Selain berguna untuk menambah cita rasa makanan, micin bisa juga memberikan khasiat bagi tanaman lho. Kandungan senyawa yang dimiliki oleh MSG, diketahui dapat menjadi pupuk dalam proses pemupukan tanaman. Selain itu, MSG juga dapat menyuburkan tanaman, mencegah daun rontok, mempercepat tumbuhnya bunga, membuat daun hijau dan segar, serta memperkuat akar tanaman. Penasaran? Simak ulasannya berikut.

Kandungan dalam Micin

Dilansir dari kompas.com, micin memiliki beberapa kandungan senyawa yang dapat bermanfaat bagi tumbuh kembang tanaman. Kandungan senyawa tersebut seperti 78% asam glutamate, 12% natrium benzoate, dan 10% air.
Dalam pertumbuhannya, tanaman membutuhkan unsur hara mikro agar dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan produk yang berkualitas. Nah, dengan menggunakan MSG, tanaman bisa mendapatkan unsur hara natrium sebagai penyubur tanaman.

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Herbal Pada Ramuan Kesehatan

Manfaat Micin untuk Tanaman

Micin & Tanaman
Sumber: Pexels

Selain berguna untuk menambah kelezatan makanan, micin juga dapat bermanfaat bagi tumbuh kembang tanaman. Berikut beberapa manfaat MSG untuk tanaman.

Meningkatkan Kadar Air dalam Tanaman

Kandungan senyawa natrium pada micin terbukti dapat mencegah kekurangan air pada tanaman. Selain itu, MSG juga dapat meningkatkan kandungan air pada tanaman.

Mempercepat Pembungaan Tanaman

Micin juga dapat mempercepat proses pembungaan pada tanaman, terutama pada tanaman sayur dan tanaman hias. Hal ini dipengaruhi oleh senyawa natrium yang terkandung di dalamnya. Namun perlu juga diketahui, bahwa pemberian MSG tidak disarankan pada tanaman yang sedang berbuah, karena hal ini dapat mempengaruhi rasa buah. Akibatnya, rasa buah akan menjadi sedikit gurih dan kurang segar.

Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Selain itu, micin juga dapat merangsang pertumbuhan bagian-bagian tanaman seperti daun, cabang, dan batang tanaman. Waktu terbaik untuk memberikan MSG adalah ketika tanaman berusia dua minggu dari waktu penanaman. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa nitrogen yang terkandung di dalam MSG.

Tanaman Lebih Tahan terhadap Penyakit

Micin mengandung kalium yang bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit. Zat tersebut dapat mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis, dan metabolisme tanaman apabila menambahkan MSG pada tanaman.

Sebagai Pupuk Tanaman

Selain beberapa manfaat di atas, manfaat lain yang bisa didapatkan adalah sebagai pupuk tanaman. Namun pemanfaatan MSG sebagai pupuk tidak dapat diaplikasikan terhadap semua jenis tanaman. MSG biasanya dimanfaatkan sebagai pupuk pada tanaman aglonema atau tanaman hias.

Pengaplikasiannya adalah dengan cara melarutkan MSG yang berbentuk kristal ke dalam air dan disemprotkan pada area-area yang dekat dengan pengakaran tanaman. Tanaman yang diberi pupuk micin akan tampak sehat, segar, dan berdaun lebat. Hal ini dikarenakan senyawa C, H, O dan Na yang terkandung di dalam MSG.

Menyuburkan Tanaman Padi

Pengaplikasian micin pada tanaman padi guna menyuburkan padi, pernah dilakukan di daerah Kendal, Jawa Tengah. Ketika itu, petani sedang mengantisipasi langkanya pupuk di daerah tersebut. Oleh karena itu, petani menggunakan MSG sebagai pengganti pupuk.

Mereka mengaplikasikannya dengan cara mencampurkan MSG ke dalam air dan menyemprotkannya ke tanaman padi yang sudah berusia lebih dari sebulan.

Baca juga: Mengenal Minyak Makan Merah dan Fakta Nutrisinya

Cara mengaplikasikan Micin ke Tanaman

Micin & Tanaman
Sumber: Pexels

Pengaplikasian micin ke dalam tanaman tidak begitu rumit dan membutuhkan tenaga ekstra. Berikut beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk mengaplikasikan MSG ke dalam tanaman Anda.

Menaburkan Bubuk Micin Secara Langsung

Cara paling mudah untuk mengaplikasikan micin ke tanaman adalah dengan menaburkannya secara langsung. Dosis yang digunakan apabila Anda mengaplikasikannya dengan cara menaburkan secara langsung adalah 1 gram atau kurang lebih seujung sendok teh per tanaman.

Anda dapat menaburkan bubuk MSG langsung ke media tanam tanaman untuk kemudian diserap oleh akar tanaman. Sebelum menaburkannya, buatlah lubang pada media tanam yang berada di sekitar akar tanaman. Setelah itu, taburkan secara merata pada lubang yang telah Anda buat. Jangan lupa untuk menutup kembali lubang yang sudah Anda isi dengan MSG.

Larutkan Micin ke dalam Air

Untuk melarutkan MSG ke dalam air, pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan air sebanyak 1 liter dan mencampurkannya dengan micin sebanyak 5-6 gram atau kurang lebih setengah sendok makan. Kemudian aduk MSG hingga larut dalam air dan merata.

Setelah itu, Anda sudah dapat mengaplikasikannya ke tanaman dengan menyiramkan pada area perakaran tanaman. Perlu diperhatikan juga bahwa penyiraman cukup setengah gelas atau 100 ml air larutan MSG per tanaman.

Menyemprotkan Air Larutan Micin ke Daun Tanaman

Cara yang ketiga adalah dengan menyemprotkan air larutan micin ke daun tanaman. Pengaplikasikan pada cara ketiga ini, anda perlu untuk mencampurkan 4 gram MSG ke dalam 1 liter air. Kemudian aduk air yang sudah dimasukkan MSG hingga larut dan merata. Pada cara ini, Anda juga perlu untuk menggunakan botol semprot guna mempermudah pengaplikasian air larutan MSG. Tahap terakhir, semprotkan larutan MSG ke daun tanaman secara menyeluruh untuk menambahkan nutrisi pada tanaman.

Baca juga: Ini Dia! Asal Usul Reputasi Buruk Micin

Jual Micin Murah

Untuk mendapatkan micin terbaik dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkannya di PT Citra Mandiri Jaya Makmur. PT Citra Mandiri Jaya Makmur merupakan pabrik dan produsen micin MSG (penyedap rasa) di Surabaya. Anda bisa mendapatkan penawaran harga menarik dari produk mereka, lho. Jadi, tunggu apalagi? Pesan sekarang juga!

Author

Enable Notifications OK No thanks