Indonetwork, Peluang UsahaMenanam sayuran tidak hanya bisa dilakukan di lahan perkebunan yang luas saja. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan, menanam sayuran di polybag adalah pilihan yang mudah dan bisa jadi lahan bisnis yang menguntungkan.

Jenis tanaman yang bisa ditanam di polybag antara lain tanaman hortikultura seperti sayuran, umbi-umbian dan kacang-kacangan. Meski angka impor sayur di Indonesia pada tahun 2022 masih tinggi, namun beberapa jenis sayuran dari kita juga ikut diekspor ke negara lain, seperti salah satunya bawang merah. Hal ini bisa dipertimbangkan bagi Anda yang ingin mulai menekuni bisnis sayuran.

Menanam sayur sendiri di rumah dengan polybag bisa dijadikan sebagai hobi yang menyenangkan. Aktivitas menanam sayur bisa membantu produksi vitamin D bagi tubuh.

Jika Anda baru pertama kali menanam sayuran di plastik polybag, Anda bisa memulainya dari sayuran yang digemari dan mudah perawatannya, seperti kangkung, sawi, dan cabai rawit. Berikut cara menanam sayuran di polybag untuk pemula yang mudah diikuti.

Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

cara menanam cabai rawit di polybag
Sumber: biocharmardi

Cabai rawit merupakan jenis cabai yang paling mudah perawatannya. Namun, tingginya permintaan cabai rawit dari masyarakat kita terkadang membuat harganya melambung tinggi. Sehingga agar tetap hemat bisa disiasati dengan menanam cabai rawit di rumah sendiri.

Jika lahan di sekitar rumah Anda terbatas, Anda bisa memanfaatkan polybag untuk wadah tanamnya. Disarankan menggunakan polybag berukuran 30 cm supaya media tanam kuat menopang tumbuhnya cabai. Berikut cara menanam cabe rawit di polybag agar cepat berbuah.

1.Siapkan Benih Cabai Rawit yang Berkualitas

Benih cabai sebenarnya banyak dijumpai dan bisa dibeli di toko pertanian. Namun, pastikan membeli benih dengan kualitas yang baik dan unggul. Adapun ciri-ciri benih cabai yang berkualitas, yaitu:

  • Diketahui varietasnya
  • Memiliki daya simpan lebih lama
  • Daya tumbuh tinggi yaitu ± 80 %
  • Bebas hama dan penyakit

2. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam cabai bisa berupa campuran tanah atau pupuk kompos. Lalu, bandingan campuran tanah dan pupuk kompos.

Keadaan dan jenis tanah yang tepat juga mempengaruhi keberlangsungan hidup tanaman. Untuk cabai sendiri, tanah yang bagus yaitu tanah yang remah atau gembur dengan kandungan organik tinggi dan pH antara 6-7.

3. Pemupukan

Cara menanam cabe agar berbuah lebat memerlukan pemupukan yang tepat. Pupuk yang biasa digunakan yaitu satu sendok makan NPK per polybag setiap bulan. Lalu Anda bisa tambahkan pupuk kompos saat cabai akan berbuah.

4. Penyiraman

Penyiraman cabai diperlukan untuk menjaga kebutuhan air tetap terpenuhi. Penyiraman dilakukan setidaknya dua kali sehari lalu disiram setiap pagi dan sore. nah cara menyiramnya juga tidak boleh asal-asalan cukup disiram dengan air 500 mL.

5. Perempelan

Salah satu perawatan yang dilakukan untuk mendorong pertumbuhan tanaman cabai prima adalah dengan merempel daun cabai. Tujuannya adalah menghilangkan tunas muda di ketiak daun.

Proses ini biasa nya dilakukan setelah 20 hari di tanam.  Caranya, potong semua daun bagian bawah dan tunas liarnya yang tumbuh di batang utama, dari dahan pucuk sisakan 4-10 daun saja.

6. Panen

Cabai bisa dipanen pada saat buahnya berubah menjadi kemerahan. Cabai bisa dipanen pada saat umur 3,5 hingga 4 bulan.

Baca Juga: Cara Budidaya Melon menggunakan Plastik Mulsa

Cara Menanam Sawi di Polybag

cara menanam sawi di polybag
Sumber: YouTube

Menggunakan polybag menjadi solusi yang murah meriah saat Anda ingin mulai berkebun sawi. Berikut cara menanam sayuran di polybag untuk sawi.

1.Menyiapkan Polybag

Siapkan polybag dengan ukuran diameter 32 atau 35 cm. Ukuran ini merupakan ukuran yang sesuai untuk menampung tanaman sawi yang telah tumbuh dewasa nanti.

2. Siapkan Tanah yang Sudah Diayak

Selanjutnya, siapkan tanah untuk dijadikan media tanam. Ayak terlebih dahulu tanah nya agar tanah terbebas dari kerikil. Tanah yang bagus untuk sawi adalah tanah gembur.

3. Siapkan Pupuk yang Sudah Matang

Anda bisa menggunakan campuran pupuk kandang, urea, pupuk SP-36, dan Kcl untuk untuk menyuburkan sawi. Campurkan pupuk dengan sekam padi dan siram dengan air bersih sampai basah. Biarkan campuran pupuk terbuka jangan ditutupi dengan plastik atau apapun itu dan biarkan mengering.

4. Masukan Media Tanam ke Polybag

Masukan media tanam ke polybag yaitu tanah yang sudah diayak dengan ketebalan 10 cm.

5. Campurkan Tanah dan Pupuk ke Dalam Polybag

Cara menanam sawi adalah dengan mencampur tanah dan pupuk dengan ketebalan 2 cm. Ulangi cara ini hingga polybag penuh.

6. Siapkan Lubang untuk Memasukan Benih

Gunakan kepala paku rivet dengan ukuran 4,8 mm x 19 mm yang pas dengan kedalaman yang dibutuhkan untuk benih sawi.

7. Masukan Benih ke Dalam Lubang

Masukan benih ke dalam lubang tanpa ditutupi tanah. Jangan memasukan benih terlalu banyak, cukup 3 hingga 5 benih saja per polybag. Siram secara tipis-tipis dengan tekanan air rendah.

8. Menunggu Benih Tumbuh

Benih akan tumbuh 3 sampai 5 hari. Selama itu, jangan disiram secara berlebihan, namun cukup gunakan soft spray di permukaan tanah.

9. Perawatan Tanaman Sawi

Di umur 25 hingga 35 hari merupakan masa pertumbuhan daun, batang daun, dan akar. Pada saat inilah tanaman membutuhkan pangan dan nutrisi yang saat banyak. Anda bisa menunjang nutrisi sawi dengan pupuk NPK. Semprotkan dengan intensitas ringan setiap pagi dan petang.

Baca Juga: Cara Menanam, Merawat, dan Mengolah Biji Ketumbar

Cara Menanam Bawang Merah di Polybag

cara menanam bawang merah di polybag
Sumber: YouTube

Bawang merah merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia ke Thailand, Singapura, Malaysia, Taiwan, Timor Leste, Vietnam, Filipina hingga Belanda.

Cara menanam bawah merah yang praktis di polybag banyak dilakukan oleh orang rumah untuk mengatasi keterbatasan lahan. Polybag yang digunakan untuk bawang merah sendiri bisa menggunakan ukuran 25 x 25 cm. Berikut langkah-langkah menanamnya.

  1. Langkah pertama, bersihkan dan kupas bawang merah kering yang menempel pada akar.
  2. Kedua, potong pucuk bawang merah setengah bagian.
  3. Selanjutnya, rendam bawang merah yang sudah dipotong dengan larutan hormon perangsang tumbuh atau ZPT.
  4. Diamkan rendaman bawang selama 1 menit
  5. Lakukan penanaman di polybag dengan cara menenggelamkan sebagian dari bawang dan sisakan bagian pucuknya di atasnya. Media tanam bawang merah yaitu campuran tanah gembur,arang,dan pupuk kandang
  6. Letakan polybag di bawah sinar matahari dan hindari terkena air hujan.Ada beberapa teknik penyiraman bawang merah, seperti menggunakan air bersih, menggunakan parit diantara bedengan, menggunakan sprayer dll. Cara perawatannya yaitu semprotkan herbisida agil ke gulma yang tumbuh di sekitar bawang merah.
  7. Tunggu 7 hingga 10 hari. Lalu lihat hasil penanaman bawang merah. Lalu tunas, daun, akar bawang merah sudah tumbuh. Dan itulah cara menanam bawang merah di polybag.

Cara Menanam Kangkung di Polybag

cara menanam kangkung di polybag
Sumber: Kompas

Kangkung merupakan sayuran yang banyak digemari dan mudah untuk ditanam. Ukuran polybag untuk kangkung bisa menggunakan ukuran 8 x 9 cm. Berikut cara menanam sayuran di polybag untuk kangkung.

1.Menyiapkan Media Tanam

Jika menanam kangkung menggunakan polybag, campurkan tanah dan pupuk kandang sebagai pupuk dasar

2. Penanaman

Buat lubang tanam di polybag. Lalu, masukan benih kangkung pada lubang tanam tersebut dan ditutupi dengan tanah. Buat jarak tanam dengan kangkung lain agar tumbuh dengan subur.

3. Penyulaman

Penyulaman adalah mengganti tanaman yang mati dengan benih yang baru. Penyulaman dilakukan agar tidak ada lubang yang kosong.

4. Pemupukan

pemupukan dalam budidaya kangkung dilakukan secara bertahap. Aplikasikan dahulu dengan pupuk kandang sebagai pupuk dasar. Setelah usia 14 hari, Anda bisa melakukan pupuk lanjutan.

5. Pemanenan

Kangkung termasuk tanaman yang cepat dipanen yang bisa dilakukan pada hari ke-30 atau ke-40 setelah ditanam.

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Kacang Tanah dan Manfaatnya

Mudah, bukan, cara menanam sayuran di polybag? Anda bisa menyusun tanaman-tanaman dalam polybag tersebut di samping rumah atau halaman depan sekaligus untuk mempercantik hunian dan menambah nuansa segar.

Khusus polybag, Anda bisa memesannya di perusahaan yang jual polybag terpercaya yaitu Karunia Jaya Plastik. Mereka menyediakan aneka jenis plastik untuk berbagai kebutuhan dengan harga negotiable. Sementara untuk bahan-bahan menanam sayurannya, Anda bisa belanja di Indonetwork, marketplace B2B yang menyediakan bahan dan perlengkapan berkebun yang lengkap dengan harga terjangkau.

Penulis: Muhammad Nabil Musyary

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Enable Notifications OK No thanks