Indonetwork, Peralatan Rumah TanggaKemasan mika merupakan kemasan yang paling banyak digunakan sebagai bungkus kemasan makanan. Selain praktis, mika juga tahan air sehingga makanan akan terlindungi dari debu atau tetesan air. Selain itu, mika juga dapat membuat makanan terlihat lebih rapi dan menarik.

Adapun karakteristik dari plastik mika yang paling mencolok adalah plastik ini memiliki warna yang transparan. Tidak hanya itu, plastik mika juga memiliki berbagai jenis dan ketebalan sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, berikut ini Indonetwork akan membahas penggunaan mika plastik sebagai kemasan makanan. Pastikan Anda membacanya hingga selesai agar Anda dapat lebih mengenal manfaatnya.

Pengertian Mika

plastik mika kemasan makanan
Sumber: National Retail Association

Pada dasarnya, mika adalah sejenis mineral. Kata “mika” berasal dari kata bahasa Latin micare, yang berarti “bergemerlapan”. Hal ini karena mineral satu ini terlihat gemerlap, khususnya pada produk dengan ukuran kecil).

Mika sering sekali digunakan sebagai kemasan produk. Mika biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan.

Bahan Yang Biasa Digunakan Mika Beserta Jenisnya

Bahan yang biasa digunakan untuk plastik Mika adalah bahan plastik jenis PVC atau Polyvinyl chloride. Namun ada beberapa jenis plastik mika juga merupakan campuran antara bahan PP/PE/PVC. Selain itu mika juga memiliki beberapa jenisnya seperti sebagian berikut:

1. Plastik Mika Bening

Jenis mika ini merupakan jenis yang paling sering ditemui. Mika plastik bening memiliki karakteristik yang lebih ringan, relatif tipis, dan tidak berwarna atau bening.

Oleh karena itu, plastik mika bening sering digunakan sebagai bungkus makanan ringan maupun basah seperti brownies, mie, dan lain sebagainya. Salah satu keunggulan menggunakan plastik mika adalah produk makanan yang ada didalamnya dapat langsung terlihat dengan mudah.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kualitas Kemasan Mika Plastik Untuk Produk Anda

2. Plastik Mika Tebal

Selanjutnya ada jenis mika tebal. Berbeda dengan plastik mika bening yang memiliki karakteristik ringan dan relatif tipis, plastik mika tebal ini memiliki karakteristik yang lebih tebal, kuat, dan ada yang kaku.

Biasanya jenis mika ini digunakan sebagai bahan untuk pembuatan berbagai hasil kerajinan, baik untuk industri maupun rumahan. Adapun beberapa kerajinan yang terbuat dari plastik mika tebal seperti, kotak hampers, kotak souvenir dan lainnya.

3. Plastik Mika Berwarna

Seperti namanya, jenis mika ini memiliki karakteristik yaitu berwarna-warni. Plastik mika berwarna biasa digunakan sebagai bahan beberapa produk kerajinan dan kemasan makanan, seperti sebagai produk kerajinan yaitu, sampul makalah, bungkus kue bolu, wadah kue kering, sampul buku, pouch atau tas pensil, tas make up, dan lain sebagainya.

Keunggulan Mika

Conic: Replacing Plastics with a Wood-Based Packaging Solution
Sumber: AZoM

Jika membicarakan keunggulan dari kemasan mika, tentu saja plastik mika memiliki banyak keunggulan seperti sebagai berikut:

1. Aman dan Kuat

Plastik mika yang ada di pasaran biasanya memiliki tekstur yang kaku. Maka dari itu, jika membungkus jenis makanan atau olahan jajanan menggunakan plastik mika, tentu dapat membuat makanan tetap rapi dan aman, serta terhindar dari guncangan pada saat pengiriman.

2. Kekinian

Keunggulan kemasan mika yang memiliki bentuk yang beragam membuat produk terlihat lebih kekinian, elegan dan mewah. Maka tidak heran banyak produsen yang memanfaatkan beragam bentuk kemasan mika untuk mempercantik produk yang dijual agar lebih menarik dan meningkatkan nilai jual produk.

3. Branding

Kemasan mika dapat menjadi sarana yang tepat untuk membangun branding suatu produk. Hal ini dikarena tampilan kemasan mika yang tampak mewah akan terlihat berbeda dengan produk jenis lainnya.

Baca Juga: Sablon Kemasan Plastik, Solusi Untuk Bisnis Kekinian

Rekomendasi Mika Plastik untuk Kemasan Makanan

Demikian informasi mengenai mika plastik, semoga dapat menambah pengetahuan Anda. Jika Anda sedang membutuhkan atau mencari tempat penjualan mika plastik dengan kualitas terjamin, Anda bisa menemukannya di PT. Vacpack Indonesia.

Vacpack Indonesia juga merupakan pembuat Mika plastik berupa blister, tray makanan, tray biscuit, tray electronic, tray buah di Jakarta, Indonesia. Produk yang disediakan terdiri dari tray dan mika plastik (untuk makanan, buah, telur, elektronika dan juga berdasarkan permintaan dari klien). Material yang digunakan adalah PET, PVC PP, dan PET. 

Penulis: Adelia
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks