif pada tumbuhan.

Baca Juga : MICIN BISA UNTUK TANAMAN? SIMAK ULASAN BERIKUT!

3. Mengurangi konsumsi garam yang membuat tekanan darah tinggi

Konsumsi garam yang berlebihan bisa berdampak naiknya tekanan darah atau memicu hipertensi. Micin sendiri merupakan bahan makanan yang mengandung garam juga, akan tetapi garam yang dikandungnya jumlah persentasenya lebih sedikit sehingga aman digunakan dan apabila penggunaanya sesuai takaran tidak akan memicu tekanan darah tinggi.

4. Selera makan bertambah

Rasa gurih yang dihasilkan oleh penyedap rasa, micin ini akan menambah selera makan orang-orang. Otomatis ketika selera makan bertambah asupan gizi harian seseorang bisa tercukupi dengan baik. Hal ini juga sudah dilakukan penelitian di Jepang Universitas Kanagawa. Selain itu hasil penelitiannya juga menunjukkan bahwa hal tersebut mmapu meningkatkan kualitas hidup lansia.

5. Merangsang produksi air liur yang dapat mempercepat mencerna makanan

Micin mengandung glutamat dimana glutamat tersebut bisa merangsang produksi air liur, sehingga proses makanan akan lebih cepat halus dan bisa dicerna dengan baik.

6. Meningkatkan produksi cairan pada lambung

Bagi penderita radang lambung atau gastritis atrofik, micin ini membantu untuk melancarkan pencernaan makanan pada lambung karena  produksi cairan di lambung meningkat. Selain itu sebenarnya micin ini juga mampu mengurangi adanya resiko  gastritis atrofik (dinding lambung yang menipis).

Baca Juga : 8 ALASAN MEMILIH NASI BOX UNTUK ACARA

Di balik masyarakat yang melihat micin sebagai penyedap makanan yang berbahaya, sebenarnya dia memiliki manfaat jika dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan harian seharusnya. Bahkan micin saja juga memiliki manfaat untuk tumbuhan. Yang terpenting dalam menggunakan micin baik bagi kita maupun untuk tumbuhan tidak boleh berlebihan. Kesehatan kuncinya ada pada Anda, mengkonsumsi micin yang cukup juga belum tentu membuat badan Anda 100 persen sehat karena ini bergantung juga dengan bagaimana Anda menjaga pola hidup Anda sendiri.

Rekomendasi Grosir jual Micin Murah

Micin selalu menjadi kebutuhan utama dapur, apalagi micin berperan untuk memberikan cita rasa makanan yang lebih mantap lagi. Bagi Anda yang sudah terbiasa masak menggunakan micin tentunya selalu membutuhkan micin yang berkualitas dengan harga yang murah.

Rekomendasi tempat jual micin murah dan terpercaya yakni di PT. Citra Mandiri Jaya Makmur. Kualitas dan kepercayaan Anda menjadi keutamaan dari perusahaan ini. Berbagai jenis micin dengan berat yang berbeda-beda tersedia disini. Untuk Anda yang berminat membeli grosir perusahaan ini juga melayani. Berikut ini jenis – jenis micin yang tersedia di perusahaan:

  • Micin / MSG Camar kemasan 250 g, 1 kg, 25 kg
  • Micin / MSG Galaxy kemasan 100 g, 250 g, 25 kg
  • Micin / MSG M56 kemasan 1 kg, 25 kg
  • Micin / MSG M5000 kemasan 250 g, 25 kg
  • Micin / MSG Mariani kemasan 25 kg
  • Micin / MSG Viji Moto kemasan 250 g

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: