Indonetwork, Kesehatan – Salah satu dari sekian banyak pelajaran dari adanya pandemi ini adalah Anda tidak bisa membiarkan kesehatan Anda bergantung 100% pada orang lain. Anda harus bertanggung jawab secara individu, keluarga, dan kolektif atas cara Anda makan, proses pembersihan diri Anda, dan bagaimana Anda mencegah diri Anda dari ketidaknyamanan atau penyakit. Selain memeriksakan diri Anda ke spesialis medis secara berkala, Anda juga perlu mengandalkan perangkat medis penting untuk memantau indikator dasar kesehatan umum Anda yang dapat mengingatkan akan segala kelainan pada kondisi fisik Anda. Misalnya, Diabetes mellitus, aritmia jantung, hipertensi arteri, di antara penyakit kronis tidak menular serius lainnya yang dapat dicegah dan mudah dideteksi jika Anda memiliki instrumen yang tepat. Dan, untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda, Anda harus memiliki peralatan medis minimal untuk memberikan pertolongan pertama atau memeriksa apakah perlu ke klinik. Maka dari itu pelajari terlebih dahulu artikel berikut ini sebelum membeli peralatan yang sesuai, artikel ini juga dilengkapi rekomendasi distributor medical device Indonesia.

Berbagai Macam Medical Devices

1. Digital Blood Pressure Monitor (Monitor Tekanan Darah Digital)

Jika Anda telah didiagnosis mengidap penyakit tekanan darah maka penting bagi Anda untuk memantau tekanan darah menggunakan alat ini. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda meminum obat dengan benar, Anda memiliki data yang lebih akurat tentang tekanan Anda, dan Anda dapat konsisten dalam perawatan Anda. Monitor tekanan darah memperoleh catatan Anda dan melacak status kesehatan Anda kapan saja Anda inginkan karena mudah digunakan dan sepenuhnya otomatis. Monitor rumah ini mengambil pembacaan tekanan dengan cepat dan mudah.

Distributor Medical Device Indonesia
Sumber: Istockphoto.com

2. Pulse Oximeter (Oksimetri Nadi)

Medical device ini sangat vital di masa penyebaran virus corona ini. Alat ini adalah perangkat kecil yang menyerupai pinset untuk menekan jari. Pukse Oximeter mengukur tingkat oksigenasi dalam darah dan detak jantung. Setelah menempatkannya dalam beberapa detik, layar akan menunjukkan nilai kondisi Anda, sedangkan kondisi normal sendiri harus menandai kisaran persentase antara 95 dan 98. Beberapa orang bisa saja memiliki presentase yang lebih rendah namun tidak ada alasan untuk khawatir jika persentasenya kurang dari 92%.

Distributor Alat Kesehatan
Sumber: Pixabay.com

3. Glucometer

Diabetes adalah salah satu konsekuensi dari obesitas dan dapat dikendalikan dengan bantuan Glucometer. Perangkat ini membantu memantau kadar gula darah pada penderita diabetes atau yang masih diduga menderita penyakit kronis ini. Terdapat beberapa pilihan merek seperti yang memiliki slot di mana strip tes sekali pakai kecil ditempatkan dan layar yang menunjukkan glikemia (pengukuran glukosa). Terdapat pula semacam “pena” yang merupakan mekanisme untuk memasukkan jarum untuk menusuk jari, yang setelah digigit menghasilkan setetes darah yang ditempatkan pada strip tes.

Distributor Alat Kesehatan
Sumber: Pixabay.com

4. Inhaler

Mesin oksigenasi dapat menyelamatkan nyawa pasien asma dan kelelahan. Mesin ini juga dapat membantu pengobatan untuk pasien dengan gagal jantung dan paru-paru yang parah dengan cara mengoksidasi darah di luar tubuh.

5. Termometer

Termometer medis adalah medical device (alat kesehatan) pertama yang mengintervensi ketika seseorang demam. Peralatan ini memungkinkan Anda untuk menentukan suhu tubuh Anda dan menilai tingkat hipertermia untuk memanggil profesional medis jika perlu. Yang lebih penting lagi adalah termometer medis untuk ibu hamil, anak, atau bayi yang baru lahir.

Baca Juga: 8 JENIS ALAT KESEHATAN WAJIB PUNYA BESERTA FUNGSINYA

6. Timbangan

Jangan berasumsi bahwa hanya orang yang menjaga berat badan atau mengikuti diet yang perlu menyimpan perangkat ini di rumah. Jika Anda tidak menyadari perubahan berat badan Anda, Anda mungkin tidak dapat mendiagnosis masalah mendasar dengan kesehatan Anda kecuali jika masalahnya muncul dengan sendirinya dalam bentuk yang lebih besar. Kenaikan berat badan yang tiba-tiba dapat mengindikasikan segalanya mulai dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Baik kenaikan dan penurunan berat badan yang tiba-tiba dapat mengindikasikan ketidakseimbangan hormon, dan Anda juga tidak boleh menganggapnya enteng. Jadi mulailah mengukur berat badan Anda secara berkala.

7. Air Purifier (Pembersih Udara)

Anda mungkin berpikir pembersih udara agak mahal namun alat ini dapat menghilangkan segala jenis kontaminan dari ruangan. Bagi penderita alergi atau asma pasti membutuhkan pembersih udara. Sekalipun kondisi kesehatan Anda baik, alat ini dibutuhkan untuk menghilangkan asap tembakau bekas dari rumah Anda.

Baca Juga: STANDAR RUANG ISOLASI MENURUT PERATURAN MENTERI KESEHATAN

8. Orthopedic Heat Belt

Dari nyeri punggung atau otot hingga nyeri akibat keseleo atau kejang mendadak, orthopedic heat belt (sabuk pengaman ortopedi) dapat menangani semuanya untuk Anda. Suhu sabuk panas ini dapat diatur, yang berarti Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda dengan mudah. Alat ini ringan dan mudah dibawa sehingga dapat menjadi teman perjalanan yang baik. Alat ini akan sangat berguna terutama jika Anda menderita spondylosis atau nyeri saat menstruasi.

Rekomendasi Distributor Medical Device Indonesia

Banyak orang mengabaikan pentingnya dan manfaat memiliki alat kesehatan seperti di atas. Harapannya uraian di atas dapat mencerahkan Anda tentang masalah ini. Jika Anda telah merasa benar-benar memerlukan peralatan medis tersebut, kunjungilah situs yang dimiliki PT SINAR ARASY MANATA. Perusahaan tersebut adalah distributor medical device Indonesia yang berpusat di Kota Tangerang. Sebagai perusahaan distributor alat kesehatan PT SAM berkomitmen membangun jaringan distribusi secara nasional. PT SAM berdiri sejak 16 April 2018, sesuai dengan izin yang telah dikeluarkan oleh kementrian kesehatan No FK.01.01/VI/193/2018 tentang Izin Penyalur Alat Kesehatan yang diterbitkan pada tanggal 16 April 2018. Berpedoman dari izin tersebut PT SAM menyalurkan alat kesehatan dengan kategori alat kesehatan non-elektromedik non-steril, alat kesehatan non-elektromedik steril, serta produk diagnostik invitro.


Author

%d bloggers like this: