Indonetwork, Bahan Bangunan – Besi kanal merupakan produk pabrikasi yang memiliki bahan utama dari pelat koil (lembaran baja atau galvalum dilapisi chrome). Untuk membuat besi kanal dibutuhkan mesin-mesin berteknologi tinggi dengan sistem komputerisasi sehingga akan menghasilkan bentuk dan ukuran yang presisi. Produk tersebut kemudian oleh supplier jual besi kanal karena banyak diminati oleh kontraktor.

Proses membuat besi kanal bisa dibilang relatif cepat. Secara umum, langkah pertama yang dilakukan adalah memotong plat. Kemudian dilakukan penekukan hingga menjadi bentuk besi kanal dengan dimensi tertentu. Setelah itu dilakukan pemotongan sesuai panjang standar.  Dan langkah yang terakhir adalah melakukan pendinginan.

Jenis-jenis Besi Kanal

1. Besi Kanal C

Disebut besi kanal C karena memiliki penampang menyerupai huruf C. Besi kanal C digunakan dalam pembuatan rangka atap rumah maupun bangunan komersial dan industri. Besi ini biasa ditemui sebagai balok purlin karena dapat berfungsi sebagai dudukan penutup baja. Selain itu besi ini juga bisa dimanfaatkan pada produk-produk otomotif.

2. Besi Kanal U

Sedangkan Besi kanal U (Besi UNP) mempunyai penampang yang mirip bentuk huruf U. Besi kanal U digunakan sebagai rangka atap, balok penutup, penopang dinding dan elemen konstruksi lain termasuk sambungan. Selain itu jenis besi ini juga digunakan pada industri otomotif.

Baca juga: Mengenal Kegunaan Besi Kanal C dan Jenis-Jenis Lainnya

Kegunaan Besi Kanal U / UNP

Dalam dunia konstruksi, besi kanal UNP memiliki banyak kegunaan. Hal ini disebabkan besi ini memiliki kualitas baja yang kokoh sehingga banyak orang yang mengakui bahwa besi ini memiliki daya tahan yang baik. Dengan kelebihannya tersebut pantas jika besi kanal UNP menjadi salah satu material konstruksi yang banyak digunakan pada pembangunan rumah, gedung perkantoran, hingga konstruksi pada bak mobil pick up atau truk.

Besi kanal UNP banyak ditemukan pada konstruksi bangunan sebagai purlin. Purlin merupakan balok penutup rangka atap. Selain itu besi UNP digunakan sebagai struktur horizontal penopang dinding atau pada istilah konstruksi disebut girt. Fungsi girt ini sama seperti pada penggunaan purlin. Tujuannya adalah menahan dari berbagai macam guncangan baik yang disebabkan gempa maupun angin kencang. Pada proyek tertentu, jenis besi ini juga digunakan pada kontainer sampah, konstruksi rangka tangga, dan gardu listrik.

Aplikasi Besi Kanal UNP

1. Penutup Atap

Saat membuat konstruksi atap, besi ini akan ditempatkan sebagai penutup atap bagian atas. Karena mampu melindungi material lain akibat kekuatan dan bentuk U yang dimilikinya. Jadi boleh dibilang ketika atap menggunakan besi U sebagai penutup, maka kekuatannya akan lebih maksimal termasuk ketahanan terhadap goncangan dan benturan tak terduga. Besi ini juga bisa digunakan pada berbagai jenis atap terutama yang menggunakan seng, kaca, hingga genteng beton yang biasanya digunakan pada gudang penyimpanan khusus.

Jual Besi Kanal
Sumber: Pixabay.com

2. Penopang Jembatan

Jika Anda pernah menyusuri jembatan beton kecil yang digunakan untuk akses jalan utama di pedesaan atau kota kecil, di situlah besi ini digunakan. Karena cengkramannya menopang beton,  juga material lain sebagai bagian utama jembatan sangat diakui. Maka dari itu jembatan kecil yang menggunakan besi ini jarang mengalami kerusakan, kecuali terkena hantaman air kapasitas besar.

Besi Unp
Sumber: Pixabay.com

3. Memperkuat Saluran Air

Pembuatan saluran air yang panjang dan berada di bawah jalan utama, bisa memfungsikan besi ini untuk memperkokoh penutup atasnya. Jadi ketika ada kendaraan yang melintas, maka  saluran air tidak akan mudah bocor. Biasanya dipakai untuk saluran air drainase sawah, saluran air bersih , dan saluran air pom bensin.

Besi CNP
Sumber: Cv. Tunggal Perkasa

Baca juga: Daftar Alat Instrumentasi Industri yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan Besi Kanal UNP

1. Mudah Dipasang

Pada proyek konstruksi, besi kanal UNP sering digunakan sebagai sambungan karena tergolong besi yang mudah dibentuk. Penggunaan besi ini untuk keperluan apapun akan lebih mudah dan efisien dari segi waktu karena kelebihannya ini.

2. Daktilitas Tinggi

Daktilitas yang dimaksud merupakan kemampuan besi kanal UNP untuk menghadapi simpangan pasca-elastik dalam daya yang besar secara berkali-kali atau kemampuan besi ini untuk menahan tegangan tarik yang terjadi. Kemampuan besi UNP yang memiliki daktilitas tinggi disebabkan kemampuannya untuk tidak mudah memuai ketika harus menopang beban berat. Selain itu, kekuatan besi UNP tidak perlu dipertanyakan lagi karena kualitasnya yang anti rayap dan anti karat.

3. Lebih Ramah Lingkungan

Kemampuan besi kanal UNP yang tidak mudah rusak dan berkarat, menjadikan besi ini bisa digunakan berkali-kali. Jika besi kanal UNP ingin dicopot dan diganti menjadi baru karena ada alasan lain, Anda dapat menggunakannya kembali pada konstruksi lain.

4. Alternatif yang Lebih Hemat

Besi kanal UNP memiliki kemampuan tahan terhadap korosi dan panas, dengan begitu penggunaannya bisa lebih awet dibandingkan jenis baja ringan lainnya. Anda tidak membutuhkan budget lebih untuk penggantian besi ini secara berkala. Disamping itu, instalasi pada besi kanal UNP tidak membutuhkan papan-papan untuk tiang beton sehingga bisa lebih menghemat lagi budget Anda.

Rekomendasi Supplier Jual Besi Kanal UNP

Untuk mendapatkan material konstruksi dengan kualitas terbaik Anda dapat menghubungi CV. Tunggal Perkasa. Perusahaan yang berkantor pusat di kawasan DKI ini bergerak dalam bidang supplier dan stockist keperluan industri. Tidak hanya jual besi kanal UNP, perusahaan ini juga menyediakan berbagai jenis produk seperti pipa, fitting las, aneka valve industri, aneka besi baja, plat, fitting drat, flange, dan lain-lain.


Author

%d bloggers like this: