Outdoor playground – Playground merupakan area bermain khusus anak-anak yang ditujukan untuk memberikan kesempatan pada anak-anak untuk meningkatkan perkembangan kognitif, emosi, sosial, dan motoriknya.

Umumnya playground terdiri dari dua jenis yaitu outdoor play ground dan indoor playground. Kedua jenis playground tersebut mudah ditemui di mana saja, seperti di taman kanak, tempat bermain mall, taman apartemen, dan lain sebagainya.

Salah satu yang kerap kali dibutuhkan masyarakat guna mendukung tumbuh kembang anaka dalah jenis outdoor playground. Untuk mengenal lebih dalam mengenai jenis playground berikut ini beberapa ulasan ringkas macam-macam oudoor playground dan fungsinya.

Climbing series

outdoor playground
Sumber: dissolve.com

Climbing series merupakan outdoor playground yang berfungsi untuk arena panjat anak-anak. Bentuk-bentuk climbing series bisa jadi tangga dengan bentuk setengah lingkaran, tangga tali, wall climbing mini khusus anak, dan lain sebagainya.

Climbing series memang sangat cocok untuk dijadikan outdoor playground karena akan mengundang anak-anak secara tidak langsung seperti berolahrga. Jenis mainan ini juga bermanfaat bagi mereka untuk melatih daya kuat fisik karena dapat melatih otot-otot mereka serta dapat melatih keseimbangan tubuh.

Futuristic playground

outdoor playground
Sumber: dreamstime.com

Futuristic playground merupakan jenis arena bermain anak yang memiliki bentuk yang futuristic, unik, dan menarik. Jenis permainan ini biasanya didesain dengan bentuk bermacam-macam yang menarik minat anak untuk bermain.

Manfaat jenis playground satu ini selain dapat meningkatkan kegiatan fisik anak-anak, permainan ini juga dapat meningkatkan daya kreatif dan kecermatan. Hal tersebut karena terkadang permainan dengan bentuk futuristic akan memiliki beragam model yang unik.

Physical games

outdoor playground
Sumber: playlsi.com

Physical games adalah berbagai macam permainan anak -anak yang melibatkan mereka banyak bergerak dan permainan fisik. Beberapa contoh physical games dapat ditemui pada alat alat bermain, seperti ayunan, perosotan, wall climbing, dan lain sebagainya.

Umumnya jenis outdoor  playground akan menyediakan berbagai macam jenis permainan fisik. Manfaat jenis permainan ini tentu akan melatih otot anak – anak agar lebih kuat, ketangkasan, dan lain sebagainya.

Trampoline

outdoor playground
Sumber: eibe shop

Trampolin merupakan permainan yang terbuat dari bidang karet dan dimainkan dengan cara memantul-mantulkan tubuh ke area tersebut. Sebenarnya trampoline sendiri dapat dimainkan oleh segala umur. Untuk anak-anak biasanya trampoline akan memiliki bentuk bidang yang lebih kecil dan colorfull.

Bermain trampoline ternyata memiliki beragam manfaat yang bisa didapatkan, antara lain meningkatkan keterampilan motorik, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, menghilankan stres, dan membuat anak-anak lebih konsentrasi dalam belajar.

Water playground

outdoor playground
Sumber: archdaily.com

Water playground umumnya berada pada taman bermain air atau kolam renang atau waterpark khusus anak-anak. Permainan ini  umumnya akan didesain khusus dengan satu perangkat dengan perosotan, permainan memanjat, dan lainnya. Ini  juga bermanfaat untuk melatih anak dalam bersosialisasi, mengembangkan otak kanan pada anak, menjadi lebih aktif, dan melatih anak menyukai arena keluarga sejak kecil.

Tips merawat alat – alat playground

Bagi Anda yang ingin membeli indoor maupun outdoor playground dan akan digunakan untuk si kecil, merawat dan menjaga kebersihannya merupakan bagian utama yang tidak boleh ditinggalkan. Lantas bagaimana cara merawat alat playground dengan baik? Simak beberapa tips berikut ini.

Menyapu dan mengepel indoor playground

Usahakan untuk rutin membersihkan area playground khususnya indoor playground dengan menyapu dan mengepel. Anda dapat menyapu dan mengepelnya setiap kali akan dan sesudah digunakan oleh anak-anak.
Jika memungkinkan semprotkan disinfektan di beberapa arena bermain agar tetap steril dan higienis.

Untuk intensitas membersihkannya, usahakan setiap hari Anda dapat membersihkannya agar anak – anak tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Cek secara berkala arena permainan

Mengecek kualitas dan keamanan playground juga jadi salah satu tips untuk merawat alat – alat playground agar tetap awet dan terjaga. Terlebih lagi jika playground yang dimiliki telah lama digunakan. Cek satu per satu apakah permainan masih layak digunakan atau adakah bebebrapa bagian tertentu yang butuh dibenahi.

Jika terdapat bagian yang rusak, tentu Anda harus segera memperbaikinya agar dapat digunakan dan tetap awet. Selain itu, mengecek secara berkala kualitas permainan juga dapat meningkatkan keamanan anak-anak saat bermain.

Sikat dengan air mengalir

Bagi arena outdoor playground memang terkadang cukup diabaikan untuk dibersihkan. Hal tersebut dikarenakan alat – alat permainan ini berada di luar dan akan sering terkena air hujan. Namun, sebenarnya arena outdoor playground juga harus dibersihkan.

Caranya Anda dapat menggunakan sikat, sabun, dan air mengalir untuk membersihkan bagian-bagian permainan. Ini akan membantu arena playground tetap terjaga kebersihannya dari berbagai kuman dan virus udara luar.

Meskipun tidak perlu setiap hari Anda bersihkan, namun ada baiknya membersihkannya secara rutin setiap satu kali dalam seminggu.

Semprotkan disinfektan

Seperti yang disinggung pada poin pertama, setelah membersihkan arena playground ada baiknya jika ditambahkan dengan menyemprotkan arena-arena playground dengan disinfektan agar tetap sehat dan terjag adari berbagai kuman dan virus jahat yang mengintai anak-anak. Terlebih lagi saat ini virus Covid-19 masih harus tetap diwaspadai dan jagalah anak-anak tetap aman dan sehat dengan selalu rutin menjaga kebersihan arena playground.

Jemur indoor playground di terik cahaya matahari

Bagi beberapa arena dan alat indoor playground terkadang terbuat dari bahan – bahan yang menyerap, lunak, dan bau, seperti lantai indoor playground. Karena keberadaannya di dalam ruangan, hal ini membuat arena playground akan jarang terkena matahari dan memungkinkan sarang kuman dan virus berkumpul. Maka dari itu cobalah rutin untuk menjemurnya di terik matahari agar terhindar dari berbagai kuman.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki outdoor playground, kunjungi tautan berikut ini untuk mendapatkan berbagai arena permainan terbaik untuk si kecil.


Author

%d bloggers like this: